Blau Pewarna Baju yang Tak Lagi Dikenal Anak Zaman Now

Hayo, siapa yang tahu apa itu blau? Kalau nggak tahu, saya tambah cluenya menjadi blau pewarna baju. Masih nggak tahu juga?

Hehe saya memaklumi, karena mungkin yang usianya saat ini paling banter 30 tahun ya mungkin nggak kenal apa itu blau. Tetapi yang usianya lebih dari itu kemungkinan lebih banyak tahu apa itu blau pewarna baju.

Zaman dahulu, baju seragam sekolah yang warnanya putih biasa dicuci menggunakan blau. Hasilnya memberikan efek yang menurut saya mampu menyejukkan mata.

Ketika seragam sekolah menggunakan blau pewarna baju, maka akan terlihat putih kebiru-biruan. Namun warna birunya sangat sedikit sehingga tetap tahu kalau yang dipakai baju warna putih.

Kalian yang masih belia bisa menanyakan kepada bibi, atau orang tua tentang bahan pewarna yang dulu populer. Cara mencuci dengan blau dipilih untuk menghindari baju putih yang lama dan terlihat kekuningan.

Ada dua blau pewarna baju yang saya ingat, satu bentuknya powder atau bubuk dan satunya padat. Saya lebih suka menggunakan yang bubuk karena lebih cepat dan menurut saya efisien.

Kalau menggunakan blau batangan, harus dilarutkan dan disaring untuk menghindari ada bintik-bintik yang ikut nempel di permukaan baju putih.

Saya jadi khawatir, jangan-jangan kalau baju anak sekarang dicuci menggunakan blau pewarna baju saat upacara justru akan ditanya sama guru.

Apalagu gurunya masih mudah, masih fresh graduate, sudah nggak mengenal zaman blau pewarna baju tadi hehe. Tetapi begitulah, setiap benda pasti ada zamannya.

Atau anak-anak sekarang ketika baju seragam putihnya sudah terlihat agak lama, buru-buru minta ganti sama orang tuanya. Dan saya lihat, seragam sekolah zaman now juga bukan melulu atasanya baju berwarna putih.

Tetapi menurut kabar yang saya dengar, blau masih ada yang menjualnya di pedesaan. Meski jumlahnya sangat sedikit, setidaknya masih ada yang mempertahankannya.

Bagi kalian yang ingin mencobanya bisa membaca caranya di bawah ini. 

Cara Menggunakan Blau Pewarna Baju

Langkah-langkah berikut sebenarnya lazim dipakai dalam teknik mencuci baju. Bedanya hanya diberi blau.

Pertama cucilah baju putih kalian seperti biasa. Mau menggunakan mesin cuci silakan, mau menggunakan tangan juga nggak dilarang.

Cek apakah kalian sudah yakin baju putihnya tercuci dengan rata? Bagian-bagian yang paling sering kena noda coba cek lagi.

Tuangkan air bersih baru ke dalam ember lalu. Airnya perkirakan saja cukup untuk membilas baju putih kalian.

Ambil blau pewarna baju secukupnya, tuangkan di atas kain sebagai penyaring. Masukkan ke air lalu peraslah hingga warna biru blau keluar dari pori-pori kain penyaring. Ini bisa dilakukan berulang-ulang, semakin banyak blau digunakan akan semakin biru air di ember.

Aduk air di ember lalu masukkan baju putih yang tadi sudah dicuci. Kucek kucek sedikit atau putar-putar saja di air ember yang sudah diberi blau pewarna baju.

Jika sudah terlihat efeknya kebiruan, angkatlah baju putihmu.

Jangan diperas, begitu kalian angkat dari bilasan dengan air yang dicampu blau, langsung digantung atau diberi hanger.

Usahakan mengeringkannya di tempat yang teduh, tidak terkena sinar matahari langsung.

Begitulah sobat, bagaimana menggunakan blau pewarna baju untuk baju putih. Semoga bermanfaat. ***

0 Response to "Blau Pewarna Baju yang Tak Lagi Dikenal Anak Zaman Now"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel