Batik Buketan Berasal dari Bahasa Perancis

Bagi pecinta batik, tentunya tidak asing dengan istilah batik buketan. Batik  buketan merupakan batik yang diproduksi dari Pekalongan. Seperti yang kita tahu,  Pekalongan merupakan kota penghasil batik dan tentunya memiliki banyak motif  batik. Buketan adalah salah satu motif yang menjadi favorit. Apa yang  membuat motif ini menjadi banyak disukai? Yuk kita ulas disini yaa.

Arti Kata Buketan

Buketan berasal dari bahasa Perancis yaitu bouquet yang artinya rangkaian  bunga. Karena orang Indonesia susah melafalkan dalam bahasa aslinya, maka  akhirnya kata bouquet menjadi buketan, lebih gampang diucapkan oleh lidah orang Jawa pada umumnya,

Foto : Instagram yen.aria_semar

Sejarah Batik Buketan

Motif buketan ternyata sudah ada sejak sekitar tahun 1840.
Adalah seorang wanita Belanda yang bernama Catherina Carolina Van Oosterom  dan Caroline Josephine Van Franquemont, sebagai pelopor yang menerapkan berbagai  jenis hias buketan ini.
Pada awalnya motif batik buketan tidak berbentuk rangkaian bunga yang sering  dilihat pada motif buketan sekarang. Seiring perkembangan jaman, motif  buketan juga semakin berkembang. Terciptalah ornamen buket bunga yang  cantik dengan warna-warna cerah sesuai selera orang Eropa.

Foto : Instagram kamil_batik_antique

Pola Batik Buketan

Pola batik buketan yang sekarang banyak dipakai adalah hasil dari pembatik keturunan Belanda yang tinggal di Pekalongan yang bernama Cristina van  Zuylen dan Lies van Zuylen. Supaya bisa dibedakan dengan pengrajin batik lainnya, Cristina Van Zuylen menuliskan namanya di setiap sudut bagian kain yang berbentuk tanda tangan T.Van Zuylen. Batik buketan yang sangat terkenal  berasal dari karya Cristina Van Zuylen dan juga Lies Van Zuylen.
Batik buketan juga menarik perhatian para pengusaha Tionghoa karena ternyata motifnya  sangat diminati pasar. Hal ini membuat batik buketan pada akhirnya  dimodifikasi dengan kebudayaan Tiongkok. Terlihat dari adanya motif burung  hong di dalam design batik buketan ini, Salah satu pengusaha batik buketan  dari Pekalongan yang merupakan keturunan Tionghoa adalah Oey Soe Tjoen.

Foto : Instagram pekatan_batik

Batik buketan mudah dikenali dari motifnya yang berupa rangkaian bunga yang  biasanya dikombinasikan dengan kupu-kupu, burung bangau, burung hong, atau  tumbuhan yang bersulur. Semuanya dirangkai menjadi satu motif yang  menghasilkan karya cantik dan tentu saja dengan warna yang cerah.
Batik buketan juga dipadukan dengan latar yang menggunakan ragam hias dari  tradisional keraton seperti gringsing, galaran, dan blenggreng. Setelah  adanya bahan kimia yang masuk ke daerah Jawa, batik buketan semakin  mempunyai ragam warna sehingga terlihat lebih indah.

Semoga artikel ini bisa menambah informasi mengenai bermacam-macam batik  yang ada di Indonesia ya***


0 Response to " Batik Buketan Berasal dari Bahasa Perancis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel