Kolaborasi Cantik RI - Korsel Lewat Batik

Republik Indonesia adalah negeri yang sangat kaya dengan motif batik. Bayangkan sobat, hampir di semua daerah kini memiliki motif batik tersendiri.

Sementara Korea Selatan atau Koresl merupakan salah satu negara yang dikenal dengan teknologinya. Baik industri ponsel hingga elektronik lain.

Korea Selatan bukanlah negara yang memiliki pembatik semacam Indonesia. Namun itu bukan berarti antara kedua negara tidak bisa bekerja sama dalam hal batik.

kolaborasi batik iwan tirta dan ksr korsel
KBRI Seoul dengan bangga mempersembahkan kolaborasi apik maestro Batik Indonesia, Iwan Tirta Private Collection/ITPC dengan maestro fashion Korsel, Kim Seo Ryong (KSR). (Dok KBRI Seoul)

Urusan batik memang bukan hanya urusan pembatik, pembeli, penjual dan sejenisnya. Nyatanya Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Seoul dengan bangga mempersembahkan kolaborasi tersebut.

Kolaborasi batik ini antara maestro Batik Indonesia, Iwan Tirta Private Collection/ITPC dengan maestro fashion Korsel, Kim Seo Ryong (KSR).

Sambutan Hangat Masyarakat Korsel

Batik semakin dikenal di berbagai penjuru dunia. Kolaborasi yang dilakukan Iwan Tirta dan Kim Seo Ryong pun mendapatkan sambutan hangat masyarakat Korsel.

Apa yang dilakukan dua orang ini mengawali Festival Indonesia 2022. Sementara tujuan yang ingin dicapai ialah menggalakkan diplomasi ekonomi kreatif subsektor Batik.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Korea, Gandi Sulistiyanto berkenan membuka peluncuran kolaborasi ITPC-KSR secara virtual dari Gangnam, Korea Selatan pada Jumat (12/8/2022).

Menurut Sulis, kolaborasi ini mencerminkan jika Batik tidak hanya sebagai warisan budaya bangsa. 

"Melainkan juga wearable arts dan produk kreatif menerima sambutan hangat oleh masyarakat Korsel," terangnya.

Saat peluncuran, Sulis dengan bangga mengenakan jas batik karya Iwan Tirta untuk menandai kerjasama perdana kedua rumah mode inggil dari kedua negara.

Duta Besar Sulis tidak sendiri, ia didampingi istrinya, Susi A Sulistiyanto.

Menurut Sulis, pihaknya akan mengupayakan agar kolaborasi seperti ini akan lebiha diaktifkan. Harapannya memperkenalkan batik ke masyarakat Korea.

Kolaborasi Dua Maestro

Almarhum Iwan Tirta adalah perancang busana Indonesia yang kecintaannya terhadap batik tak perlu dipertanyakan lagi. 

Iwan Tirta adalah seorang perancang busana asal Indonesia yang sangat dikenal melalui rancangan-rancangan busanannya yang menggunakan unsur-unsur batik. 

Batik rancangannya digunakan sebagai pakaian tradisional yang dikenakan para kepala negara pada pertemuan APEC tahun 1994.

Lantas, siapa sosok Kim Seo Ryong? Apakah ia juga sosok ternama di Korsel?

Akrab dipanggil dengan inisialnya, KSR adalah desainer asal Korea Selatan yang telah berkarya hampir 3 dekade. 

Karya-karya luxury menswear-nya telah dikenakan A-list entertainers dari Korea Selatan termasuk Lee Min Ho dan BTS. Hal tersebut membuat karyanya tidak hanya digandrungi para artis papan atas Korea Selatan melainkan juga diketahui oleh penggemar artis-artis tersebut di berbagai belahan dunia.

Untuk koleksi terbaru Resort Collection 2022/23, Kim Seo Ryong berkolaborasi dengan label batik maestro Indonesia, Iwan Tirta Private Collection (ITPC). Kolaborasi ini baginya adalah sebuah perspektif redefinisi menswear modern melalui Batik.

Koleksi kolaborasi batik Indonesia dengan desainer Korea Selatan ini sudah mulai bisa didapat secara eksklusif di butik KSR yang berada di Seoul.

Dari Pelukis ke Desainer

Melansir liputan6.com, Kim Seo Ryong awalnya merupakan seorang pelukis, hal tersebut yang membuat ia mengapresiasi tinggi Batik, terutama batik tulis yang dikerjakan secara manual. 

Menurutnya, mengolah karya dari kain Batik merupakan sebuah tantangan karena terkadang ukuran kainnya terbatas serta memiliki motif yang juga sakral, misalnya motif tersebut peletakannya harus sesuai dengan pakem dan tidak boleh ada yang terbalik atau salah penempatan.

Tantangan tersebut dijawab oleh Kim Seo Ryong secara artsy, stylish dan rasa hormat. Di tangannya, motif-motif batik muncul dalam berbagai potongan, mulai dari bomber jacket, flare pants, jas hingga long coat dalam proporsi yang konseptual.

Motif-motif Nusantara bernuansa cerah banyak dipilih oleh Kim, yang menurutnya memiliki kesan timeless dan sesuai untuk kalangan mapan di Korea Selatan.

Pemilihan warna terang atau motif yang ikonik, dengan siluet busana yang arsitektural dan dekonstruktif, memberi nafas baru penampilan busana pria. Kompleksitas motif dan esensi pakem di baliknya, dikemas effortless dalam wujud simplisitas dan modernitas. ***

0 Response to "Kolaborasi Cantik RI - Korsel Lewat Batik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel