Motif Batik Kajang Padati karya Emi Arlin, Terinspirasi Rumah Adat Padang

arc - Bertambah lagi koleksi atau keragaman motif batik di Indonesia. Kini kalian bisa melihat ada motif batik bergambar Rumah Padang yang disebut Rumah Gadang Kajang Padati karya perancang busana Emi Arlin.

Dilansir dari liputan6.com, Karya indah ini ditampilkan dalam acara Bincang Kreatif Harapan Baru Ekonomi Kreatif pada bulan Juni lalu.

Foto - Wikipedia Bahasa Indonesia
Rupanya, keindahan arsitektur dan seni Rumah Gadang yang ada di Sumatera Barat, khususnya Kota Padang memberikan inspirasi bagi Emi Arlin.

Ia lantas menuangkan idenya itu ke kertas lalu berakhir di kain batik. Bahkan menurut Emi Arlin, ada banyak unsur budaya di Sumbar yang bisa dikembangkan menjadi hasil karya bidang fashion.

Emi memang sengaja memilih Rumah Gadang karena merupakan simbol dan satu dari keberagaman budaya Minangkabau. Selain itu ia juga ingin menciptakan suatu hasil karya di bidang fashion yang dapat menjadi ciri khas Ranah Minang.

Selain membuat kebanggan juga bisa dipakai warga Padang di perantauan untuk sekadar pelepas rindu bagi kampung halamannya.

Motif batik Rumah Padang ini sudah dipatenkan oleh Emi Arlin. Tak hanya motif dengan bentuk Rumah Gadang, sang perancang juga memasukannya dengan ornamen lain yang menambah keindahan.

"Dipadukan misalnya dengan motif saik galamai maupun taluak paku," jelasnya.

Seiring perkembangan zaman, Emi sudah memodifikasi hasil karyanya sehingga memiliki kesan lebih moderen dan fashionable.

Tujuannya agar pemakainya bisa mengenakannya ke berbagai acara yang sifatnya non formal atau nggak terlalu resmi.

Dan bukan hanya batik lho sobat, motif Kajang Padati juga dituangkan dalam bentuk tenun maupun sulaman. Hmm... bangga sekali bukan dengan keragaman batik Indonesia? ***

Baca artikel aslinya

0 Response to "Motif Batik Kajang Padati karya Emi Arlin, Terinspirasi Rumah Adat Padang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel