Batik Keren di Gitar Ala Batiksoul Guitars 

Membatik di atas selembar kain sudah lazim. Nah, yang dilakukan Guruh Sabdo Nugroho berbeda. Meski sama-sama melukis ia menggunakan media gitar untuk menuangkan kreativitasnya. Gitaris asal Jawa Tengah ini pun dikenal dengan produknya, Batiksoul Guitars. 

Foto : Instagram batikguitar

UMKM Batiksoul Guitars didirikan Guruh pada tahun 2011. Sejak awal memang sudah memilih produk gitar batik. Saat ini, nama Batiksoul Guitars juga sudah tak asing lagi bagi para kolektor alat musik di Indonesia maupun di dunia. Bukan instan seperti memasak mie ya teman-teman untuk menciptakan brand yang memang bagus. Demikian juga dengan Guruh, ia menghabiskan waktu setidaknya dua tahun melakukan trial dan error. 

Melansir situs resmi Batiksoul Guitars, proses pengembangan gitar batik ini dilakukan oleh perajin dengan menerapkan batik yang dicelup alami ke kayu solid seperti cemara, mahoni, maple, dan mangga. Setelah itu dicek, apakah proses tersebut mempengaruhi suara dan resonansi pada instrumen kayu solid. 

Diketahui, untuk produk yang dihasilkan oleh Batiksoul Guitars sebagian besar adalah material kayu. Berasal dari kayu solid dan 80% adalah daei hutan eksotis Indonesia. Kayu-kayu tersebut antara lain mahoni dari selatan Jawa, Mangga dari selatan Jawa, Kayu Trembesi (Albasia saman), dan Rosewood India dari selatan Jawa (Dalbergia Latifolia). 

Produksinya juga sudah cukup malang melintang di berbagai negara. Bayangkan saja, produk dari Batiksoul Guitars sudah merambah 20 negara seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Australia, Amerika Serikat, Kanada, Prancis, Italia, Belanda dan lainnya. Tak hanya itu, gitar-gitar dari Batiksoul Guitars juga pernah digunakan oleh musisi hebat seperti Tohpati, Franky Sihombing, Ras Muhammad, Adera hingga Tantowi Yahya. Bahkan menjadi salah satu gitar koleksi dari Barack Obama dan Presiden Joko Widodo. 

Cara berjualan brand ini yang harus saya acungi jempol. Meski bisa saja Batiksoul Guitars memproduksi satu bentuk gitar dalam jumlah banyak. Namun bukan itu. Produk-produk dari Batiksoul Guitars tak bisa dijual secara massal. Sebab, setiap model gitar hanya dibuat satu unit beserta dengan sertifikatnya. 

BatikSoul Guitars juga menjadi salah satu UMKM yang mengikuti pameran Inacraft 2022. Guruh pun berterima kasih kepada BNI yang telah memberikan panggung bagi UMKM BatikSoul Guitars untuk tampil di pameran skala nasional. 

Saya coba mampir ke Instagram @batikguitar, produk gitarnya memang mengesankan. Saya bukan pemain gitar, meski menyukai musik. Saya lebih melihat pola atau motif batiknya. Keren. Pada postingan tanggal 25 Maret 2022, terlihat selebriti kondang Raffi Ahmad mampir dan membeli salah satu gitar buatan Batiksoul Guitars. Terimakasih Aa @raffinagita1717 sudah berkunjung ke Booth kami. semoga gitar Grand Concert Cendrawasih Banyu Biru bisa menemani saat bersantai bersama keluarga. Begitu dituliskan di Instagram tadi. Raffi mampir ke booth Batiksoul Guitars saat diselenggarakan Inacraft, 23 - 27 Maret di Jakarta Convention Centre. ***

0 Response to "Batik Keren di Gitar Ala Batiksoul Guitars "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel