Beda Khimar dan Jilbab? Jangan Salah Arti Ya!

beda-khimar-dan-jilbab
Sumber foto ; pixabay

Pasti diantara sobat batik semua masih banyak yang mengetahui apa beda khimar dan jilbab? Padahal kedua bentuk penutup kepala itu juga sama-sama digunakan oleh para muslimah.

Tidak bisa dipungkiri, penggunaan hijab dan jilbab di Indonesia sangat umum digunakan. Fenomena ini mulai dirasakan sejak mendekati akhir 90-an.

Kedua nama ini digunakan untuk merujuk pada kain penutup kepala wanita muslimah. Meski sejatinya banyak model dan jenis penutup kepala, namun kebanyakan masyarakat umum akan tetap menyebutnya sebagai hijab atau jilbab.

Perintah Menutup Aurat Wanita

Dalam Al Quran surat An Nur ayat 31 disebutkan perintah menutup aurat:

وَقُلْ لِّلْمُؤْمِنٰتِ يَغْضُضْنَ مِنْ اَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوْجَهُنَّ وَلَا يُبْدِيْنَ زِيْنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوْبِهِنَّۖ وَلَا يُبْدِيْنَ زِيْنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوْلَتِهِنَّ اَوْ اٰبَاۤىِٕهِنَّ اَوْ اٰبَاۤءِ بُعُوْلَتِهِنَّ اَوْ اَبْنَاۤىِٕهِنَّ اَوْ اَبْنَاۤءِ بُعُوْلَتِهِنَّ اَوْ اِخْوَانِهِنَّ اَوْ بَنِيْٓ اِخْوَانِهِنَّ اَوْ بَنِيْٓ اَخَوٰتِهِنَّ اَوْ نِسَاۤىِٕهِنَّ اَوْ مَا مَلَكَتْ اَيْمَانُهُنَّ اَوِ التَّابِعِيْنَ غَيْرِ اُولِى الْاِرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفْلِ الَّذِيْنَ لَمْ يَظْهَرُوْا عَلٰى عَوْرٰتِ النِّسَاۤءِ ۖوَلَا يَضْرِبْنَ بِاَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِيْنَ مِنْ زِيْنَتِهِنَّۗ وَتُوْبُوْٓا اِلَى اللّٰهِ جَمِيْعًا اَيُّهَ الْمُؤْمِنُوْنَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ - ٣١

Artinya: Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. 

Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. 

Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

Lalu ada Isnawati dalam bukunya Aurat Muslimah menuliskan, di antara tujuan utama wanita menutup auratnya adalah agar mereka mudah dikenali dan terhindar dari hal-hal yang tidak baik atau mencelakai dirinya sendiri. Hal ini sebagaimana telah Allah jelaskan di dalam Alquran Surah Al-Ahzab ayat 59.

Artinya: Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin. Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Selain itu masih banyak dasar bagi muslimah untuk menutup aurat.

Beda Khimar dan Jilbab

Tak semua orang paham dengan perbedaan hijab, jilbab, khimar dan kerudung. Semuanya memang memiliki definisi yang sama sebagai penutup kepala dan aurat wanita. Namun sebenarnya, empat istilah ini  memiliki arti yang berbeda-bda.

Hijab artinya adalah penghalang atau penutup. Dalam Al Quran, dalam konteks ini, hijab berarti penutup secara umum baik tirai pembatas, kelambu ataupun tabir yang membuat seorang muslimah tertutupi dari pandangan laki-laki yang bukan mahramnya.

Dalam konteks lebih luas, sebagian ulama menggunakan istilah hijab untuk menyebut pakaian yang dipakai oleh muslimah untuk menutup aurat. Namun pada era modern, di beberapa negara termasuk Indonesia, banyak orang menggunakan kata hijab tetapi yang dimaksudkan adalah khimar.

Yuk sekarang kita membahas perbedaan antara khimar dan jilbab biar kita semua nggak gagal paham.

Khimar

Khimar, atau dalam Al-Qur’an disebut dengan istilah khumur, adalah kain yang menutupi kepala, leher dan menjulur hingga menutupi dada wanita dari belakang maupun dari depan (termasuk menutupi tulang selangka). Khimar harus menjulur lurus kebawah dari kepala hingga seluruh dada tertutupi.

Merupakan istilah ketiga setelah hijab dan jilbab untuk menyebut penutup kepala Muslimah. Secara historis, khimar mengacu pada setiap gaya berpakaian yang mempromosikan kesopanan, menutup aurat wanita, dan melindunginya dari tatapan pria bukan muhrim. Di beberapa negara, istilah ini digunakan untuk menyebut semua jenis penutup kepala yang panjang dan longgar.

Jilbab

Jilbab adalah gamis longgar yang dijulurkan ke seluruh badan hingga mendekati tanah sehingga tidak membentuk lekuk tubuh seperti tertuang dalam perintah Allah dalam Al-Quran surat Al-Ahzab ayat 59: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka…”.

Jilbab juga biasanya menutupi seluruh tubuh kecuali tangan, kaki, dan wajah.

Istilah yang disebut dalam Al-Qur'an, umumnya mengacu pada pakaian pelindung, bukan pakaian tertentu. Di Indonesia, jilbab mengacu pada kerudung dan gaya berpakaian head-to-toe. Beda dengan Afrika Utara dan Semenanjung Arab, New York Times menyebut jilbab di Indonesia sangat fashionable.

Nah sekarang kalian sudah paham bukan perbedaan khimar dan jilbab? Semoga bermanfaat. ***

0 Response to "Beda Khimar dan Jilbab? Jangan Salah Arti Ya!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel