Hari Batik Nasional Tiba, Semakin Mendunia

Alhamdulillah Hari Batik Nasional pada tahun 2021 kembali tiba. Hari ini tanggal 2 Oktober 2021 merupakan hari yang dinanti para penggemar batik. Apakah kalian juga termasuk?

Hari Batik Nasional bukanlah hari yang ditetapkan begitu saja oleh pemerintah kita. Sebelumnya ada peristiwa yang mendahuluinya.

Bukan pekerjaan gampang menetapkan sebuah hari menjadi hari nasional. Ketika akhirnya Hari Batik Nasional ditetapkan oleh Presiden SBY pada tahun 2009 lalu, kita sebagai warga negara Indonesia harus bangga dan bersyukur.

Foto : Instagram : batiksongket

Sejarah Hari Batik Nasional

Ada yang bertanya mengapa Hari Batik Nasional kok diperingatinya setiap tanggal 2 Oktober. Bukan tanggal lainnya? Kan masih banyak tuh tanggal yang nggak dijadikan hari nasional.

Penetapan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional ternyata berkenaan dengan ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009 lalu.

Dikutip dari situs Rupbasan Jakarta Utara Kemenkumham, batik pertama kali dikenalkan dalam forum Internasional oleh Presiden ke-2 Republik Indonesia, Soeharto.

Hebat kan sobat, para presiden kita sudah mencintai batik. Pada saat itu, Soeharto tengah menghadiri konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Selain dalam konferensi, Soeharto juga kerap kali memberikan batik sebagai cinderamata untuk tamu negara yang berkunjung di Indonesia.

Setelah mempelajari cukup lama, batik kemudian didaftarkan untuk memperoleh Intangible Cultural Heritage di UNESCO pada 4 September 2008, tepatnya di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).


Butuh waktu setahun untuk menunggu apa keputusan UNESCO atas permintaan pengajuan dari Indonesia soal batik.

Akhirnya dikukuhkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO.

Pengukuhan dilakukan usai sidang ke-4 UNESCO di Abu Dhabi pada 2 Oktober 2009.

Menyambut hal tersebut, Presiden SBY kemudian menerbitkan Keppres No 33 Tahun 2009 tentang penetapan Hari Batik Nasional.

Keputusan tersebut juga sinyal dari pemerintah kepada masyarakat termasuk kita agar semakin sadar untuk melindungi dan melestarikannya.

Keppres yang ditandatangani pada 17 November 2009 tersebut menyebutkan bahwa tanggal 2 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional dan Hari Batik Nasional bukan merupakan waktu libur.

Pada tanggal 1 Oktober 2019, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menerbitkan Surat Edaran Nomor 003.2/10132/SJ tentang Pemakaian Baju Batik dalam Rangka Hari Batik Nasional 2 Oktober 2019.

Surat yang ditandatangani Sekretaris Jenderal Kemendagri, Hadi Prabowo tersebut menghimbau para pegawai di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten/Kota untuk mengenakan baju batik pada peringatan Hari Batik Nasional.

Sekarang kalau ada yang nanya hari batik nasional diperingati setiap tanggal 2 Oktober, kalian pun memiliki jawabannya.

Peringatan hari batik nasional selalu dilaksanakan dengan beragam kegiatan. Kita pasti ingat pada 2019 silam, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana menyemarakkan Hari Batik Nasional di Solo dengan melibatkan ratusan pembatik.

Hari batik dirayakan mulai tanggal 2 Oktober 2009, dan sampai sekarang masih tetap dirayakan. Meski suasana pandemi, kita juga bisa lho sobat berperan di dalamnya.

Misalnya dengan mengirimkan ucapan hari batik nasional kepada teman atau kerabat. Sekadar mengingatkan mereka, bahwa kita memiliki hari batik. Membeli produk-produk UMKM yang memproduksi batik atau yang menggunakan batik sebagai bahan dasarnya juga sangat bermanfaat, apalagi masih dalam situasi perekonomian yang berdampak pandemi. Tentunya sedikit banyak akan sangat membantu para pengrajin batik maupun pengrajin produk handmade yang berbahan kain tradisional Indonesia. 

Tanggal 2 Oktober hari apa? Jawab saja Hari Batik Nasional meski jatuhnya hari Senin, Selasa, Rabu dan sebagainya.

Kebanggan kita juga seharusnya semakin ada, lantaran batik bukan lagi disukai orang Indonesia. Tidak sedikit orang asing, dari warga biasa hingga pesohor kalangan artis dan politisi yang kini mengenakannya.

Demikian artikel tentang Hari Batik Nasional, semoga bermanfaat bagi kalian. ***



0 Response to " Hari Batik Nasional Tiba, Semakin Mendunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel