Tips Berguna Belanja Batik di Pasar Beringharjo, Yogyakarta

Asyik liburan ke Yogyakarta, selanjutnya saya sebut saja Jogja ya Sobat Batik. Kalian juga lebih suka menyebutnya Jogka ketimbang Yogyakarta, bukan. Bahkan tak sedikit yang memplesetkannya menjadi Yogyes, amit-amit kreatifnya kabengetan deh hehe. But sejauh ini asyik menurut saya, malah membuat sesuatu lebih terkenal.

Sumber: instagram/infojogja.com
Kalau ke Jojga, apa yang paling dicari? Saya tidak nanya soal makanan ya, karena jawabannya sudah pasti malah membuat saya laper. Bukan bakpianya, bukan gudegnya. Pertanyaan saya kali ini seputar batik. 

Nggak bisa disangkal, Pasar Beringharjo Jogja merupakan satu dari sekian banyak tempat yang cukup direferensikan jika Sobat Batik ingin berburu batik. Salah satu kelebihan yang ditawarkan pasar ini ialah harganya. Selain itu, akses ke pasar ini sangat-sangat mudah. Lokasinya di tengah kota, dari Malioboro tinggal jalan kaki.

Ups, nggak cuma baju atau celana batik loh yang dijual. Ada juga tas batik, sepatu batik dan aksesoris lainnya. Apalagi semakin hari, batik semakin dikenal saja. Pasti sobat tahulah ya jika Batik ditetapkan UNESCO sebagai salah satu warisan budaya. Tak hanya orang Indonesia, beberapa pesohor sekelas Jessica Alba pun tak malu mengenakan busana bermotif batik.

Pengen tau pusat penjualan batik di Indonesia? Baca  5 Pusat Penjualan Batik Yang Wajib Dikunjungi

Meski Pasar Beringharjo di Jogja namun batik yang dijualnya bukan hanya batik Jogja. Ada batik Solo, batik Pekalongan dan motif batik dari daerah lainnya. Jangan bingung ya Sobat Batik kalau masuk ke sini.

Nih saya berikan beberapa tips untuk membantu Sobat Batik mendapatkan batik yang diinginkan.

✔Ketahui Kualitas Batik
Sobat Batik harus tahu jika batik itu terdiri dari batik tulis, batik cap, batik lukis, batik print. Pasti ingin membeli batik tulis yang asli, bukan? Artinya bukan batik tulis kw. Cara sederhana yang bisa dilakukan ialah mencium aroma kain batik yang disodorkan pedagang. 

Batik tulis asli selalu dibuat menggunakan bahan malam atau lilin cair atau wax. Dan malam itu ada bau khasnya. Selain itu perhatikan juga motif batiknya. Motif batik tulis lebih rumit dan terlihat tidak sempurna karena proses pembuatannya yang manual. Oh ya, kadangkala pada kain batik tulis asli ada bau yang searoma minyak tanah.

✔Bandingkan Harga
Jika ingin mendapatkan harga terbaik, Sobat Batik wajib membandingkan harganya. Untuk membandingkan harga batik, sobat tak perlu keluar dari Pasar Beringharjo. Sebab di dalam pasar ini ada begitu banyak pedagang batik. Banyak juga yang menjual produk sama, maksudnya dari satu pembatik atau perajin. 

Silakan Sobat Batik berkeliling dari satu pedagang ke pedagang lain. Lalu surveilah. Kalau takut-takut bertanya, amati saja kalau ada orang belanja. Berapa harganya. Lalu bandingkan mana yang kira-kira toko dengan harga lebih miring.

✔Dekati Pedagang yang Ramah
Konon orang Jawa itu ramah-ramah, ya? Sebenarnya sih nggak semua hehe. Cuma, tetap saja di mana pun ada orang baik dan ada pedagang ramah. Nah, ketika Sobat Batik menemukan pedagang yang ramah, ajaklah berbincang. Komunikasi adalah sarana untuk mengupas kebekuan menjadi kehangatan. Sampaikan niat sobat, lalu gunakan kata-kata yang sopan dan menghargai. 

✔Tunjukkan Keseriusan
Satu hal yang penting jika Sobat Batik ingin belanja batik di Pasar Beringharjo, cobalah tunjukkan keseriusan. Berhadapan dengan para pedagang, yang dinanti mereka ialah calon pembeli yang menunjukkan kesungguhan. Jika memang bukan jodoh atau tak jadi, setidaknya pedagang menganggap sobat adalah orang yang tidak sekadar main-main. Tanya ini itu, sana-sini pada ujungnya tidak membeli satu pun baju batik.

✔Minimalisir Sungkan
Ini saya tujukan buat Sobat Batik yang memiliki perangai nggak enakan. Lah, ini soal belanja batik di pusat batik terbesar di Jojga, kalau sobat terlalu mengedepankan perasaan sungkan malah kurang efektif. Saya berikan contoh kasus seperti ini. Di Pasar Beringharjo sobat sudah mendapatkan barang yang begitu menarik hati.
Pokoknya sobat sudah jatuh cinta. Sayangnya harganya kurang sepakat, sehingga tak terjadi kesepakatan. Saran saya, sobat cari saja pedagang lain. Sebab masih banyak pedagang yang juga menjual barang yang sobat kehendaki. Kecuali di tempat lain nggak ada, apa boleh buat.

✔Datang Lebih Pagi
Tips ini dari saudara saya yang tinggal di Jogja. Katanya kalau mau belanja batik di Pasar Beringharjo, datanglah pagi hari. Dan saya pernah mencobanya, memang mendapatkan harga yang lebih murah. Kata pedagangnya, saya adalah pembeli pertama dan ia menganggapnya sebagai penglaris.

✔Kelengkapan Koleksi Batik
Tips ini lebih ke waktu yang dibutuhkan untuk menemukan batik yang ingin dibeli. Jika datang ke pedagang yang tokonya beberapa los atau ruang, Sobat Batik akan lebih mudah mendapatkan barang yang dicari. 

✔Tawar Sewajarnya
Menawar adalah hal yang biasa dilakukan antara pembeli dan pedagang di Pasar Beringharjo, Jogja. Persoalannya, meski tak ditulis ada semacam etika menawar. Cobalah sobat melakukan penawaran dengan angka yang tak terlalu rendah. Siapa sih yang tak akan manyun jika barang kita ditawar terlalu murah.

Tentu saja sobat harus menanyakan berapa harga yang diberikan pedagang. Lalu mulailah menawar. Nggak papa sih menurut saya gunakan trik lama seperti sobat ingin coba jual batik di kampung sobat. Mintalah kartu nama atau nomor ponsel pedagangnya. 

Ada satu lagi sebenarnya tips yang banyak disampaikan, yaitu gunakan Bahasa Jawa kalau ingin berbelanja batik di Pasar Beringharjo. Tetapi menurut saya, hal itu bukan menjamin seratus persen. banyak juga kok pedagang batik di Beringharjo yang berpendidikan tinggi. Pedagang jenis ini menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan. Ia akan melayani setiap calon pembelinya dengan ramah.

Semoga bermanfaat Sobat Batik


0 Response to "Tips Berguna Belanja Batik di Pasar Beringharjo, Yogyakarta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel