Serunya Batik Music Festival 2019

Batik terbukti bisa dijadikan ide sebuah event bertaraf internasional. Nggak percaya? Salah satunya Batik Music Festival 2019 yang berlangsung tanggal 5 September 2019 lalu. Megah dan menawan, apalagi lokasinya di komplek Candi Prambanan.

Acara ini melibatkan ribuan penonton, baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Artis yang ditampilkan juga banyak banget, diantaranya David Foster, Yovie Widianto hingga Raisa. Siapa sih yang nggak kenal mereka saat ini?

Tentu saja Batik Music Festival bukan hanya namanya saja yang mengandung kata batik. Asal tahu saja, seluruh manusia yang terlibat di acara ini wajib mengenakan batik. Keren nggak sobat batik?

Sumber : Instagram batikmusicfestival

Wajib Kenakan Batik

Saya ulangi deh, Batik Music Festival memang mengharuskan semuanya mengenakan batik. Dengar saja penuturan CEO Rajawali Indonesia, Anas Syahrul Alimi, yang menggagas acara ini.

Ia membeberkan konsep panggung Batik Music Festival 2019, tak hanya mewajibkan ribuan penonton untuk mengenakan baju batik, namun juga panitia dan seluruh artisnya. Suasananya benar-benar seperti perkampungan batik.

Panitia membagi penampilan para artis ke dua panggung utama. Satu panggung untuk artis nasional, disebut Festival Show. Sementara Special Show untuk artis-artis internasional.

Artis pendukung Batik Music Festival 2019 nyatanya tidak keberatan ketika mereka harus mengenakan batik di atas panggung yang mewah.

Pengrajin Lokal

Ada juga aturan yang dibuat panitia di Batik Music Festival 2019 ini. Yakni, batik yang dikenakan harus buatan pengrajin Batik di Yogyakarta. Sebuah cara yang cerdik dan pintar untuk memperkenalkan batik lokal kepada dunia internasional.

Apalagi di Yogyakarta tidak sedikit warga dari berbagai belahan negara di dunia yang tengah menuntut ilmu. Dan mereka memanfaatkan Batik Music Festival 2019 sebagai wadah untuk mendapatkan hiburan dengan syarat yang unik.

Memang, Batik Music Festival 2019 adalah sebuah gelaran yang dirancang untuk memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober. Rajawali Indonesia tidak sendiri, untuk Batik Music Festival 2019 mereka menggandeng PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko.

Selain David Foster, ada juga Kenny “Babyface” Edmonds, Katharine McPhee, Pia Toscano, Yuna dan Nick Zavior. Nantinya, mereka akan berkolaborasi bersama dalam satu panggung.

Sementara selain Raisa dan Yovie adalah Kahitna, BCL, Marcell, Rio Febrian, 5 Romeo, Arsy Widianto dan sebagainya.

Penampilan Raisa dan Yovie Widianto - Sumber :Instagram batikmusicfestival

9.100 Penonton Berbusana Batik

Tak usah khawatir tentang anak muda meski mereka harus bersentuhan dengan batik. Nyatanya Batik Music Festival 2019 berhasil mengumpulkan sedikitnya 9.100 penonton yang semuanya berbusana batik. Jumlah ini diketahui dari tiket tanda masuk yang terjual.

Kegembiraan ini jelas terpancar di wajah para penggagas Batik Music Festival 2019. Saat itu semua bisa menyaksikan secara langsung ternyata banyak sekali anak muda Indonesia dari berbagai daerah bangga mengenakan batik.

Memang, tidak semua penonton mengenakan batik saat nonton Batik Music Festival 2019. Namun jumlah yang tak mengenakannya sangat sedikit, hanya 10 persen.

Apa komentar David Foster? Menurutnya Batik Music Festival 2019 merupakan penggabungan tiga mahakarya. Yaitu Karya Batik, Karya Musik dan Karya Candi Prambanan. Dan diundang untuk tampil di sini merupakan kejadian yang sungguh sangat luar biasa.

Nah, adakah di antara kalian yang terinspirasi dari Batik Music Festival 2019? ***

0 Response to "Serunya Batik Music Festival 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel