Buka Pameran Virtual Songket, Nadiem Makarim Ajak Masyarakat Mengenal Keragaman Budaya Nusantara

adhiantirina.com - Selain batik, kain Songket juga merupakan salah satu kekayaan wastra Nusantara. Seperti halnya batik, kain songket pun patut dikenal lebih dalam, dipopulerkan dan dilestarikan.

Tahukah Anda, Museum Nasional per hari ini, Senin 13 Desember 2021 baru saja menyelenggarakan pameran virtual Songket Indonesia, bertajuk mempersembahkan “SONGKET INDONESIA, Connecting the Universe. Pameran ini sebagai wujud untuk pengingat bahwa kain Songket telah ada di Indonesia selama lebih dari berabad-abad.

Foto : Instagram palembang_songket

Tak tanggung-tanggung, pameran virtual Songket ini dibuka langsung oleh Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Indonesia. Dalam pidato pembukaannya, Menteri Nadiem menyebutkan Songket bukan hanya sekedar salah satu wastra Nusantara, tetapi juga karya seni yang merupakan sumber ilmu pengetahuan.

“Di antara 1528 warisan budaya tak benda yang dimiliki Indonesia, kita menemukan songket dari Palembang, Sambas, Pandaisike, Bali dan kita masih punya banyak ragam songket yang berasal dari Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Ternate, dan banyak daerah lain.

Semuanya sudah diwariskan dari satu generasi ke generasi lain sebagai karya seni dan juga sebagai sumber ilmu pengetahuan dan keterampilan,” ujar Menteri Nadiem, dalam acara daring Pembukaan Pameran Virtual Songket Indonesia: Connecting the Universe oleh Museum Nasional, Senin (13/12/2021).

Nadiem menambahkan, nilai kearifan lokal Indonesia salah satunya bisa tercermin dari kehadiran kain Songket di berbagai penjuru Nusantara.

“Inilah nilai-nilai kearifan lokal kita yang luar biasa, banyak sekali yang bisa kita pelajari dari kain Songket. Mulai dari kesabaran, ketekunan, produksi kain, dan pentingnya menjaga kelestarian alam, dan tentunya persatuan dalam keragaman,” imbuhnya.

Lewat pameran virtual Songket ini, Nadiem mengajak semua elemen masyarakat untuk mengenal keragaman budaya Nusantara yang salah satunya bisa dilihat dari Songket Indonesia.

“Dengan ini saya buka pameran virtual Songket Indonesia secara resmi. Selamat mengenal keragaman Songket indonesia dan mari kita terus memajukan Songket untuk Indonesia yang merdeka dan berbudaya,” tutup Nadiem.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi pameran virtual Songket Indonesia ini, bisa mengunjungi laman situs pameransongketindonesia.id/ . Secara online, para pengunjung pameran bisa menikmati kurang lebih 40 koleksi kain Songket Indonesia seperti Baju, Kalambi, Lau Pahikung, Kampuh, Sarong, dan masih banyak lagi yang lainnya yang semuanya bisa dilihat dengan perspektif 360 derajat lengkap dengan sensasi pengalaman menonton yang informatif dan mendetail dari berbagai Songket yang dipamerkan. ***

Sumber berita di sini


0 Response to " Buka Pameran Virtual Songket, Nadiem Makarim Ajak Masyarakat Mengenal Keragaman Budaya Nusantara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel