Di Negara-negara Ini Kalian Juga Bisa Temukan Batik

Foto - instagram/batik_mahdijaya
adhiantirina.com - Batik telah diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia atau world heritage yang berasal dari Indonesia pada 2 Oktober 2009.

Namun tahukah sobat batik semua jika batik juga bisa ditemukan di empat negara di bawah ini. Tentu saja corak atau ragamnya berbeda dengan batik yang kita kenal di Indonesia.

Berikut ini adalah negara yang juga memproduksi batik:

Malaysia

Negara tetangga Indonesia ini bahkan sempat menimbulkan kontrovesri ketika mengklaim batik berasal dari negara ini. Berani melakukan klaim pasti Malaysia memiliki dasar yang kuat.

Memang di negeri jiran ini ada produksi batik, namun ragamnya masih jauh dengan batik Indonesia. Baik warga, ragam atau coraknya serta modelnya. Kalau soal warna, batik Malaysia terkesan lebih berani mengekspolrenya.

China

Berbeda dengan batik Indonesia, batik China lebih menyajikan pola beraneka ragam mitologi Tionghoa seperti naga, phoenix, dan dewa-dewi.

Hal ini tentu tak lepas dari kepercayaan yang dianut dan tetap dipegang teguh oleh warga China. Warna warna yang ditampilkan dalam batik juga biasa dilihat di gedung atau aksesoris lainnya, seperti warna merah.

Thailand

Jika batik Indonesia bentuknya bisa beragam, ada kemaja, bawahan, rok, daster, kebaya dan sebagainya maka batik Thailand tidak selengkap batik Indonesia.

Fokus batik Thailand lebih kepada batik kain sarung. Kain sarung ini memang sering digunakan oleh penduduk Pulau Koh Samui untuk bersantai. Kombinasi warna batik Thailand lebih bervariasi dengan motif-motif hewan dan tumbuhan.

Azerbaijan

Sama dengan di Thailand, Batik nagara ini juga lebih fokus ke satu kegunaan. Di Azerbaijan batiknya lebih terfokus ada pada syal berbahan sutera yang biasa digunakan oleh perempuan di negara itu. Ada pembagian proses pembuatan batik di Azerbaijan.

Batik yang di negara itu disebut kalagayi, proses stamping yang menggunakan lilin panas dilakukan oleh laki-laki, sedangkan proses berikutnya dilakukan oleh perempuan.

Demikianlah artikel tentang negara yang juga memproduksi batik selain Indonesia. ***

0 Response to "Di Negara-negara Ini Kalian Juga Bisa Temukan Batik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel