Kain Rayon Twill, Harga, Kelebihan dan Kekurangannya

Rayon twill adalah salah satu jenis dari kain yang memiliki serat dengan berbentuk alur diagonal. Dalam geometri, diagonal merupakan suatu ruas garis yang menghubungkan dua titik pojok poligon atau polihedron. Secara informal, setiap garis miring disebut diagonal.

Sumber Foto : Instagram rinaldo_texs

Alur diagonal inilah yang akhirnya menjadikan sebutannya dengan twill. Dibandingkan jenis kain rayon pada umumnya, inilah yang paling bagus. Terutama ketebalannya. Namun meski tebal rayon twill tetap memiliki sifat adem, jatuh dan tidak mudah kusut.

Jatuh di sini artinya teksturnya tidak kusus, membentuk gelombang gelombang. Ia akan terjatuh ke bawah seperti sifat alami benda jika dipakai dari atas ke bawah. Seperti air, mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah. 

Karena sifatnya tadi, banyak yang menggunakan bahan ini untuk membuat kemeja pria, celana dan pakaian seragam lainnya. Rayon twill memiliki kelebihan karena dibuat menggunakan teknik tenun keper. Oh, ya, tidak semua negara menyebutnya demikian, ada yang mengatakan tenun keper dengan anyaman keper.

Mengutip dari fitinline.com, orang Amerika menyebut kain ini dengan twill, warga negara Inggris menyebutnya drill dan koper adalah sebutannya di Jerman. Bahan katun twill juga memiliki nama populer yaitu kain katun Cina. Kalau bicara soal kualitas, bisa disandingkan dengan bahan katun Jepang.

Tenunan pola twill cukup unik, lantaran pada bagian atas atau permukaan dan bawahnya berlainan. Sama dengan bahan kain pada umumnya, pasti memiliki kelebihan sekaligus kekurangannya.

Sumber Foto : Instagram ftz_texs

Kelebihan dan Kekurangan Rayon Twill

Jenis kain apapun namanya pasti memiliki karakteristik khusus yang membedakannya dengan yang lain. Hal tersebut membuatnya sebagai kelebihan. Namun di satu sisi, di bahan yang sama juga pasti ditemukan kekurangannya.

Kelebihan Rayon Twill

Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadikan kain ini memiliki keunggulan dan dapat Anda pilih untuk beragam keperluan.

Kekhasan Tesktur Kainnya

Seperti disinggung sedikit di atas, kain ini bertekstur miring atau diagonal. Sebenarnya bukan tanpa alasan mengapa pola anyamannya dibuat sedemikian rupa, karena semakin membuat pintalan kainnya lebih kuat dan tidak mudah lepas. Selain itu, menjadikan tampilan fisiknya lebih menawan.

Hal lain yang memudahkan mengenalinya ialah di permukaan dan bagian bawah teksturnya berbeda. Ini belum tentu atau boleh dikatakan sangat jarang ditemukan pada jenis atau bahan kain lainnya.

Tenunan yang Rapat

Punya salah satu jenis rayon twill di rumah? Cobalah perhatikan secara seksama, terlihat jalinan benang yang sangat padat atau rapat. Di Indonesia ada pepatah bagus untuk menganalogikannya, yaitu sebuah lidi akan lemah namun jika menjadi seikat sapu akan sangat kuat. Dengan rapatnya tenunan pada kain ini menjadikan kekuatannya maksimal sehingga tahan lama.


Lentur dan Lembut

Tidak diperlukan alat khusus untuk bisa merasakan seberapa lembut permukaan kain ini. Cukup letakkan saja permukaan telapak tangan ke permukaan kainnya lalu geser dengan pelan. Akan terasa lembutnya, sementara kalau dipilin pilin menggunakan jari, akan tarasa lembutnya. Kelenturan ini dikarenakan pada bahan pembuatnya digunakan bahan spandex.

Awet

Seringnya melakukan pencucian dengan mesin cuci tidak begitu berpengaruh terhadap kerusakan rayon twill. Hal ini karena pintalannya yang sangat rapat, juga ketebalan yang ideal. Bahan kain yang awet sudah pasti banyak dipilih untuk mengolahnya menjadi beragam pakaian jadi.

Menyerap Keringat

Salah satu hal yang paling dihindari oleh manusia terhadap pakaian yang dikenakannya ialah tidak menyerap keringat. Keringat adalah salah satu cairan tubuh yang akan diproduksi selama masih hidup. Ia menimbulkan perasaan tak nyaman jika menempel di kulit.

Karenanya, banyak yang selalu mencari bahan pakaian yang bisa menyerap keringat. Dan urusan ini bisa Anda percayakan kepada rayon twill. Nah, bagi kita yang tinggal di iklim tropis seperti Indonesia, kain ini cocok untuk dijadikan andalan.

Katunnya Adem

Kandungan katun yang ada pada bahan pembuat kain ini memang dipilih yang memiliki tingkat kesejukan tertentu yang akan membuat orang yang mengenakannya merasa sangat nyaman. Bagi Anda yang memiliki banyak aktivitas baik di dalam atau luar ruangan, tidak ada salahnya mencoba mengenakan pakaian berbahan kain rayol twill.

Menutupi dengan Baik

Bahan katun untuk bahan ini sangat rapat, selain kuat menjadikannya tidak menerawang. Dengan begitu Anda akan lebih leluasa berada di kerumunan atau acara yang melibatkan banyak orang. Karena bentuk tubuh Anda tertutupi secara sempurna oleh kain ini.

Multifungsi

Gunakan kain ini karena bisa diaplikasikan untuk beragam busana. Ia tidak dibuat khusus untuk bahan celana, kemaja, atasan, bawahan dan sebagainya. Semuanya bisa menggunakan bahan katun twill.

Kekurangan Rayon Twill

Jika di atas sudah disebutkan sejumlah kelebihannya, maka yang berikut ini adalah kekurangan rayon twill yang penting juga untuk Anda ketahui.

Tidak banyak kekurangannya. Jika kita perhatikan kain rayon twill maka warnanya terlihat kurang cerah. Bisa dikatakan lebih mendekati soft atau lembut. Namun yang justru dipertimbangkan ialah, warnanya tidak mudah pudar. 

Harga Rayon Twill

Lalu bagaimanakah harganya? Apakah banyak orang bisa membelinya? Dari hasil browsing di beberapa toko online, satu meter bahan kain rayon twill harganya berkisar di bawah Rp50-an ribu untuk ukuran lebar 1,5 meter. Harga ini adalah untuk 100 persen grade A. 

Disbutkan oleh pelapaknya, bahan ini bisa digunakan untuk Blouse, Celana Kulot, Gaun, Kemeja, Hijab, Gamis, Khaftan, Baju Casual dan formal lainnnya.

Pilihan warnanya, krem, salem, hijau botol, indigo, m, putih, warna hijau TNI, cokelat, lemon dan navy.

Bagaimana, sekarang sudah paham bahan katun rayon twill? Semoga bermanfaat. ***

0 Response to "Kain Rayon Twill, Harga, Kelebihan dan Kekurangannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel