Tas Anyaman Eceng Gondok dan Cara Membuatnya

 Tas anyaman eceng gondok cukup dikenal oleh para pemburu tas unik. Padahal sebelum diketahui bisa dijadikan tas, eceng gondok hanya dianggap sebagai tumbuhan kurang berguna.

Eceng gondok memiliki nama latin eichhornia crassipes. Ia termasuk jenis tumbuhan air mengapung. Harus diakui, zaman dahulu tanaman ini kerap dipandang tanaman pengganggu atau liar yang bisa menghancurkan lingkungan perairan.

Tumbuhan ini hidup di kolam dangkal, danau, rawa, sungai, aliran air, serta tempat penampungan air. Eceng gondok mempunyai tinggi seputar 0,4 – 0,8 meter. Dengan daun tunggal serta berupa oval, permukaan daunnya memiliki warna licin dan hijau.

Meski sebagian orag kini mengenal eceng gondok, namun sebenarnya beberapa daerah memiliki sebutan sendiri untuk tanaman air ini.

Seperti pada wilayah Palembang diketahui bernama Kelipuk, di Lampung diketahui bernama Ringgak, di Dayak diketahui bernama Ilung-ilung, di Manado diketahui bernama Tumpe.

Jika kita cermat melihat peluang, tanaman eceng gondok benar-benar berguna sebagai salah satu bahan utama pembuatan kerajinan atau handycraft.

Bersamaan dengan perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi, tumbuha eceng gondok rupanya mudah untuk dikeringkan. Dan hebatnya, bisa digunakan untuk bahan baku pengerjaan tas wanita yang elok.

Bukan hanya tas wanita, eceng gondok pun keren dibuat koper, sendal, keranjang (tempat baju bekas), tatakan gelas, tikar, nampan, dan beberapa produk sejenis lainnya.

Malahan akhir-akhir ini banyak digunakan untuk memberikan dukungan industri furniture den mebel. Eceng gondok menjadi bahan alternatif rotan yang harganya makin melangit.

 

Langkah Membuat Tas Ayaman Eceng Gondok

Sebelum mulai, berikut adalah alat serta bahan yang diperlukan.

Eceng gondok
Benang
Jarum
Gunting
Pensil
Kertas
Cat minyak berwarna
Kuas
Aksesori tambahan seperti kancing, mata, pita dan sebagainya

Untuk menemukan eceng gondok tidak terlalu sulit. Carilah di sekitaran sungai atau anda bisa menelusurinya di pengepul eceng gondok.

Saat baru menemukannya pasti kondisinya butuh pembersihan. Bersihkan serta semprot eceng gondok sampai bersih sampai tak ada lagi bau dan kotoran yang melekat.

Selanjutnya pisahkan eceng gondok dari batang serta daunnya. Gunakan gunting untuk melakukannya. Berikutnya silakan eceng gondok tadi dijemur. Jika sudah, mulailah melakukan pekerjaan penganyaman.

Gambarlah desain tas anyaman dari eceng gondok di atas kertas atau koran dengan pensil. Garisnya harus jelas untuk memudahkan pekerjaan.

Untuk ukuran serta modelnya sesuaikan saja dengan keinginan dan bayangan yang ada di kepala Anda.

Dari skema atau desain yang sudah dibikin, guntinglah eceng gondok sesuai skema lalu dijahit. Janganlah lupa anda cat dengan cat minyak serta beri aksesoris tambahannya untuk percantik penampilan.

Maka tas anyaman eceng gondok pun siap untuk digunakan. Bisa dipakai sendiri namun boleh juga ditawarkan kepada orang lain.

Demikian penjelasan mengenai cara membuat tas anyaman eceng gondok. Mudah-mudahan bermanfaat. ***


0 Response to " Tas Anyaman Eceng Gondok dan Cara Membuatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel