Ada Motif Tenun di Sirkuit Mandalika Lombok

Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) baru saja sukses menggelar World Superbike bulan November tahun 2021 lalu.

Kemolekan sirkuit jalan ini menuai pujian dari banyak pihak. Tak sedikit pembalap yang mengungkapkan pujiannya atas pemilihan tempat Sirkuit Mandalika.

Namun ada hal lain yang membanggakan dari desain sirkuit ini. Yakni ditemukannya motif tenun khas Lombok yang disematkan di permukaan aspal pada tikungan.

Sirkuit Mandalika selain dikagumi karena keindahannya juga menyelipkan motif tradisional Lombok. 
Foto - youtube lingkar mandalika


Motif tenun yang juga sangat terkenai di Indonesia ini ada di run-off sirkuit dengan panjang 4,31 kilometer tersebut.

Jika kalian cermat, motif kain tenun Lombok ini ada di tikungan 15 dan 16. Jika dilihat dari udara, kehadirannya membuat sirkuit Mandalika semakin mempesona.

Tentang motif tenun tradisional Lombok di Sirkuit Mandalika ini dibenarkan oleh kepala Divisi Operasional MGPA, Dyan Dilato.

Warna-warna yang membalut aspal di tikungan 15 dan 16 ialah merah, putih dan hijau. Sementara warna putih di tengah membentuk ornamen berupa kotak saling menyambung.

Coba kalian sandingkan dengan motif tenun Lombok yang menjadi koleksi, sama bukan? Begitulah sobat, ternyata untuk menunjukkan kekayaan budaya Indonesia bisa dilakukan dengan banyak cara.

Corporate Communication ITDC, Esther Ginting mengatakan jika motif batik di sirkuit ini terinspirasi kain tenun ikat khas Sasak.

"Ya, motif tersebut terinspirasi dari motif ukiran dan kain tenun ikat khas Sasak," kata Esther kala itu.

Adanya motif tenun di Sirkuit Mandalika kemudian diunggah di laman Instagram PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau ITDC.

"Selamat pagi dari The Mandalika! Bagaimana nih menurut kalian tampilan finishing dari Run Off Area Pertamina Mandalika International Street Circuit? Cantik bukan?," tulis laman @itdc_id di Instagram.

Lombok memang gudangnya para penenun. Kalau kalian ke sana, jangan lupa mendatangi Desa Sukarara, Kecamatan Jonggat Lombok Tengah, di sini para wanitanya jago menenun.

Ada dua jenis kain tenun Lombok yang namanya juga mendunia. Yakni tenun ikat dan tenun songket. Yang sangat terkenal ialah rangrang, yakni motif dengan ciri geometris segitiga dan belah ketupat dengan banyak warna dalam satu lembar kain.

Mengapa kaum perempuan di desa ini pintar menenun? Karena menenun menjadi salah satu syarat jika ia kelak akan menikah.

Tidak hanya satu lembar, melainkan harus membuat sendiri tiga lembar tenun untuk dirinya, suaminya dan mertua perempuan. ***






0 Response to " Ada Motif Tenun di Sirkuit Mandalika Lombok"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel