Tips Packing Baju di Koper Metode KonMari

Berkemas atau packing merupakan salah satu hal terpenting apabila kita akan bepergian ke luar kota ataupun luar negeri. Supaya perjalanan ataupun liburan berjalan lancar sesuai yang direncanakan, segala keperluan harus dibawa lengkap dan tentunya sesuai kebutuhan ya. Menata barang di koper bisa menjadi urusan yang memusingkan, terutama apabila jumlah barang yang akan dibawa melebihi kapasitas daya tampung koper. Tak perlu pusing dulu, berikut ini tips ala Marie Kondo dengan metode yang dikenal dengan KonMari yang mungkin bisa berguna yaa..

Pilihlah Pakaian Yang Benar-Benar Diperlukan

Nggak hanya daftar rencana liburan yang harus dicatat, daftar pakaian yang akan dibawa juga harus tercatat di note. Sesuaikanlah outfit yang akan kamu kenakan dengan kegiatan yang akan kamu lakukan selama liburan. Cara ini akan memudahkan kamu untuk menentukan pakaian yang akan dibawa, sekaligus juga menghindari membawa terlalu banyak pakaian.

Pilihlah pakaian yang benar  benar diperlukan sesuai kebutuhan sesuai dengan tujuan traveling. Jangan sampai kamu memindahkan isi lemari ke koper ya.Hanya yang benar-benar penting yang akan dibawa.
                                                                   
Semakin kamu terbiasa bepergian dengan sedikit barang, maka kamu akan semakin tahu barang-barang apa saja yang sebenarnya kamu butuhkan selama liburan. Jadi, selama liburan nanti, kamu tak perlu pusing lagi memadu-madankan outfit, karena kamu telah membawa pakaian yang sudah kamu tentukan sebelumnya.

Siapkan Koper

Langkah kedua adalah menyiapkan koper. Periksa koper yang akan dibawa, apabila masih ada benda-benda yang tertinggal atau koper dalam keadaan kotor, harus dibersihkan dulu.
Kamu juga bisa memilih koper favorit kamu, supaya kegiatan menata baju jadi semakin menyenangkan. Kalo kamu merasa bosan dengan koper lamamu, maka inilah saatnya untuk membeli koper baru sesuai dengan warna dan desain yang kamu suka. Namun, jika kamu merasa tak masalah dengan koper lamamu, maka gunakanlah koper tesebut. Meski terlihat sepele, namun hal ini dapat berdampak pada kegiatan packing-mu, lho.

Lipat Baju Berlengan Pendek

Langkah selanjutnya adalah mengatur isi koper. Ada trik tersendiri untuk melipat pakaian supaya bisa menghemat ruangan koper.
Melipat yang asal-asalan hanya akan menghabiskan banyak ruang. Untuk pakaian berlengan pendek, berikut caa melipatnya :
  • Buka pakaian yang sudah disetrika menghadap ke kamu.
  • Lipat bagian kanan pakaian ke depan sampai ke garis tengah.
  • Lipat ke dalam bagian lengan.
  • Lakukan lagi untuk sisi kiri pakaian.
  • Lipat bagian bawah pakaian ke arah leher sampai setengah panjang baju.
  • Lipat lagi ke bagian tengah, dan sisakan pada bagian atas.
  • Setelah itu bisa disusun dengan cara berdiri.


 Cara Melipat Baju Lengan Panjang

Pakaian lengan panjang juga ada metode cara melipaUntuk pakaian dengan lengan panjang juga bisa kamu lipat dengan motode yang tepat. KonMari mengajarkan sebagai berikut:
  • Posisikan pakaian menghadap ke depan kamu, tepat dari bagian depan.
  • Lipat bagian kanan pakaian beserta lengan secara horizontal.
  • Lipat lagi bagian lengan secara vertikal dan lurus. Bagian atas biasanya membentuk segitiga yang rapi.
  • Ulangi langkah ini untuk sisi kiri pakaian.
  • Lipat ke bagian tengah dekat dengan leher dan lakukan lagi sampai baju bisa berdiri saat masuk koper.

 

Cara Melipat Celana Panjang

KonMari juga mengajarkan bagaimana cara melipat celana panjang supaya tidak menghabiskan ruang di koper
  • Posisikan celana panjang menghadap kamu pada bagian depan.
  • Lipat bagian celana panjang dari kanan ke kiri atau sebaliknya.
  • Pastikan bagian selangkangan pakaian membentuk segitiga.
  • Lipat lagi pada bagian ujung kaki sampai ke bagian pinggang dan sisakan pada bagian atas celana.
  • Lipat lagi menjadi lebih pendek sehingga bisa berdiri di dalam koper.

 

Lipat Celana Pendek

Letakkan celana pendek menghadap kamu, seperti melipat celana panjang. Selanjutnya lipat ke sisi dalam sampai membentuk satu bagian. Lipat lagi ke arah pinggang sehingga bentuknya bisa tegak saat masuk koper. Cara ini juga bisa diterapkan untuk celana pendek dari bahan jeans.

Simpan Benda Kecil di Tas Tersendiri

Pada saat bepergian tentunya juga perlu beberapa barang printilan yang kecil tapi sangat diperlukan. Simpan berbagai barang printilan dalam tas sendiri supaya kamu nggak kesulitan mencari di dalam koper. Letakkan tas tersebut di sisi koper yang mudah dijangkau. Jangan mencampur dengan pakaian karena pasti akan membuat susunan pakaian tidak rapi saat dibongkar.

Susun Pakaian Berdasarkan Jenisnya

Setelah semua yang akan dimaukkan ke koper siap, susunlah pakaia sesuai dengan jenisnya. Celana pendek harus dengan celana pendek, dan susun sesuai dengan keperluan kamu. Jika perlu, susun pakaian berdasarkan rencana hari selama berlibur. Hal ini akan memudahkan saat mengambil pakaian kamu.

Menyusun Pakaian Dalam

Lipat celana dalam dan bra dalam bentuk yang lebih kecil kemudian masukkan dalam tas khusus. Jika kamu membawa pakaian yang lembut dan tipis sebaiknya tempatkan dalam tas kecil khusus. Cara seperti ini akan membuat koper tetap rapi dan tidak berantakan.

Manajemen Koper

Menjaga kerapian koper pada saat bepergian sangatlah penting. Kebiasaan ini harus dilakukan saat akan pergi dan saat akan kembali. Dengan melakukan manajemen koper, kamu bisa menghemat waktu saat bepergian atau setelah sampai rumah.
Berikut ini beberapa tips untuk manajemen koper :
  • Masukkan pakaian dalam plastik transparan. Kamu bisa menyusun pakaian dalam plastik transparan sesuai dengan jenis pakaian, misalnya untuk celana pendek, kemeja, baju dalam dan jenis lainnya.
  • Jangan mengisi koper sampai penuh. Banyak orang salah ketika menyusun pakaian dalam koper karena memenuhi isi koper. Yang paling tepat adalah hanya mengisi setengah bagian koper. Hal ini bisa membuat koper dan pakaian di dalamnya tetap tersusun rapi.
  • Memisahkan pakaian kotor dan bersih. Untuk menjaga kerapian koper ada baiknya pisahkan antara pakaian bersih dan kotor. Pakaian yang tidak digunakan tetap disimpan dalam plastik transparan, sedangkan pakaian yang kotor harus dipisah sesuai dengan jenisnya.
  • Cuci dan bersihkan pakaian yang terlalu kotor. Misalnya kamu pergi ke pantai, pastinya sulit untuk menjaga pakaian tetap bersih. Sebaiknya pakaian yang terkena pasir dibersihkan dengan membasahi pakaian. Kemudian peras dan bersihkan dulu, baru dimasukkan dalam plastik tersendiri.
Itulah berbagai tips dan cara packing baju di koper yang diajarkan oleh KonMari. Tak hanya menghemat ruang dalam koper, kamu bisa pulang dengan kondisi tetap rapi. Yeayy***



1 Response to "Tips Packing Baju di Koper Metode KonMari"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel