Yuk Kenali Bahan-bahan Pembuat Insole Sepatu

Insole menjadi bagian yang sangat penting pada sebuah sepatu. Ternyata di dunia ini ada banyak bahan yang digunakan untuk membuat insole sepatu. Setiap bahan memiliki karakteristiknya sendiri-sendiri.

Dengan demikian sebaiknya Anda memahami bahan mana yang sebaiknya akan digunakan, jika Anda adalah seorang pengrajin sepatu baik pabrikan maupun handmade.

bahan pembuat insole sepatu
Sumber foto - pexels/Godisable Jacob

Berikut ini adalah penjelasannya secara singkat yang saya kumpulkan dari berbagai sumber:

  • Eva (Ethylene Vinyl Acetate) : Ini adalah bahan yang paling umum digunakan dalam pembuatan insole sepatu. Kelebihannya adalah bahwa itu ringan, tahan lama, dan memiliki sifat amortisasi yang baik. Kekurangannya adalah bahwa itu tidak memiliki sifat ventilasi yang baik dan cenderung menjadi kering dan keras jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Memory Foam : Ini adalah bahan yang digunakan dalam pembuatan insole sepatu yang memiliki sifat merespon tekanan. Kelebihannya adalah bahwa itu mampu menyesuaikan dengan bentuk kaki dan mengurangi tekanan pada titik-titik tekan. Kekurangannya adalah bahwa itu cenderung menjadi panas dan tidak memiliki sifat ventilasi yang baik.
  • Gel : Ini adalah bahan yang digunakan dalam pembuatan insole sepatu yang memiliki sifat amortisasi yang baik. Kelebihannya adalah bahwa itu mampu mengurangi tekanan pada titik-titik tekan dan memiliki sifat ventilasi yang baik. Kekurangannya adalah bahwa itu cenderung menjadi kering dan keras jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Latex : Ini adalah bahan yang digunakan dalam pembuatan insole sepatu yang memiliki sifat elastisitas yang baik. Kelebihannya adalah bahwa itu mampu menyesuaikan dengan bentuk kaki dan memiliki sifat ventilasi yang baik. Kekurangannya adalah bahwa itu cenderung menjadi kering dan keras jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Ortholite : Ini adalah bahan yang digunakan dalam pembuatan insole sepatu yang memiliki sifat amortisasi, ventilasi, dan anti-jamur. Kelebihannya adalah bahwa itu mampu menyesuaikan dengan bentuk kaki dan mengurangi tekanan pada titik-titik tekan. Kekurangannya adalah bahwa itu cenderung lebih mahal dibandingkan dengan bahan lain.
  • Cork : Ini adalah bahan yang digunakan dalam pembuatan insole sepatu yang memiliki sifat amortisasi yang baik. Kelebihannya adalah bahwa itu mampu menyesuaikan dengan bentuk kaki dan memiliki sifat ventilasi yang baik
  • Bambu: Ini adalah bahan yang digunakan dalam pembuatan insole sepatu yang memiliki sifat amortisasi dan anti-jamur. Kelebihannya adalah bahwa itu mampu menyesuaikan dengan bentuk kaki dan memiliki sifat ventilasi yang baik. Kekurangannya adalah bahwa itu cenderung lebih mahal dibandingkan dengan bahan lain.
  • Karet: Ini adalah bahan yang digunakan dalam pembuatan insole sepatu yang memiliki sifat elastisitas yang baik. Kelebihannya adalah bahwa itu mampu menyesuaikan dengan bentuk kaki dan memiliki sifat ventilasi yang baik. Kekurangannya adalah bahwa itu cenderung menjadi kering dan keras jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Kulit Sintetis: Ini adalah bahan yang digunakan dalam pembuatan insole sepatu yang memiliki sifat amortisasi yang baik dan anti-jamur. Kelebihannya adalah bahwa itu mampu menyesuaikan dengan bentuk kaki dan memiliki sifat ventilasi yang baik. Kekurangannya adalah bahwa itu cenderung lebih mahal dibandingkan dengan bahan lain.
  • Kain: Ini adalah bahan yang digunakan dalam pembuatan insole sepatu yang memiliki sifat amortisasi yang baik dan anti-jamur. Kelebihannya adalah bahwa itu mampu menyesuaikan dengan bentuk kaki dan memiliki sifat ventilasi yang baik. Kekurangannya adalah bahwa itu cenderung lebih mahal dibandingkan dengan bahan lain dan kurang tahan lama dibandingkan dengan bahan lain.
  • Latex: Ini adalah bahan yang digunakan dalam pembuatan insole sepatu yang memiliki sifat elastisitas yang baik dan anti-jamur. Kelebihannya adalah bahwa itu mampu menyesuaikan dengan bentuk kaki dan memiliki sifat ventilasi yang baik. Kekurangannya adalah bahwa itu cenderung lebih mahal dibandingkan dengan bahan lain dan kurang tahan lama dibandingkan dengan bahan lain.
  • Gel: Ini adalah bahan yang digunakan dalam pembuatan insole sepatu yang memiliki sifat amortisasi yang baik dan anti-jamur. Kelebihannya adalah bahwa itu mampu menyesuaikan dengan bentuk kaki dan memiliki sifat ventilasi yang baik. Kekurangannya adalah bahwa itu cenderung lebih mahal dibandingkan dengan bahan lain dan kurang tahan lama dibandingkan dengan bahan lain.
  • Memory Foam: Ini adalah bahan yang digunakan dalam pembuatan insole sepatu yang memiliki sifat amortisasi yang baik dan anti-jamur. Kelebihannya adalah bahwa itu mampu menyesuaikan dengan bentuk kaki dan memiliki sifat ventilasi yang baik. Kekurangannya adalah bahwa itu cenderung lebih mahal dibandingkan dengan bahan lain dan kurang tahan lama dibandingkan dengan bahan lain.

Itu dia beberapa jenis bahan insole sepatu yang umum digunakan, setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga pemilihan bahan insole sepatu harus sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kaki. Namun, sebaiknya sebelum membeli sepatu yang menggunakan insole, sebaiknya cobalah dulu dan pastikan insole tersebut cocok dengan kaki Anda. (***)

0 Response to "Yuk Kenali Bahan-bahan Pembuat Insole Sepatu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel