Melukis di Sepatu, Bakat yang Menguntungkan

Hallo sobatbatik yang baik hati, pernah kalian melihat seseorang melukis di sepatu? Coba perhatikan bagian akhirnya, hmmm sepatunya justru terlihat tak karuan.

Melukis di sepatu adalah proses kreatif. Dan kalau disadari, ya nggak semua orang bisa melakukannya. Kalau asal mencorat-coret ya mungkin banyak yang bisa.

Foto : Instagram sneakcares_

Saat sepatu dilukis, pasti pemiliknya ingin memberi pesan tertentu dalam desainnya. Mungkin ia memberikan pesan sebagai penggemar karakter Doraemon, maka lukisan di sepatunya bisa jadi tentangnya.

Atau yang memiliki jiwa muda yang sangat ekspresif, mungkin yang dimintanya kepada seniman untuk melukis di sepatu miliknya berupa nama grup musik beraliran death metal. Dan sebagainya.

Kemudahan mendapatkan pewarna bagi kain semakin memasyarakatkan kegiatan melukis di sepatu. Apalagi harga sepatu polos juga masih sangat terjangkau.

Foto : Instagram customshoesyk

Hal Penting Saat Melukis di Sepatu

Jika kalian tertarik untuk mencoba melakukannya, sebaiknya baca dahulu artikel ini sampai tuntas. Jangan biasakan membaca artikel hanya judulnya saja ya sobat, nggak baik hehehe.

Berikut ini coba saya rangkum apa saja yang harus dipersiapkan atau lakukan untuk bisa melukis di sepatu.

1. Persiapkan Sepatu

Sepatu yang biasanya dilukis jenis bahannya adalah canvas. Sepatu model ini banyak dijual online. Tetapi kalau mau mendapatkan tempat yang sesuai untuk kebutuhan ini kalian bisa ke Pasar Jatinegara.

Ukuran, bahan dan mereknya sangat beragam. Kalian harus mengecek dahulu bagaimana bahan yang digunakan.  Rabalah permukaannya. Kalau untuk bisnis, jangan membeli satu ukuran cuma satu.

Kecuali kalian hanya membuat contoh, bisa membeli satu ukuran satu biji sepatu. Susahnya kalau karya kalian laku, pasti jadi kebingunan karena stoknya nggak ada.

2. Persiapkan Cat

Melukis di sepatu adalah menuangkan warna cat ke permukaan sepatu. Dengan demikian sepatu nggak hanya polosan. Kalian bisa membuat lukisan apa saja pada sepatu dengn bantuan cat pewarna.

Biasanya ada yang menjual per warna dalam botol. Yang kalian beli hanya warna hitam, putih, merah, kuning dan biru. Tiga wwarna primer akan menghasilkan banyak warna.

Campurlah warna merah, kuning dan biru, maka akan diperoleh warna turunannya. Sementara warna hitam untuk membuat warna lebih gelap dan putih mencerahkan.

3. Kuas

Jangan lupa ya sobat, kuas yang digunakan di sini bukan kuas bekas pakai ayah yang seminggu lalu mengecat dinding rumah. Pakailah kuas yang memang sesuai untuk melukis di sepatu.

Banyak kok yang jual. Cobalah ke toko alat tulis atau perlengkapan sekolah, pasti ada. Kalau di swalayan cari saja di dekat pensil, pena dan macam-macam pewarna.

Pilihkan nomor-nomornya untuk mempermudah melukis. Kuas beujung bulu kecil bisa digunakan untuk membuat garis, sementara nomor semakin besar biasanya bulunya semakin lebar.

4. Air atau Minyak

Persiapkan air untuk mencamput cat warnanya. Selain cat berbahan air, kalian juga bisa menggunakan cat minyak. Soal pemilihan jenis catnya saya serahkan ke kalian masing-masing.

Jangan lupa palet yang akan sering digunakan. Jangan sampai bekas cat yang jatuh menempel di lantai atau dinding. Nanti malah yang dipesan orang dinding lukis dan lantai lukisnya, bukan sepatu lukis hehe.

5. Desain Lukisan

Kalau kalian sudah mahir melukis, tinggal menyapukan kuas di permukaan sepatu maka hasilnya juga oke. Namun yang baru belajar, bagaimana kalau menggunakan gambat contoh?

Kan banyak tuh halaman majalah yang isinya katakter lucu. Buka saja, lalu mulailah membuat sketsa menggunakan pensil. Ingat ya sobat, gunakan pensil bukan pena.

Jika menggunakan pena, akan muncul masalah jika tidak tertimpa atau tertutup warna cerah. Tinta kan hitam, kalau masih menyisakan warna bayangannya tentu kurang rapi.

6. Tunggu Kering

Kepada pemesan apalagi luar kota, kalian jangan terburu-buru untuk membungkus setiap lukisan di sepatu yang sudah selesai. Berilah kesempatan catnya meresap ke pori kain bahan sepatunya.

Kan nggak lucu jika lukiasn indah yang sudah kalian hasilkan rusak hanya gara-gara sembrono.

Demikianlah artikel Melukis di Sepatu, Bakat yang Menguntungkan ini saya unggah, semoga bermanfaat. ***

0 Response to " Melukis di Sepatu, Bakat yang Menguntungkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel