Kain Perca Batik Bisa Jadi Sepatu dan Tas Cantik

Kain perca batik apabila berada di tangan yang kreatif pastinya akan menjadi  sesuatu yang luar biasa. Bisa menjadi barang bernilai ekonomis dan indah  dipandang mata. Dibutuhkan ketekunan, kesabaran, dan ide untuk mengolah  bahan yang satu ini.

Merupakan Kain Sisa Produksi Pola

Kain perca batik merupakan sisa produksi dari kain batik utuh dari pembuatan  suatu pola. Sisa-sisa potongan pola yang tidak terpakai inilah yang  dinamakan kain perca. Disebut kain perca batik karena memang bahan percanya  dari batik.
Pemanfaatan kain perca berkembang dengan semakin munculnya kreatifitas yang  bertujuan untuk meminimalisir limbah kain. 


Dulu kain perca batik tidak ada harganya, karena dikategorikan sebagai  sampah. Kalau pun dibuang, orang tidak akan ada yang mau mengambilnya. Sekarang berbalik 180 derajad, tidak ada lagi yang gratis, kain perca batik diperjualbelikan. Tapi kadang ada juga pengrajin yang memberikan secara gratis bagi yang mau.


Pemanfaatan Kain Perca Batik

Kain perca batik yang masih bisa dipergunakan lebar dan panjangnya harus sekitar 10cm an ya, jadi jangan terlalu kecil sekali karena akan rumit. Banyak kreasi yang dihasilkan dari kain perca batik ini, antara lain tas, sepatu, selimut, kalung, hiasan dinding, baju, bunga, home decor, dan masih banyak lagi.
Diperlukan kreatifitas untuk bisa menyatukan potongan-potongan kain perca batik menjadi suatu karya yang cantik. Untuk itu tidak hanya asal sembarang menjahit kain perca batik, tapi bisa dipilah yang sekiranya motifnya bagus dan serasi untuk dikombinasikan. Bisa juga menggabungkannya dengan bahan lain misalnya kain denim, kain polos atau bisa juga suede sintetis yang tentunya akan memberikan nilai tambah dan akan berefek pada harga barang.
Kerajinan kain perca batik ini sudah menembus pasar internasional lho, jadi usaha ini patut diperhitungan. Selain sebagai upaya untuk memberdayakan limbah kain, usaha ini juga bisa membuka lapangan pekerjaan baru***

0 Response to " Kain Perca Batik Bisa Jadi Sepatu dan Tas Cantik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel