Membuat Sambal Pecel Lele Tanpa Lele Bau Amis

Membuat Sambal Pecel Lele Tanpa Lele Bau Amis

Sambal pecel lele merupakan bagian yang tak bisa dipisahkan dengan sajian binatang air yang sudah digoreng itu sendiri. Menikmati lele tanpa bumbunya tentu tak pernah Anda bayangkan untuk dicoba, bukan?

Salah satu tempat makan kakilima yang bisa dikatakan hampir selalu ada di seluruh pelosok Indonesia ialah Lamongan. Biasanya para pedagang membuka tenda kakilimanya selepas Ashar dan tutup hingga pagi hari atau setidaknya dini hari.

Sambal Pece Lele

Sambal pecel lele merupakan perpaduan beberapa item sehingga menjadi bumbu. Meski sama-sama bernama sambal, namun jangan dipikirkan jika semuanya sama.

Sambal pecel lele tak akan cocok jika dipakai sambal rujak. Demikian juga sebaliknya. Oleh karena itu banyak penggemar kuliner kakilima yang ketagihan merasakan sambal pecel lele meski ada di tepi jalan.

Dengan komposisi yang tepat sebenarnya Anda juga bisa membuat sendiri bumbu seperti aslinya. Maksudnya asli serasa buatan pedagang kakilima Lamongan yang selama ini menjadi langganan.

Bahan Sambal Pecel Lele

Untuk mendapatkan sambal bercita rasa tinggi dan memuaskan, tentu dibutuhkan bumbu yang lengkap. Memang begitulah jika Anda menginginkan sambal yang enak dan tentu saja gurih sebagai pelengkap cocolan lele.

Nah, sambal pecel lele khas Lamongan membutuhkan dua bumbu. Yaitu bahan untuk ditumis sedangkan yang lain bahan untuk diulek. Perhatikan uraian di bawah ini agar tidak salah.

Bumbu Tumis Pecel Lele

Bahan-bahannya yang ditumis sebagai berikut. Ditumis berarti Anda harus mengorengnya dengan sdikit minyak hingga matang.

  • 225 / 3 Buah Tomat
  • 20 Buah Cabe Merah
  • 10 Buah Cabe Rawit Merah
  • 2 Siung Bawang Putih
  • 2 Siung Bawang Merah
  • 2 Butir Kemiri

Bumbu Ulek Pecel Lele

Jika bahan di atas ditumis di atas wajan, maka bahan yeng berikut langsung diulek mentah. Bahan untuk diulek tidak sebanyak yang ditumis, yaitu:

  • 50 gr / 1 Buah Gula Jawa
  • 8 gr / 2 Sachet Terasi

Oh ya, bumbu yang dijelaskan di sini untuk tiga sampai empat orang. Kalau untuk orang yang lebih banyak silakan disesuaikan saja jumlahnya agar rasanya tetap nikmat.

Resep sambal pecel lele pinggir jalan memang pantas dicoba karena menggugah selera kita. Dan jangan selalu beranggapan rendah terhadap menu kakilima.

Cara Membuat Sambal Pecel Lele

Silakan Anda persiapkan bahan yang untuk ditumis. Tuangkan sedikit minyak goreng ke atas wajan. Ketika minyaknya sudah panas, masukkan bahan-bahan yang harus ditumis.

Anda harus tahu bahan apa yang sebaiknya dimasukkan dahulu, disusul bahan lain. Hal ini penting mengingat bahan bahan tidak memiliki sifat yang sama. Ada bahan yang cepat masak, atau butuh waktu beberapa saat untuk menumisnya.

Jadi usahakan masukkan bahan sesuai sifat bahan. Agar tak ada yang matang atau gosong. Sebab bahan yang gosong tentu tidak akan sip jika tetap digunakan. Itulah salah satu kelebihan sambal lele goreng.

Jika sudah, kemudian angkat. Selanjutnya bahan yang diulek dicampurkan dan diulek. Ada yang menguleknya sampai halus namun ada juga yang agak-agak halus. Kalau yang ini sesuai selera. 

Agar Lele Tak Amis

Sambal pecel lele sudah tersaji, bagaimana dong dengan lelenya? Tetapi bagaimana ya menghilangkan bau amis atau bau tanah pada ikan ini?

Cucilah lele hingga bersih

Perlakukan lele sama seperti ayam atau daging lainnya. Yaitu jangan lupa untuk mencucinya dengan bersih. Disarankan gunakan air mengalir agar lendir yang ada pada tubuh lele hilang.

Potong Sirip Lele

Berikutnya silakan potong bagian sirip lele di bagian kanan dan kiri insangnya. Mudah kok menemukan letak insang lele. 

Mengapa harus dipotonng? Karena bagian tersebut memiliki kandungan racun yang dapat membuat tangan terluka. 

Sayat dengan Benar

Menyayat lele sebelum digoreng dan disantap bersama sambal pecelnya harus hati-hati. 

Mulailah menyayat dari bagian belakang kepala ikan hingga belakang ekornya. Bagi yang belum terbiasa, ikutilah alur garis di punggungnya.

Bersihkan Jeroan Lele

Satu lagi, agar daging lele tidak tercampur jeroan saat disantap, maka bersihkan jeroannya. Bagian inilah yang memberikan bau amis lele.

Caranya sangat judah, cukup menyayat kulitnya sekitar 1 centimeter di belakang patil hingga kantung kelenjarnya.

Keluarkan kantong kelenjar berwarna putih, awas jangan sampai pecah ya. Lakukan cara tersebut pada kedua sisi lele. Maka dijamin lela tidak lagi berbau amis atau bau tanah.

Selanjutnya, hmmm silakan dinikmati dengan sambal pecel lelenya yang masih hangat.

Begitulah cara buat sambal pecel lele khas Lamongan yang mirip rasanya seperti aslinya. ***

0 Response to "Membuat Sambal Pecel Lele Tanpa Lele Bau Amis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel