Sejarah Sepatu Kulit, Awalnya Setinggi Paha

sejarah-sepatu-kulit-1

Kalau ditanya siapa diantara sobat batik yang memiliki sepatu kulit, pasti banyak yang angkat jari. Tetapi kalau ditanya apakah kalian juga memahami seperti apa sejarah sepatu kulit, mungkin banyak yang menggeleng.

Sebenarnya nggak ada hubungannya sih antara memiliki sepatu kulit dengan mengetahui sejarahnya. Namun juga nggak salahnya jika kalian tahu persis seperti apa sejarah sepatu kulit.

Kalian ada yang menebak? Sepatu kulit pertama dibuat dari kulit binatang apa? Apakah kulit kerbau, kulit bebek, kulit bison, kulit gajah atau kulit dinosaurus.

Berdasarkan catatan sejarah, sepatu kulit yang dibuat pertama kali tidaklah seperti yang kalian miliki sekarang. Apalagi modelnya, nggak bisa milih. 

Berarti enak dong zaman sekarang? Benar, makanya kalian harus tahu sejarahnya biar semakin mencintai apa yang kalian miliki. Termasuk sepatu kulit.

Sejarah Sepatu Kulit

Sepatu kulit pertama kali ditemukan pada sekitar 3.000 tahun sebelum masehi. Para arkeolog menemukan jejak pemakai sepatu kulit di daerah yang bernama Mesopotamia.

Padahal banyak yang menyangka sepatu kulit ditemukan pada tahun 1800-an. Ternyata jauh sebelumnya manusia sudah mampu menciptakan alas kaki yang terbuat dari kulit binatang.

Sejarah sepatu kulit mencatat, kulit binatang yang digunakan oleh nenek moyang manusia adalah sapi. 

Karena zaman itu peradaban masih sangat kuno, maka tujuan dibuatnya sepatu kulit ialah sebagai alat perlindungan dari bebatuan.

Dengan mengenakan sepatu kulit sapi, bangsa Mesopotamia ingin melindungi telapak kaki mereka dari duri dan sebagainya.

Nah, tinggi sepatu kulit zaman itu ternyata setinggi paha. Kalau hanya menggunakan kulit sapi, tanpa penyamakan dan sebagainya tentu tidak nyaman saat dikenakan.

Para manusia purba pun memasukkan jerami ke dalam sela sepau dengan kulit. Jerami itu memberikan rasa hangat saat malam hari dan membuat pemakainya merasa lebih nyaman.

Kemajuan zaman akhirnya mengubah pandangan manusia bahwa sepatu kulit bisa difungsikan bukan hanya pelindung kaki. Namun juga perlengkapan perang yang dipakai para tentara.

Hingga akhirnya pada tahun 1600-an atau sekitar abad ke-17, barulah sepatu kulit dirancang dengan tujuan fashion. Negara-negara di Eropa seperti Inggris, Prancis, Italia, dan Amerika adalah Negara-negara yang pertama kali merintis sepatu kulit untuk dijadikan trend fashion. 

Mereka mendesain sepatu-sepatu berbahan kulit sedemikian rupa hingga saat ini.

Begitulah sejarah sepatu kulit di dunia, termasuk yang kalian simpan di rak itu. Semoga bermanfaat. ***


0 Response to "Sejarah Sepatu Kulit, Awalnya Setinggi Paha"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel