Panduan Memilih Baju Batik Anak Perempuan

batik anak perempuan
Sumber foto: instagram @pasargrosirbatik
adhiantirina.com - Baju batik anak perempuan bukan barang yang susah dicari di zaman sekarang ini. Karena batik memang sudah berkembang begitu pesat. Batik bukan hanya pantas untuk orang tua.

Batik untuk anak-anak biasanya dibuat dengan warna yang menggoda. Desainnya juga dibuat sedemikian rupa agar bocah maupun ibunya juga suka hehe. Apalagi yang diinginkan para penjual selain dagangannya laku.

Batik lokal pun seakan berlomba menciptakan model untuk anak perempuan. Sebutlah Batik Cirebon, ada salah satu motif yang cocok banget untuk buah hati, yaitu awan.

Batik Daerah untuk Anak

Atau Bunda bisa juga memilih kelompok Pangkaan atau Buketan. Gambarnya berupa motif bunga, kelapa hingga terompet. Batik ini juga dihias dengan bunga warna cerah menggoda.

Sementara Batik Pekalongan memiliki warna merah, biru, hijau, kuning cerah yang bisa dipakai untuk membalut tubuh buah hati. 

Yang selama ini menjadi buruan ibu-ibu untuk membelikan anak perempuannya oleh-oleh ialah motif jlamprang karena warnanya cukup banyak dan ngejreng.

Tak ketinggalan Batik Tuban yang biasa disebut batik gedhog. Di sini batik untuk anak perempuan bisa didapatkan di motif karang. 

Motif ini memiliki dasar warna putih tulang yang dihiasi dengan ornamen bebungaan serta dedaunan terang. 

Rasanya kurang lengkap kalau menyebut batik tidak mencantumkan Batik Lasem. Daerah Pecinan di pesisir Jawa ini juga punya motif batik dengan corak sendiri.

Batik di sini kuat dipengaruhi budaya Jawa dan China. Untuk anak perempuan warna yang bisa diambil dari Batik Lasem ialah warna merah, pink, ungu, hijau, oranye sampai kuning terang.

Memilih Batik untuk Anak Perempuan

Dalam memilih batik untuk anak perempuan sebaiknya Bunda memperhatikan beberapa hal yang coba diuraikan di bawah ini:

Kualitas Bahan

Pemilihan bahan baju batik harus dipikirkan baik – baik sebelum membelinya daripada menyesal. Anak – anak cenderung cepat berkeringat karena mereka cukup aktif bergerak.

Karena itulah, pilihlah bahan baju yang lembut, tidak panas dan menyerap keringat agar tidak mengganggu aktivitas si kecil.

Nah, bahan batik yang sebaiknya dibeli ialah katun. Bahan ini memiliki kelebihan mudah diaplikasikan dengan motif apapun termasuk batik. Keunggulan ari kain katun yaitu tidak cepat luntur serat seratnya sangat kuat sehingga tidak mudah rusak.

Kalau tak ada yang katun, bolehkah menggantinya dengan light weight wools. Bahan ini sangat ringan memiliki kesan anggun cantik. Sama seperti katun, wool juga memiliki sifat yang tahan lama dan tidak mudah rusak sehingga bisa bertahan lama.

Jenis terakhir Bunda bisa mencoba Akrilit yang memiliki sifat sangat ringan dan cocok untuk membuat segala jenis pakaian anak.

Model Baju

Tak bisa dipungkiri model atau desain baju menjadi hal penting tatkala ingin membelikan baju batik untuk anak perempuan.

Karena mereka adalah usia yang sangat muda, ada baiknya tidak terlalu dibebani dengan corak yang berat. 

Jika diaplikasikan dengan pernak pernik lain, tetap dipilih agar kesan batiknya tetap terlihat. Kalau membawa si anak, silakan dicoba dahulu biar pas.

Pilihan Warna

Warna cerah biasanya disukai oleh anak-anak. Ada baiknya Bunda menanyakan kepada buah hati, warna apa yang disukainya.

Mereka adalah manusia yang polos. Bunda bisa belajar mendengarkan kata hati mereka. Namun tetap diperhatikan bagaimana perpaduan warna kulit dengan warna batiknya.

Misalnya jika anak memiliki kulit sawo matang, maka baju yang cocok digunakan adalah berwarna cerah dan motif yang besar – besar. 

Hal yang perlu dihindari adalah tidak boleh memilih warna krem karena akan menimbulkan kesan yang lusuh saat digunakan anak. ***

0 Response to "Panduan Memilih Baju Batik Anak Perempuan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel