Tips Perawatan Tas Kulit Sapi

Artikel ini merupakan pelengkap dari artikel sebelumnya mengenai kulit sapi. Setelah membahas mengenai jenis kulit sapi sebagai bahan produk fashion, kali ini akan mengupas mengenai cara  perawatannya. Dengan perawatan yang tepat, tentunya koleksi produk yang  berbahan kulit akan menjadi lebih awet.
Meskipun artikel akan lebih fokus untuk perawatan tas kulit sapi, namun bisa juga  diaplikasikan untuk produk lain seperti dompet, sepatu, clutch asal jenis  kulit sapinya sama ya.

Foto : buffalojackson.com

Perlengkapan Perawatan Tas Kulit Sapi

Sebelum melakukan perawatan tas kulit, kamu harus menyiapkan perlengkapannya. Ada bermacam-macam, disesuaikan saja dengan kebutuhan dan jenis  kulitnya.
Berikut adalah perlengkapan yang harus disediakan untuk perawatan tas kulit  sapi :

1. Olive Oil
Untuk jenisnya bisa menggunakan EVOO (Extra Virgin Olive Oil) ataupun minyak  zaitun yang biasa dan jangan yang mengandung parfum. Fungsinya adalah  membuat tas lebih lentur. Untuk jenis kulit pull up, olive oil akan relatif  lebih menggelapkan. Bisa membuat tas berbahan kulit pull up yang kaku  menjadi lebih lemas dan lentur.
Olive oil juga bisa mencegah zipper tas berkarat, cukup dioleskan dan zipper  pun berkilau.

2. Mink Oil
Fungsinya kurang lebih sama dengan olive oil, yaitu melenturkan dan juga  relatif membuat kulit pull up menjadi lebih gelap. Hanya saja mink oil  mengandung wax sehingga apabila terkena air tidak gampang merembes.

3. Hand Bag Cream
Berfungsi untuk melembabkan tas kulit, memberikan efek shinny (mengkilat),  dan juga membersihkan debu. Dipakai untuk jenis kulit pull up.

4. Leather Lotion
Mempunyai fungsi untuk membersihkan, melembutkan, dan juga melindungi kulit  dari jamur. Bisa digunakan untuk jenis kulit krom maupun pull up

5. Smart Leather
Kegunaannya hampir sama dengan leather lotion. Mempunyai bau wangi yang  sesuai dengan bau tas kulit sapi. Smart leather tidak merubah kulit menjadi  lebih gelap. Pada saat dioleskan warna kulit akan menjadi gelap basah,  setelahnya akan kembali seperti semula

6. Suede Lotion
Hampir sama fungsinya dengan lotion pembersih di atas, namun yang ini khusus untuk jenis kulit suede atau nubuck. 

7. Kain microfiber
Pergunakan kain microfiber atau kain lainnya yang mempunyai tekstur lembut  untuk membersihkan tas kulit.

Cara Perawatan Tas Kulit Sapi

Nah sekarang adalah langkah-langkah membersihkan tas kulit pada umumnya :

  1.  Bersihkan tas menggunakan leather cleaner yang dilanjutkan dengan  pemakaian handbag cream. Bisa juga menggunakan mink oil. Oleskan lotion pembersih dengan gerakan perlahan dan lembut menggunakan  aplikator bawaan. Apabila tidak tersedia bisa memakai kapas atau kain  microfiber, ataupun kain bertekstur halus lainnya.Setelah semua bagian tas selesai dioles-oles, diamkan supaya cairan  pembersih meresap dan kemudian diangin-anginkan sampai mengering.
  2.  Isi tas dengan bantal tas supaya tidak berubah bentuk, atau bisa juga  dengan kain, plastik, atau bubble wrap. Bisa juga menggunakan koran atau  kertas bekas yang diremas dan dibentk bulat, tetapi harus dimasukkan ke  dalam plastik untuk menghindari tinta koran mengotori bagian dalam tas  terutama yang berbahan suede. Pemberian isi ke dalam tas ini untuk menjaga  tas kulit tidak mudah berubah bentuk. Apabila tas kulit diletakkan di lemari  dan tertindih barang, maka akan timbul lipatan atau bentuknya akan berubah.
  3. Masukkan silica gel untuk menghindari tas tidak gampang lembab.
  4. Masukkan tas ke dalam dust bag untuk menghindari terkena debu, Dust bag  atau kantong pembungkus tas selalu disertakan apabila kita melakukan  pembelan tas kulit. Sebaiknya pilih dustbag yang berwarna putih, untuk  menghindari transfer warna ke kulit, khususnya untuk penyimpanan yang lama.
  5. Penyimpanan tas kulit sebaiknya di tempat yang kering dan mempunyai  sirkulasi udara yang bagus.
  6. Keluarkan tas seminggu atau dua minggu sekali untuk menghindari tas menjadi lembab. Angin-anginkan supaya tas mendapatkan udara, agar tidak  lembab ataupun berjamur. 
Foto : wikihow.com

Perawatan Khusus

Apabila terjadi "kecelakaan" pada tas, misalnya tergores, berjamur, terkena minyak. dll, jangan panik dulu yaa. Berikut tips pertolongan  pertama yang bisa dilakukan :

- Jamur
Tas kulit yang terkena jamur berwarna putih-putih bisa diatasi dengan  mengoles leather cleaner. Sebelum dioles, lap dengan kain lembut secara  perlahan untuk membersihkan jamurnya. Gunakan leather cream dan leather  lotion setelahnya, kemudian angin-anginkan.

- Noda minyak
Gunakan segera bedak,bisa bedak talk ataupun bedak tabur dan kain lembut  untuk membersihkannya. Langsung diaplikasikan ya sebelum minyak menyerap  masuk ke dalam tas kulit. Jangan gunakan air untuk membersihkan noda minyak  ya, karena serat kulit akan rusak.

- Air
Apabila terkena air, cukup ditepuk-tepuk dengan lembut menggunakan tissue  kering, kemudian dikeringkan. Usahakan tidak langsung mengusap dengan kain atau sapu tangan misalnya. Pengeringan bisa dilakukan dengan diangin-anginkan atau menggunakan hair dyer dengan pengaturan panas yang paling rendah. Panas yang berlebihan akan merusak permukaan tas kulit.

- Scratch/Tergores
Untuk mengatasi tas kulit yang tergores gunakan leather balsam atau hand bag  cream. Keduanya bisa berfungsi sebagai semacam dempul. Pijit-pijit perlahan,  kemudian dilanjutkan dengan leather lotion supaya menjadi semakin bagus.
untuk scratch yang tipis bisa menggunakan lotion/cream/mink oil.

- Zipper/Resleting  Agak Macet
Gosokkan lilin pada permukaan resleting dalam keadaan terbuka, kemudian buka tutup resleting sampai bisa lancar kembali.

Sebagai info tambahan, sebelum mengoleskan lotion/cream/oil perawatan untuk tas kulit, ada baiknya oleskan sedikit dulu di area tas yang tersembunyi. Tujuannya adalah, apakah lotion/cream/oil yang akan dipergunakan akan cocok atau tidak dengan jenis kulit tas kita. Ada beberapa yang ternyata tidak cocok dan membuat warna tas menjadi memudar. 

Sebaiknya tas kulit memang harus sering dipakai, karena makin lama kulitnya akan keliatan lentur/lemas, kalau hanya disimpan akan rawan berjamur. Untuk tas yang berbahan kulit pull up akan semakin keliatan vintage. Menjadikan penampilanmu semakin keren. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa dicoba yaa, supaya tas kulit kamu terawat dengan baik.

0 Response to "Tips Perawatan Tas Kulit Sapi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel