Bangga, Dirjen WHO Kenakan Batik Motif Sayap di Acara Resmi G20

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus membuat saya terpana. Ternyata pejabat PBB ini mengenal batik Indonesia dan mengakui menyukai makna yang terkandung di balik motifnya.

Saat menghadiri pertemuan dengan menteri kesehatan G20 di Hotel Marriot Jogja, 20 Juni 2022 lalu, ia mengenakan kemaja batik bermotif sayap. Sayap yang didesain indah ini menangkup di sisi kanan dan kiri bagian kemeja.

pejabat pbb kenakan batik sayap 07ijh76
Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam sesi jumpa pers Pertemuan Pertama Menteri Kesehatan G20 di Hotel Marriot Jogja, Senin (20/6/2022). Foto - Hiskia Andika Weadcaksana / Suarajogja.id

Didominasi warna keemasan, Tedros pun sempat berbincang dengan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin di acara tersebut.

Tedros mengatakan batik yang dikenakannya sama dengan yang dipakaian Menteri Gunadi. "Tetapi milik saya bermotif sayap, dan saya membaca artinya, itu adalah ketenangan, yang saya suka," kata Tedros.

Pernyataan tersebut disampaikannya saat memulai percakapan di agenda konferensi pers The 1st Health Ministers Meeting (HMM).

Baca Juga: Memahami Motif Batik Sidomulyo di Pernikahan Adik Presiden Jokowi

Tentang motif dan warna kemaja batik yang dikenakannya, Tedros menyebutnya sebagai pesan penting yang menggambarkan ketenangan untuk setiap orang.

"Itu sangat penting menurut saya untuk setiap orang. Jadi, saya senang bukan hanya soal pakaian, tapi pesannya juga sangat penting," ujarnya.

Tuh baca sobatbatik semua, seorang pejabat tinggi PBB masih meluangkan pikirannya untuk menelisik ke dalam filosofi sebuah motif batik. Berbicara tentang kesehatan, apa yang disampaikannya soal kemaja batiknya terkait ketenangan saya rasa juga ada benarnya.

Berbagai problema kesehatan terjadi di belahan dunia ini. Tentu saja dibutuhkan ketenangan berpikir dan bertindak saat menghadapi sesuatu di luar kondisi biasa.

Baca Juga: Ketika Nia Fliam yang Orang Amerika Tak Rela Batik Dianggap Seni Primitif

Menteri Kesehatan Budi Gunadi juga sempat memperkenalkan kemeja batik yang dipakai Tedros. Ia memperkenalkan kepada seluruh delegasi pertemuan para menteri kesehatan G20 bahwa motif batik yang dikenakan Tedros bercorak khas Yogyakarta.

"Terima kasih karena anda (Tedros Adhanom Ghebreyesus) mengenakan batik khas Yogyakarta. Ini merupakan bagian dari memperkenalkan budaya Indonesia. Anda tampak lebih indah dengan batik," puji Menteri yang saya kutip dari antara. ***

0 Response to "Bangga, Dirjen WHO Kenakan Batik Motif Sayap di Acara Resmi G20"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel