Mengenalkan Batik Pada Si Kecil

Batik merupakan salah satu kekayaan asli Indonesia yang wajib dilestarikan.  Salah satu upayanya adalah mengenalkan kerajinan batik sejak dini kepada  anak-anak kita. Hal ini dilakukan supaya mereka kelak mau mencintai dan  melestarikan kekayaan Indonesia ini yang sudah diakui oleh Unesco. Salah  satunya adalah dengan batik. Batik bisa menjadi sarana mendekatkan diri pada  budaya Indonesia karena relatif lebih dekat dengan kegiatan sehari-hari. Sekarang sudah banyak busana batik untuk anak, baik yang  dipakai untuk seragam sekolah maupun yang bisa dipakai casual.

Foto : Instagam bekidsbatik

Mengenalkan Batik Pada Usia Dini

Ada banyak ide untuk membuat anak-anak untuk menyukai batik. Pakai baju  batik yang modelnya lucu dan gemes. Batik masa kini tentu saja sudah sangat  beda dengan jaman dahulu. Semuanya sudah disesuaikan dengan perkembangan  jaman. Memperkenalkan busana bermotif batik pada si kecil, memang bisa  menumbuhkan kecintaan terhadap budaya Indonesia. Bahkan menurut psikolog  anak, Kak Seto Mulyadi, menumbuhkan kecintaan pada batik bisa dimulai dari  lingkungan rumah sendiri. Kak Seto ini juga pecinta batik lho. 

Foto : Instagam batikorganik

Peran Orang Tua

Peran orang tua bisa berupa memberikan contoh dengan memakai baju batik.  Apabila orang tua sudah menyukai batik dalam melakukan kegiatan  sehari-hari, maka anak juga akan melakukan hal yang serupa.Misalnya orang  tua bisa memakai baju batik yang casual, misal kaos dengan motif batik.  Tidak harus dalam suasana yang formal, dengan suasana santai akan lebih  nyaman bagi anak-anak.Menggunakan home decor dengan motif batik juga akan  membangkitkan minat terhadap batik. Sarung bantal, table runner, tatakan  gelas, dan lainnya.
Belajar menggambar dan mewarnai juga menjadi salah satu kegiatan si kecil  yang bisa dilakukan dengan happy. Menggambar dan mewarnai motf  batik yang sederhana misalnya motif batik kawung.

Foto : Instagam bekidsbatik

Pilih Warna dan Motif Batik Yang Sesuai

Supaya semakin tertarik dengan batik, pilihlah warna dan motif yang sesuai  dan disukai anak- anak. Contohnya adalah batik garutan. Bayik garutan  banyak diproduksi dalam warna-warna yang cerah seperti merah, kuning,  hijau, orange, biru, dan masih banyak lagi. Motifnya juga ada yang klasik  ada juga yang kontemporer seperti daun, garis, polkadot, dan lain-lain.  Untuk motif klasik, bisa dipilih motif parang atau kawung, yang astinya  lucu dan menggemaskan kalau dibuat kemeja atau dress batik.
Perhatikan juga bahannya, pilih yang mudah menyerap keringat sehingga akan  lebih nyaman dipakai.

Semoga dengan adanya artikel ini si kecil akan menyukai hal-hal yang berbau  batik apabila diperkenalkan sejak dini. Semoga bermanfaat***

0 Response to "Mengenalkan Batik Pada Si Kecil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel