Kenali Bahan Beludru untuk Baju

Baju yang sering kita kenakan berbahan kain yang jenisnya beragam. Mungkin ada yang bertanya, bahan beludru untuk baju apakah ada dan lazim?

Ternyata bahan beludru untuk baju itu lumrah digunakan. Bukan hanya di Indonesia, melainkan di berbagai belahan dunia.

Bagi kalian yang ingin tampil elegan, nggak ada salahnya menggunakan bahan beludru untuk baju. Banyak orang percaya kesan yang muncul dari beludru ialah kemewahan.

Sekilas Kain Beludru

Orang sering juga menyebut kain beludru dengan velvet. Bahan kain ini memiliki karakteristik unik yang mampu memberi kesan elegan dan mewah.

Bahan beludru merupakan kain yang terbuat dari serat sintetis ataupun serat alami. Jika pembuatannya secara alami, biasanya serat alam yakni benang sutera.

Dulu, hanya orang berduit yang bisa mengenakan pakaian berbahan beludru. Hal ini disebabkan karena proses produksinya yang membutuhkan banyak benang sutera sehingga harganya mahal.

Sementara di zaman modern, sudah banyak yang membuatnya dari bahan sintetis.

Foto : Instagram serbapeni_textile

Berdasarkan literatur, penemuan kain jenis beludru itu bahkan setelah diteliti sudah ada sejak dinasti kerajaan China yang sangat tua usianya.

Beludru yang terbuat dari benang sutra dikenal masyarakat China dengan sebutan Quirong Jin. Namun uniknya, produsen pertama beludru diketahui adalah bangsa Mesir.

Bahan Beludru untuk Baju

Kebanyakan pengguna bahan beludru untuk baju ialah kaum perempuan. Mengenakan busana dari bahan beludru akan membuat penampilan terlihat berkelas.

Ada beberapa jenis busana berbahan beludru yang kini beredar di pasaran. Berikut ini adalah baju atau pakaian dan aksesoris yang bisa dibuat dari bahan beludru:

  • Gaun panjang : untuk menghadiri acara formal.
  • Mini dress : untuk acara formal maupun pergi ke kantor.
  • Blazer beludru : untuk acara semiformal, padukan dengan blus dari bahan lain, misalnya bahan wollycrepe.
  • Celana : untuk gaya kasual dan modis.
  • Kaus : untuk si tomboi atau untuk acara santai.

Bahan velvet atau beludru, menjadi salah satu jenis kain yang juga memiliki penampilan mahal dan berkelas. 

Foto : Instagram mahakain

Jenis kain yang satu ini banyak digunakan untuk gaun-gaun malam pada awalnya, tapi seiring berjalannya waktu, banyak juga pakaian kasual yang terbuat dari bahan satu ini.

Velvet sendiri memiliki bentuk yang lebih tebal, dan permukaannya seperti memiliki bulu-bulu halus. Bahan kain satu ini pun memiliki sifat yang tak kuat panas, jadi sebaiknya jangan disetrika, yaa ***


0 Response to "Kenali Bahan Beludru untuk Baju"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel