Keuntungan Membuat Blog untuk Jualan Online

keuntungan-membuat-blog

Keuntungan membuat blog bagi penjual sepatu online seperti saya sangat banyak. Sata sendiri merasakan perubahan hasil jualan sebelum dan setelah membuat blog yang kalian baca ini.

Sebenarnya blog ini sudah bertahun-tahun lalu saya buat, tetapi baru saya belikan domain setelah fokus jualan online.

Kala itu hanya saya gunakan untuk menulis hal yang ringan. Lebih tepat pengganti diary dunia maya. Setelah itu vakum lama, karena saya juga disibukkan dengan pekerjaan di kantor.

Keuntungan Membuat Blog

Beberapa hal di bawah ini merupakan keuntungan membuat blog yang saya rasakan. Mungkin akan berbeda menurut orang lain.

1. Mendukung Jualan Online

Saya menjual produk sepatu dan tas batik di internet. Saya sudah menggunakan Instagram, Facebook dan WhatsApp. Ternyata dengan dukungan artikel di blog yang saya kelola sendiri, lebih banyak calon konsumen yakin akan produk yang saya jual. Yaitu sepatu batik dan tas batik.

2. Mereview Produk Gratis

Pernahkah kalian berpikir cukup banyak orang membeli artikel untuk mereview sebuah produk. Bahkan perusahaan terkenal akan berani membayar mahal artikel review tadi.

Sementara saya kapan pun bisa membuat review produk kapan ada waktu. Tak jarang saya melakukannya di sela-sela jualan online. Saya bisa menuliskan panjang lebar tentang sepatu batik terbaru yang akan saya jual.

3. Melatih Menulis

Dari SMA sebenarnya saya bukanlah orang yang nilai Bahasa Indonesianya tinggi. Namun saya belajar dan belajar menuliskan kalimat yang baik dengan blog yang kalian sedang baca ini.

Awalnya memang susah, satu artikel saja terkadang butuh beberapa jam. Bahkan kadangkala pikiran blank. Biasanya kendalanya di jumlah kalimat. Rasanya menulis tiga paragraf zaman dahulu sudah lama rasanya, alhamdulillah sekarang semakin lancar.

4. Sebagai Referensi Konsumen

Anda boleh percaya atau tidak, tidak sedikit konsumen atau tepatnya pelanggan sepatu dan tas batik saya berawal dari membaca blog. Mungkin mereka iseng mencari sepatu atau tas batik dan masuk ke blog ini.

Saya tahu mereka membaca blog ini karena di awal percakapan ke nomor atau media sosial saya diawali dengan dari mana mereka menemukan saya. Yakni blog adhiantirina.com ini.

Apa Itu Blogger

Sekali lagi ini menurut saya, blogger adalah seseorang yang pekerjaannya mengurusi blog. Mengurusi bisa berarti secara keseluruhan atau secukupnya.

Kalau kalian bertanya saya termasuk yang mana? Jawabannya yang secukupnya. Karena saya membangun blog ini memang sebagai pendukung jualan online saya.

Adapun iklan Google Adsense yang muncul di blog ini saya anggap sebagai bonus. Karena saya tidak pernah merencanakan bagaimana menulis untuk tujuan tersebut.

Nah, ketika saya coba daftarkan dan diterima, justru teman-teman saya yang blogger memberitahu. Agar saya menuliskan artikel lebih baik. Misalnya bagaimana membuat judul, memilih foto, mencari kata kunci dengan cara sederhana dan sebagainya.

Dan saya mohon maaf kalau ada yang merasa tulisan saya agak kaku atau gimana, karena memang fokus saya ngeblog untuk jualan.

Penghasilan Blogger Pemula

Beberapa pelanggan saya pernah menanyakan berapa sih penghasilan saya dari Google Adsense. Pertanyaan yang sebenarnya tidak tepat ditujukan kepada saya.

Dari awal sudah saya katakan saya membangun blog ini karena kecintaan terhadap dunia batik. Kemudian berkembang ingin berbagi informasi lain kepada banyak orang.

Tetapi kalau penghasilan blogger pemula dari jualan onlinenya saya katakan lumayan. Ada peningkatan signfikan jika dibanding sebelum menggunakan blog.

Blogger adalah Pekerjaan

Ketika pelan-pelan merasakan keuntungan membuat blog yang berisi tentang produk yang kita jual, pasti senang. Begitu pun saya. Dan saya pun mulai penyukai ngeblog sebagai pekerjaan.

Bukan pekerjaan tersendiri di mana saya memiliki waktu khusus untuk mengupdate. Melainkan mencintainya sebagai bagian dari usaha online saya.

Saya sangat mengapresiasi blogger-blogger Indonesia yang memang serius menggelutinya. Saya kerap membuka artikel yang mereka tulis, menambah wawasan tentang apa yang belum saya ketahui.

Nyatanya mereka, para blogger tadi, bisa hidup dari tulisan. Saya percaya. Mengapa? Saya yang belum pantas disebut blogger sudah merasakan manfaatnya.

Cara Menjadi Blogger

Kok Mba Riena bisa membuat tulisan sepanjang itu? Atau gimana ya buat blog seperti punya Mba? Itulah pertanyaan yang banyak saya terima baik melalui medsos ataupun email.

Mau seperti saya? Gampang kok, tinggal buat saja blog sesuai keinginan kalian. Saya pakai blogspot lalu saya belikan domain. Belinya juga dibantu teman saya yang seorang blogger.

Sudah, saya pelajari sebagian dari artikel yang ditulis para blogger di Indonesia. Kan banyak tuh di internet. Misalnya cara membuat label, memasang gambar dan sebagainya.

Semudah itu sebenarnya. Saya garis bawahi, yang saya sampaikan adalah cara menjadi blogger pemula, atau blogger receh seperti saya ini. Yang tahunya nulis di blog untuk mendukung jualan online sepatu dan tas batik saya.

Berbeda kalau informasi yang ingin kalian dapatkan adalah bagaimana menjadi blogger yang penghasilannya gede. Kalau itu yang ingin kalian cara, maaf kalian salah masuk blog hehe.

Semoga artikel Keuntungan Membuat Blog ini membantu kalian. Mohon maaf kalau ada hal yang kurang pas soal blog, sekali lagi itu berdasarkan apa yang saya alami. ***

0 Response to "Keuntungan Membuat Blog untuk Jualan Online"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel