Cari Batik Keris Solo? Ke Nonongan Saja

batik-keris-solo-12921-3

Batik Keris Solo adalah salah satu brand batik yang sangat terkenal di Indonesia. Ia kerap menjadi oleh oleh dan karenanya menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia.

Kali ini kita akan mengupas tentang tempat belanja Batik Keris Solo yang juga sangat terkenal. Namanya Batik Keris Nonongan Solo.

Semoga informasi mengenai gerai pusat penjualan batik ini berguna ya buat sobat semua. Kan sebentar lagi, tepatnya 2 Oktober nanti kita merayakan Hari Batik Nasional? Kalian harus tampil kece, dong.

Asal tahu saja ya, pusat Batik Keris Solo ini sebenarnya sudah berdiri lama banget. Ia dibangun pada tahun 1920 dan sampai sekarang tetap menjadi rujukan batik berkualitas.

Berbeda dengan Pusat Grosir Solo

batik-keris-solo-12921-2

Kalian juga mengenal Pusat Grosir Solo atau disingkat PGS, bukan? Nah antara kedua tempat ini, maksudnya 

Batik Keris Nonongan Solo dan Pusat Grosir Solo sangat berbeda.

Kalau di Pusat Grosir Solo kalian bisa menemukan aneka merek batik dengan harga murah. Kalian juga membelinya dalam partai besar sebagai grosir.

Selanjutnya kalian akan membawanya ke daerah dan menjualnya kembali. 

Sementara Batik Keris Nonongan Solo tidaklah demikian. Di sini hanya menjual batik keris dengan harga yang ekslusif.

Meski demikian, karena memang kualitasnya bagus gerai ini mendapatkan tempat di hati masyarakat.

Dan patut disyukuri, Batik Keris juga sudah mendunia lho sobat semua. Nggak salah jika kita harus bangga dan terus melestarikan batik ini. Setidaknya dengan perasaan bangga mengenakannya.

Sejarah Batik Keris Solo

batik-keris-solo-12921-6

Toko batik Keris Solo yang didirikan pada tahun 1920 dibangun oleh Kwe Tiong Djing. Ia mengawalinya dengan sebuah gerai batik khusus produksi tulis dalam jumlah yang sangat terbatas.

Butuh hampir 27 tahun kemudian untuk menemukan nama tokonya. Pada tahun 1947 putra Kwe Tiong Djing yang bernama Kasom Tjokrosaputro memberinya nama gerai Batik Keris Nonongan Solo.

Keluarga ini memang punya bakat bisnis. Ayah Kasom juga punya usaha sendiri. 

Perkembangan Batik Keris Solo yang ada di gerai Kasom semakin maju pada tahun 70-an. Bahkan permintaannya terlalu tinggi sehingga dibangunlah PT. Batik Keris Sukoharjo. Karyawan perushaan ini mencapai ribuan lho sobat.

Asal Nama Nonongan

Mengapa Kasom memberi nama gerinya Batik Keris Nonongan Solo, karena masih ada hubungannya dengan nama jalan di mana gerai itu berada.

ALamatnya ialah di Jalan Komodor Yos Sudarso nomor 62, Kemlayan, Serengan, Surakarta City, Central Java 57122. Lha mana Nonongannya? Ternyata Jalan Yos Sudarso juga dikenal dengan sebutan Nonongan.

Rute dan Transportasi ke Batik Keris Nonongan Solo

Bagi kalian yang baru pertama ke Solo, berikut adalah rute dan cara mencapai pusat batik keris Solo ini. Rutenya sangat mudah.

Jika kalian mengendarai kendaraan pribadi, baik motor atau mobil, cukup pacu ke arah Jalan Slamet Riyadi. Ikuti saja sehingga melewati Mc Donald yang ada di tepi jalan sebelah kiri. Maju sedikit maka akan menjumpai perempatan lampu merah Nonongan. 

Selanjutnya belok ke kanan lalu kalian akan melihat Toko Batik Keris Nonongan Solo.

Bagaimana jika kalian tidak membawa motor atau mobil sendiri? Jangan khawatir, ada bus Trans Solo (BTS) yang secara rutin akan datang ke tempat ini.

Kalian juga nggak perlu menunggu terlalu lama karena jarak antar kedatangan dan keberangkatan Bus Trans Solo hanya 10 menit.

Gerainya Tersebar

httpswww.adhiantirina.com

Kalau kalian tinggal di sejumlah kota besar, mungkin nggak perlu ke Nonongan untuk mendapatkan batik keris Solo. Sebab pemiliknya sudah membangun gerai di sejumlah kota.

Hingga sekarang, Batik Keris Solo sudah memiliki seratus lebih gerai. Gerai-gerai tersebut tidak semuanya di dalam negeri lho sobat.

Batik Keris Solo juga dibangun di beberapa negara di luar negeri. Dengan demikian kalau para bule yang mencintai batik mencarinya nggak usah jauh-jauh ke Indonesia.

Cabang Batik Keris di Indonesia diantaranya ada di Surabaya tepatnya di Mall Pakuwon, ada pula di Semarang, Jakarta dan masih banyak yang lainnya.

Motif Batik Keris Solo

batik-keris-solo-12921-5

Batik Keris Solo memiliki banyak motif, diantaranya Sekar Jagad, Parang Rusak, Truntum, Parang Barong, Sidomukti, Parang Klitik, Parang Siobong yang mengandung makna berbeda beda.

Beberapa makna yang ada dalam motif batik keris diantaranya ketelitian, keteguhan, dan ketabahan dalam sebuah tugas.

Dengan demikian kalian bisa memilih kira-kira motif apa yang sesuai dengan pekerjaan atau kepribadian kalian. 

Harga Batik Keris Solo

Kita bicarakan harga di Batik Keris Nonongan Solo ya sobat. Di awal sudah disinggung jika tempat ini adalah pusat batik dengan harga yang ekslusif.

Karenanya koleksi batik keris di sini dijual dengan harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Harganya memang bervariasi mengingat banyak motif yang dihasilkan.

Saya coba cek di Google dengan mengetikkan kata kuncinya, do Google Maps tempat ini sudah mendapatkan sebanyak 677 ulasan. Dengan mendapatkan 4,5 bintang. Ini merupakan tempat yang recommended.

Nah, bagaimana sobat? Siap untuk berbelanja Batik Keris Solo dan datang ke Solo sambil berwisata? ***

0 Response to "Cari Batik Keris Solo? Ke Nonongan Saja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel