Motif Batik Bunga yang Banyak Disuka Kaum Hawa

batik-motif-bunga-1kjk9
Sumber foto - pixabay/pisauikan

Motif batik bunga merupakan salah satu corak kain batik yang sangat gampang ditemui. Baik di butik terkenal hingga pasar tradisional yang menjual batik.

Hal ini tak berlebihan mengingat motif batik bunga memang indah saat dilihat. Apalagi jika sudah dikenakan oleh seseorang, ditambah paduannya yang pas.

Bunga alam memiliki beragam warna yang diciptakan Tuhan untuk memperindah bumi. Hal ini menimbulkan keberanian bagi para desainer batik untuk memunculkan warna yang berani.

Berbeda dengan batik-batik klasik yang memang menentukan warnanya kadang berdasarkan filosofi yang begitu dalam. Maka motif batik bunga yang dibuat desainer zaman now pun berani menuangkan warna yang tak kalah indah.

Sejumlah Motif Batik Bunga

Jika kalian adalah kaum hawa, maka saat ditanya apakah motif batik yang kalian suka, pasti banyak yang menjawab bunga.

Batik dengan corak tumbuhan ini memang indah dan menunjukkan sisi feminin. Batik pesisir biasanya punya motif batik bunga. Berbagai jenis bunga cantik menghiasi kain batik.   

Meski begitu, tetap saja pemilihan bunga menjadi pertimbangan tersendiri bagi para desainer batik di Indonesia.

Berikut ini adalah makna motif batik bunga yang bisa kalian temukan di Indonesia. 

1. Bunga Teratai

Bunga teratai memiliki nama ilmiah Nymphea, yang merupakan Bahasa Yunani Kuno dari kata Nimfa yang berarti mata air atau sumur.

Menggambarkan cinta dan kehidupan, bunga teratai dianggap sebagai bunga kontemporer yang berarti kesucian dan kemurnian jiwa. Biasanya motif ini digunakan dalam acara keagamaan. 

2. Bunga Krisan 

Bunga ini sering mekar saat musim gugur, sedangkan banyak pohon menggugurkan daunnya. 

Oleh sebab itu, bunga ini melambangkan ketabahan dalam menjalani keadaan, juga sebagai lambang umur panjang dan sejahtera. 

3. Bunga Anggrek 

Bunga anggrek memiliki makna kemuliaan, kecantikan, dan keanggunan sehingga penggunanya mengharapkan kemuliaan dan kerendahan hati saat mengenakannya. 

4. Bunga Plum 

Dalam bahasa Mandarin, bunga plum sebagai tanda mulainya musim semi. Saat musim semi bunga ini akan mekar, yang disimbolkan sebagai pembawa harapan baru, keberuntungan, dan keberanian. 

5. Bunga Anyelir

Bunga ini menyimbolkan pernikahan, kesuburan, dan rezeki yang melimpah. Biasanya motif bunga ini berada pada batik Lasem dengan istilah teluki.

Jenis Bunga yang Lain

Apakah dengan dibuatnya 5 motif batik berdasarkan nama bunga di atas berarti bunga lain tak bisa dibuat?

Nyatanya tidak demikian. Bahkan sekarang motof batik menunjukkan keberagaman yang dulu tak pernah dipikirkan sebelumnya. Bagi mereka yang kreatif, jenis bunga lain juga bisa dijadikan inspirasi dalam penciptaan corak batik.

Bahkan ada yang tersinspirasi oleh bunga bangkai yang biasanya tumbuh di Kebun Rata Bogor. Dan batik dengan motif bunga bangkai memang awalnya dibuat di Kota Hujan Bogor.

Kemudian di Samarinda, ada yang membuat tenun dengan motif bunga kelapa atau jalau di Jawa dikenal dengan sebutan manggar. Di Jawa sendiri juga bisa kalian temukan batik dengan motif bunga kelapa ini.

Batik telah menjadi kanvas bagi para desainer untuk menuangkan karyayanya. 

Selain bebungaan di atas, masih ada lagi yang berani membuat batik motif bunga matahari. Semuanya akan terlihat indah saat sudah menyatu dengan bahan kainnya.

Demikian sobat, semoga artikel Motif Batik Bunga yang Banyak Disuka Kaum Hawa ini memberikan manfaat. ***

0 Response to "Motif Batik Bunga yang Banyak Disuka Kaum Hawa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel