Jualan Online? Aktifkan Instagram Bisnis Kalian

instagram-bisnis

Instagram bisnis langsung diterima penggunanya ketika fitur ini diluncurkan. Apalagi bagi orang Indonesia seperti saya, jualannya di Instagram selain platform lain.

Dengan instagram bisnis maka lebih enak menggunakannya untuk keperluan bisnis. Apakah kalian juga sudah mengubah setingan instagram seperti punya saya?

Instagram Bisnis untuk Usaha

Tetapi sebelumnya nggak ada salahnya kita sedikit mengupas masalah kegunaan instagram bisnis. Sebagai pebisnis kalian nggak ada salahnya juga bertanya, ngapain harus ngubah setingan instagram?

Berikut ini penjelasannya, tolong disimak dari awal sampai habis ya sobat. Jangan terbiasa atau membiasakan diri membaca artikel sepotong-potong nanti informasi yang kalian tangkap juga sepotong.

Mending kalau cinta dalam spotong roti hehehe (nggak nyambung kalee). But inilah nikmatnya punya blog, bisa nulis serius, diselingi nggak serius, serius lagi dan seterusnya. Seriuslah sobat, biar lancar jualan onlinenya. Atau mau belajar jualan sepatu batik?

1. Fitur Content Insight

Fitur ini akan mengawasi aktivitas dan keterlibatan seseorang dengan postingan yang kalian lakukan.

Dengan demikian kalian bisa mengira-ira postingan mana sih yang bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Juga alasan apa dibalik postingan yang sukses menyedot perhatian orang lain itu.

2. Fitur Audience Insight

Kalau yang ini kalian bisa demografi orang yang melihat setiap postingan. Baik itu di feed atau story. Ini tentu sebuah hal yang sesuatu banget, berharga sekali.

Audience insight membuat kalian mengetahui persebaran usia, jenis kelamin, dan lokasi dari orang-orang yang melihat postingan.

Berdasarkan laporan itu kalian bisa membuat jadwal kapan sebaiknya melakukan posting atau mengunggah konten. Agar maksimal buatlah rencana postingan yang menarik, buakn asal asalan.

3. Fitur Activity Insight

Kegunaannya ialah mengetahui berapa jumlah action yang dilakukan orang-orang terhadap tautan yang kalian cantumkan pada postingan. 

Jumlah klik tombol untuk melihat profil, klik panggilan, email, dan peta lokasi juga akan ditampilkan. Selanjutnya silakan kalian menganalisa seberapa banyak audience yang dijangkau.

Cara Membuat Akun Bisnis Instagram

Jeng jeng jeng, saatnya menyeting akun Instagram biasa menjadi bisnis. Mohon maaf, saya hanya akan menjelaskan langkah-langkah dengan asumsi kalian sudah memiliki akun Instagram biasa.

Jika belum, sebaiknya buatlah akun Instagram dahulu, saya rela menunggu kok. Sudah lima menit, apakah bisa saya lanjutkan? Oh yang di belakang belum selesai ya? Oke saya tunggu deh.

Membuat akun bisnis Instagram mudah kok, nggak usah pakai pusing. Apalagi saya selalu menuliskan tutorial dengan gaya selow but sure. Alon alon asal kelakon Mas...

Dan berikut langkah-langkahnya, perhatikan satu persatu. Awas kelewatan langkahnya nanti malah kacau lho.

  1. Masuklah ke profil, lalu cari Pengaturan/Setting. Pilihan ini ada pada pojok kanan atas profilmu. Lalu klik account.
  2. Berikutnya ialah klik pilihan switch to business account.
  3. Klik continue, lalu pilih jenis bisnis yang kamu jalankan. Ada beberapa pilihan seperti Local Business, Personal Blog, Product/Service, Art,Musician/Band, dan masih banyak lagi.
  4. Jika pilihan sudah kalian tentukan, langkah selanjutnya ialah klik next atau lanjutkan. 
  5. Jika ada permintaan untuk melakukan konfirmasi apakah alamat email dan nomor telepon yang dicantumkan sudah sesuai atau belum, ikuti saja. Karena untuk memudahkan calon pembeli menghubungi kalian untuk melakukan aktivitas transaksi.
  6. Nah, tibalah saatnya kalian harus menyambungkan profil Instagram bisnis kalian ke laman Facebook. Namun jika kalian nggak punya, pilih saja don’t connect to Facebook. Cara membuat Instagram bisnis ini berarti tidak menghubungkan dua platform media sosial tersebut.                   
  7. Alhamdulillah, sekarang kalian sudah memiliki akun Instagram bisnis. Promosikan bisnismu dengan memanfaatkan fasilitas seperti Instagram Story atau Instagram TV. Buatkah konten yang menarik.

Jika kalian serius menekuni bisnismu, nggak ada salahnya mencoba memanfaatkan Instagram Ads untuk meningkatkan traffic website, meningkatkan brand exposure, dan mengumpulkan leads baru. 

Sekadar informasi singkat, Instagram Ads adalah sebuah cara untuk menjaring audience yang lebih luas serta mendapatkan target yang sudah dispesifikkan. 

Sebuah survei mengatakan 81 persen pengguna Instagram mengatakan bahwa mereka tertarik untuk melakukan transaksi setelah melihat sebuah postingan. Begitulah memang cara bisnis di Instagram. Teman saya saja jualan stiker siluet pakai Instagram pelangganya se-Indonesia, hadeeh.

Cara membuat akun Instagram untuk jualan sudah ada. Artinya sebuah senjata sudah kalian miliki, tergantung bagaimana akan menggunakannya untuk perang di dunia bisnis. Selamat mencoba dan sukses selalu ya sobat bisnis di Instagram. ***

0 Response to "Jualan Online? Aktifkan Instagram Bisnis Kalian"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel