Cara Merawat Bahan Rayon yang Wajib Kalian Ketahui

Cara merawat bahan rayon berbeda dengan perawatan kain pada umumnya. Hal ini disebabkan rayon memiliki karakteristik unik sehingga perlakuannya tak bisa disamaratakan.

Bahan rayon merupakan salah satu jenis kain yang populer di industri tekstil. Oleh karena itu banyak orang yang memilikinya untuk pakaian mereka. Tentu sangat penting mengetahui cara merawat bahan rayon.

Bisa dikatakan, popularitas bahan satu ini memang dapat dikatakan tidak kalah bila dibandingkan dengan katun.

Karakteristik rayon adalah tipis dan cenderung rapuh. Dengan memahami sifat kainnya, maka diperlukan perawatan yang tidak sembarangan.

Secara umum ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat merawat, khususnya mencucinya. Artikel ini membahas bagaimana mencuci rayon yang benar. Meski pada beberapa bagian menyinggung bagian atau tahapan lainnya.

Perawatan tentu ada beberapa ragam, pencucian, penyeterikaan, pelipatan atau penyimpanan.

Foto : framepool.com

Cara Merawat Bahan Rayon

Bacalah kalimat demi kalimat dengan seksama agar kalian memahami secara utuh. Jangan dibaca sekilas agar tidak menimbulkan kesalahan saat mempraktikkannya.

1. Mencuci Pakaian Rayon dengan Tangan

Kalau kalian termasuk orang yang paling malas mencuci, sebaiknya pertimbangkan untuk membeli pakaian bahan rayon. Mencuci pakai mesin cuci saja malas, apalagi kalau harus mencuci tangan.

2. Jangan Terlalu Lama Merendam

Merendam akan membantu kalian mempermudah menghilangkan kotoran pada kain. Karena sebelumnya sudah dibasahi, sehingga kotoran lebih cepat lepas dari serat kain.

Khusus untuk bahan rayon, merendamnya cukup 20 menitan. Jangan merendamnya lalu kalian tinggal pergi nonton bioskop.

3. Tak Perlu Menggunakan Sikat

Seperti sudah disinggung pada nomor 1 di atas, saat mencucinya hindari menggunakan sikat. Meskipun itu sikatnya halus menurut kalian.

Penggunaan sikat akan membuat serat kaon rayon lama-lama rusak.

4. Hindari Pemakaian Produk Pemutih

Sebisa mungkin jika mencuci bahan rayon jangan pernah menggunakan produk pemutih. Zat kimia yang terkandung dalam produk pemutih akan merusak jaringan kain.

5. Jangan Menggunakan Pengering Mesin Cuci

Pasti sudah menjadi sebuah kelaziman, begitu selesai mencuci pada mesin cuci langsung pindah ke tabung pengering.

Cara tersebut tidak dapat kalian gunakan saat menangani bahan rayon. Mencucinya saja harus menggunakan tangan dengan dikucek pelan.

Tentu saja penyelesaiannya ya langsung dijemur. Jangan masukkan tabung pengering pada mesin cuci hanya karena alasan biar cepat kering.

6. Seterika pada Temperatur Rendah

Aturlah panas seterika kalian agar tidak terlalu panas. Justru pada temperatur rendah hasilnya akan lebih baik saat kalian menerapkan cara merawat bahan rayon.

Foto : molto.co.id

Merawat Bahan Pakaian Rayon Spandex

Rayon ada berbagai jenis, salah satu yang sangan populer ialah spandex. Kalian kini bisa dengan mudah mendapatkannya. Yang berjualan cukup banyak, kalian tinggal memilih.

Perawatan bahan untuk pakaian dari rayon spandex tentunya memiliki perbedaan dengan bahan lainnya.

Secara garis besar nggak beda dengan bahan rayon pada umumnya. Berikut cara merawat pakaian rayon spandex:

1. Pisahkan Baju Warna dan Polos

Jangan lupa untuk memisahkan yang mana berwarna dan polos. Jangan asal dicampuradukkan karena terburu-buru.

2. Perendaman Maksimal 20 Menit

Jika kalian terlalu lama merendamnya, zat yang ada pada deterjen akan merusak pori-pori bahan rayon. Kalau terbiasa melakukannya masa daya tahannya akan jauh berkurang.

3. Gunakan Air Bersuhu di Bawah 60 Derajat Celcius

Bahkan bagi mereka yang benar-benar ingin merawat bahan rayonnya, maka air yang digunakan pun disiapkan terlebih dahulu.

Yakni air yang suhunya tak melebihi 60 derajat celcius. Di bawah suhu tersebut serat bahan rayon masih mampu menghadapinya.

4. Mencuci Sebaiknya dengan Tangan

Bagian ini sama dengan penjelasan bahan rayon lainnya.

5. Jemur dengan Cara Digantung

Istilah lainnya ialah jangan gunakan mesin pengering pada mesin cuci.

Sementara untuk penyimpanan di almari bisa dilipat atau digantung. Untuk model baju agak rumit sebaiknya digantung saja agar tidak kusut.

Baju jika dirawat dengan baik akan tetap awet, sehingga bisa disimpan dalam waktu yang lama. Saat model baju kalian booming lagi, maka tidak perlu membeli baju baru.

Demikian artikel Cara Merawat Bahan Rayon yang Wajib Kalian Ketahui, semoga bermanfaat. ***

0 Response to "Cara Merawat Bahan Rayon yang Wajib Kalian Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel