Kenali Jenis Kebaya Indonesia Yang Cantik dan Anggun

Tidak lengkap rasanya kalo selama ini membahas tentang batik dan tenun tanpa mengulik kebaya. Kebaya merupakan model atasan yang selalu dimatchingkan dengan pemakaian kain batik ataupun tenun.
Kebaya merupakan salah satu baju tradisional Indonesia yang menjadi favorit banyak wanita, karena wanita yang mengenakannya akan terlihat cantik dan anggun. 

Foto : Instagram roemah_kebaya_vielga

Sejarah Kebaya

Asal kata kebaya berasal dari bahasa Arab yaitu abaya yang berarti pakaian.
Konon, kebaya mulai ada sejak jaman Majapahit. Bentuk awal kebaya merupakan busana yang dikenakan oleh para permaisuri dan selir raja. Meskipun pada masa itu masyarakat Jawa sudah mengenal beberapa model busana, namun yang paling sering dikenakan adalah model padanan kemben yang hanya menutup bagian dada saja.
Pemakaian kemben mulai dlakukan penyesuaian setelah agama Islam masuk. Untuk lebih menutup bagian dada, bahu, lengan, dan bagian belakang tubuh dibuatlah semacam outer. Outer inilah yang kita kenal sebagai model kebaya kutubaru.
Tercatat juga dalam catatan resmi bangsa Portugis, menjelaskan kebaya merupakan busana yang dipakai kaum wanita Indonesia pada sekitar abad 15 - 16. Pada masa itu kebaya hanya dipakai oleh para priyayi atau kaum bangsawan saja. Namun seiring berjalannya waktu, pada akhirnya kebaya dipakai oleh semua kalangan.

Foto : Instagram roemah_kebaya_vielga

Pemakaian Kebaya

Saat ini kebaya dipergunakan oleh semua kalangan, dan biasanya dipakai pada saat acara tertentu saja. Hanya generasi mbah-mbah buyut kita yang masih memakai kebaya untuk pakaian sehari-hari.
Pada acara tertentu, kebaya dipergunakan dengan menggunakan kain panjang dari batik atau tenun. Banyak sekali model kebaya yang sudah dimodifikasi saat ini sehingga menjadi semakin cantik dikenakan. Tatanan rambut pun akan menyesuaikan. Biasanya rambut akan disanggul baik tradisional ataupun modern, serta aksesories pelengkap yang tentunya akan membuat penampilan yang berkebaya menjadi semakin cantik dan anggun. 

 Foto : Instagram deoka_wptr

Memiliki Makna Khusus

Tidak hanya berfungsi sebagai baju, kebaya memiliki makna khusus dan mengandung nilai-nilai kehidupan. Bentuknya yang sederhana merupakan perwujudan dari kesederhanaan wanita Indonesia.
Kebaya mengandung nilai kepatuhan, kehalusan, sikap wanita yang harus lembut. Memakai kebaya beserta kain panjang membuat wanita bergerak terbatas dan harus selalu berhati-hati. Ini melambangkan bahwa wanita yang berkebaya identik dengan pribadi yang lemah gemulai, tidak gradak gruduk. Wanita yang berkebaya selalu terlihat anggun dan otomatis perilakunya juga menyesuaikan dengan kebaya yang dipakai, menjadi lebih kalem.

Foto : Instagram ratukebaya.id

Jenis Kebaya

Ada beberapa jenis kebaya yang sering kita lihat selama ini, baik untuk acara formal maupun santai, yang mempunyai ciri khas masing-masing.

  • Kebaya Jawa

Sering disebut dengan kebaya kutubaru. Model kebaya kutubaru ini adalah perkembangan dari kemben. Kebaya Jawa identik dengan bahan dari beludru yang biasanya dipakai untuk busana pengantin. Namun saat ini model kutubaru sudah banyak memakai beragam jenis kain.

  • Kebaya Betawi

Merupakan kebaya yang mendapat pengaruh dari budaya Cina dan Melayu, yang membuat kebaya betawi ini mempunyai desain yang bervariasi. Biasanya berkerah V dan mempunyai hiasan bordir bunga, biasa disebut juga dengan kebaya encim.

  • Kebaya Sunda

Kebaya sunda mempunyai ciri khas yang bisa dilihat dari garis leher yang berbentuk segilima dan mempunyai kerah yang tegak.

  • Kebaya Bali

Kebaya yang memiliki ciri khas lengan pendek maupun panjang, berwarna cerah, dan pemakaiannya selalu memakai ikatan obi di bagian pinggang. Kebaya bali jarang ditemukan dalam warna-warna yang kalem.

  • Kebaya Madura

Disebut juga dengan kebaya rancongan. Memiliki panjang kebaya hanya sampai di pinggang, dan bagian bawah yang meruncing dan memiliki potongan serong yang khas

  • Kebaya Melayu

Model kebaya melayu hampir mirip dengan model kebaya jawa. Kebanyakan berdesain panjang, serta di bagian tengah dilengkapi dengan bros atau peniti sebagai hiasan.

Jadi memakai kebaya atau baju tradisional bukan berarti ketinggalan jaman yaa, desain kebaya masa kini sudah semakin bervariasi dan terlihat sangat cantik. Sesuaikan bentuk badan dengan bahan dan model kebaya supaya terlihat semakin anggun dan cantik. Yuk berkebaya...***


0 Response to "Kenali Jenis Kebaya Indonesia Yang Cantik dan Anggun"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel