Tips Memilih Sablon Kaos yang Bagus dan Awet

memilih-sablon-kaos

Memilih sablon kaos agaknya sebuah kegiatan yang jarang dilakukan sobat semua. Kalau mau membeli kaos, yang dilihat ialah desainnya. Kalau suka ya sudah beli.

Padahal memilih sablon kaos akan menentukan seperti apa kehidupan kaos kalian di masa mendatang. Gampangnya begini, jika kalian pintar atau stidaknya mengetahui bagaimana cara melakukannya, ada peluang gambar yang ada di kaos tadi tahan lama.

Jangan salah lho sobat, masyarakat Indonesia menggunakan kaos sebagai salah satu pakaian favoritnya. Tak heran jika hampir di seluruh Indonesia ketika ada toko pakaian pasti menyediakan kaos.

Memilih Sablon Kaos Berdasar Kegunaan

Kegunaan di sini adalah untuk apa kaos tersebut dibeli? Tentu ada alasan dong kalian memborong kaos dalam jumlah yang banyak. Berikut ini adalah cara memilih sablon kaos berdasarkan kegunaannya.

Kaos Promosi Daerah

Sudah lazim sebuah daerah memiliki produk kaos sendiri. Bisa bertuliskan slogan daerah atau tempat wisata yang terkenal. Kaos semacam ini bisa dijadikan sarana untuk mengenalkan sebuah daerah kepada orang yang lebih banyak.

Bila janis kaos ini yang sobat cari, maka sebaiknya belilah kaos dengan sablon Rubber dan Pigment. Alasannya adalah karena jenis sablon ini cocok untuk kaos katun dengan ketebalan 20s.

Kalian pasti menginginkan kaos promosi daerah yang dijual nyaman dipakai para turis, bukan? 

Kaos Distro

Nah yang ini bagi kalian yang sedsang merencanakan membuka bisnis distro. Ingat, usaha seperti ini membutuhkan kualitas bahan kaos yang berkualitas tinggi. Karena biasanya harga sebuah kaoa di distro lebih mahal dibandingkan toko lainnya.

Kualitas sablon yang tepat untuk distro ialah tinta khusus seperti superwhite, plastisol, dan flocking. Jenis tinta tersebut cocok untuk kaos distro yang terbuat dari bahan katun.

Dengan bahan sablon di atas, maka sablon kaos yang kalian jual tidak akan memalukan dan pelanggan puas. 

Kaos Jatidiri

Pasti pernah melihat kaos yang digunakan sebuah organisasi, klub motor, kelas atau institusi. Kaos untuk identitas atai jatidiri ini biasanya dibuat sebagai pengenal.

Jika mendapatkan pesanan kaos semacam ini kalian sebaiknya memilih kaos dengan bahan sablon plastisol selain rubber sebagai alternatifnya.

Mengapa plastisol? Karena harganya tidak cukup tinggi namun terasa tetap nyaman ketika dikenakan. 

Kaos Event

Sebentar lagi bakal ada kejuaraan drag race di kota kalian. Kebetulan panitianya memesan kaos untuk panitia dan peserta balap ke tempat kalian. 

Tidak ada yang lebih tepay selain sablon plastisol. Alasannya karena harus dapat cepat selesai dan biasanya kaos yang digunakan adalah kaos dengan ketebalan 24 s atau 20s.

Hal-hal Penting Memilih Sablon Kaos

Setelah mengetahui bagaimana memilih sablon kaos berdasarkan keguanaannya, selanjutnya kita bahas mengenai cara memilih sablon kaos secara umum.

Ini juga penting mengingat kaos merupakan salah satu jenis pakaian yang nyaman dan sangat fleksibel. Tidak hanya bisa dijadikan pakaian kasual sehari-hari, melainkan bisa menjadi gaya atau model jika dipadukan secara pas.

Perkembangan teknologi telah membantu kalian lebih mudah memilih sablon kaos. Agaknya kaos sablon dengan berbagai pilihan desain telah menjadi salah satu pilihan wajib bagi banyak orang.

Nah, kualitas sablon dan jenis bahan kaos mempengaruhi kualitas kaos sablon yang anda gunakan. Masih bingung tentang hal ini? Silakan baca uraian di bawah ini.

Perhatikan Jenis Bahan

Pemilihan jenis bahan merupakan hal penting saat menentukan kaos yang nyaman untuk dikenakan. Pada umumnya, jenis bahan kaos sablon berkualitas dan nyaman menggunakan jenis bahan cotton combed. 

Pilihannya bisa bahan kaos cotton combed 30s atau cotton combed 24s. Jenis bahan tersebut memiliki tekstur yang lembut, nyaman, adem, dan tak kalah pentingnya ialah mudah menyerap keringat.

Jenis Tinta Sablon

Memilih sablon kaos juga harus memperhatikan kualitas tinta yang digunakan. Semakin bagus kualitas tinta akan semakin bagus hasilnya di permukaan kaos. naum perlu diingat, tidak semua tinta bagus cocok untuk semua bahan kaos.

Contohnya jenis sablon plastisol yang sangat cocok untuk diaplikasikan pada jenis bahan cotton combed. Oleh karenanya, kalian perlu untuk memastikan kesesuaian antara tinta dan bahan kaos.

Bentuk Desain

Desain kaos yang sederhana seharusnya bisa lebih awet jika dibuat dengan benar. Baik bahan kaosnya atau tinta sablonnya. Sementara desain yang rumit seharusnya juga bisa tetap bagus dan awet.

Bicara soal bentuk desain saat memilih sablon kaos lebih ke arah bagaimana kesannya saat dikenakan. Mungkin orang yang suka dengan musik underground lebih memilih kaos dengan desain tulisan bertuliskan huruf yang kesannya banyak dipakai nama band metal.

Sementara yang hobi olahraga memilih sablon ceria, sederhana namun memberikan kesan spotif dan energik.

Warna Kaos

Untuk memberikan gambaran, banyak sekali instansi atau lembaga yang memiliki wara khusus. Paling mudah ialah Partai Politik. Menjelang Pilkada seperti saat tulisan ini saya buat, biasanya pengrajin sablon kaos banjir pesanan.

Mungkin tak seramai saat sebelum pandemi, namun pasti ada pesanan sablon kaos, bukan?

Jangan salah, instansi atau Parpol yang memiliki warna A justru kalian belikan warna B, bisa kacau nanti sobat hehe.

Memilih Sablon Kaos Paling Bagus

Berdasarkan bincang-bincang dengan beberapa tukang sablon serta pengalaman pribadi, berikut ini adalah tips memilih sablon kaos paling bagus.

Sablon kaos yang paling banyak digunakan dam kaosnya dijual di pasaran ialah rubber. Orang juga kerap menyebutnya dengan sablon karet. Hasil tinta tipe ini akan dapat menutupi serat dengan sempurna dan efeknya timbul tanpa mudah retak atau pecah.

Bahkan tidak sedikit tukang sablon yang menggunakan rubber sebagai bahan dasar sebelum melakukan penyablonan lain. Biasanya jenis sablon ini banyak digunakan kaos berwarna hitam atau gelap.

Berikutnya ialah sablon pigment dengan sifat mudah meresap ke dalam kain sehingga awet. Dengan pigment, hasil warnanya juga lebih merata. Hanya saja, bahan sablon ini lebih baik jika digunakan pada bahan kaos berwarna putih.

Jenis berikutnya adalah sablon foam. Dengan sablon ini efeknya lebih nyata, lebih timbul jika diraba. Bahan ini dibuat dari bahan dasar karet sehingga terasa lebih elastis. Bisa juga dicampur dengan rubber, plastisol untuk menghasilkan sablon kaos yang lebih kuat.

Selain itu masih ada lagi yaitu sablon plastisol. Jenis ini biasanya khusus dibuat bila ingin memberikan efek dot atau titik kecil. Banyak orang menyebutnya raster sebagai detail desain. 

Bahan plastisol merupakan cat atau tinta dari bahan dasar oil based atau minyak. Bahan ini terbukti mampu bertahan lebih lama, lebih awet, tidak mudah tergores. Tak heran jika sablon kaos yang ini harganya agak lebih mahal. 

Selain itu masih ada hal lain yang patut kalian perhatikan ketika memilih sablon kaos.

Demikianlah sobat, semoga artikel Tips Memilih Sablon Kaos yang Bagus dan Awet ini bermanfaat. ***

0 Response to "Tips Memilih Sablon Kaos yang Bagus dan Awet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel