Inspirasi Usaha, Jasa Jahit Batik

Saya berani menjamin, 40 tahun silam mungkin sangat jarang penjahit yang berani memasang papan nama: Jasa Jahit Batik. Karena zaman itu batik belumlah sebooming saat ini.

Foto : Instagram pribadibatik


Bahkan bisa dikatakan batik hanya bisa dikonsumsi oleh kalangan tertentu, misalnya bangsawan. Motif batik juga belum seberagam sekarang. Penjahit batik masih satu tempat dengan penjahit busana pada umumnya.

Apa yang saya sampaikan ini sekadar gagasan yang ada dalam pikiran saya. Dasarnya adalah, saya adalah penggemar batik. Entah sudah berapa banyak koleksi pakaian batik saya, kebanyakan saya buat dengan menggunakan jasa jahit batik.

Itu baru saya, sedangkan zaman sekarang batik bukan hal yang harus dihindari. Justru setelah pengakuan UNESCO akan batik Indonesia, batik menjadi salah satu jenis motif yang berkembang sangat pesat di Indonesia.

Penjahit Baju Batik

Saya pernah ngobrol dengan seorang penjahit sewaktu masih tinggal di belakang Jalan Sudirman, Jakarta. Ia katakan salah satu jahitan yang tak pernah sepi ialah busana batik.

Konsumennya membeli bahannya sendiri lalu minta diukur untuk dibuatkan beragam busana. Saya lihat sendiri tumpukan kain batik yang belum dapat giliran untuk dijahit.

Menurut saya sungguh masuk akal jika ada yang mengkhususkan diri dengan memasang papan nama penjahit batik. Batik sudah menjadi pakaian sehari-hari. Dari pakaian bayi hingga orang tua.

Bahkan saya meyakini banyak keluarga di Indonesia yang anggota keluarganya menyukai batik. Jika salah satu anggota keluarga memiliki penjahit yang menurutnya bagus, tak mustahil ia akan mereferensikannya kepada ayah, ibu, saudara atau adiknya.

Foto : Instagram batikwolter


Seseorang bisa memiliki lebih dari tiga koleksi batik. Apakah sobat seorang karyawan swasta, pegawai negeri, konsultan, pengacata dan profesi lain tak melarang jika memakai batik. Kalaupun tak setiap hari, mungkin dalam keseharian di luar jam kerja sobatbatik mengenakannya.

Kalau kita mau melihat dan belajar dari berbagai peristiwa, sesuatu yang banyak ditemukan biasanya membuka celah usaha. Dahulu belum banyak orang punya motor, jasa cuci motor juga jarang. 

Kemudian marak rambut dicat warna warni, salon khusus mengecat rambut pun bermunculan.

Kita pasti ingat ketika motor-motor bergaya klasik kembali disukai. Bermunculan banyak bengkel modifikasi. Dan kejadian lainnya yang sangat gampang kita temukan contohnya.

Mengapa tidak mencoba menjadi penjahit batik? Dengan motif yang begitu indah, kadang rumitnya minta ampun, yang ada dalam bayangan orang awam ialah bagaimana bisa menjahit dengan rapi? Motif batik kadang memiliki pertemuan pada potongannya.

Jika penjahitnya sembarangan, nggak akan ketemu motifnya dan hilang sudah keindahannya.

Terima Jahitan Lain

Penjahit jas, kemeja, kebaya sudah banyak. Percayakah sobat jika mereka juga menerima jahitan lain? Misalnya kain batik.

Nah, bagaimana kalau kita balik? Ada penjahit yang mengkhususkan diri dengan menerima kain batik pada papan namanya. Namun kalau ada kain di luar batik ya jangan ditolak.

Agar memudahkan memamerkan karya kalian, gunakan beragam medsos yang bisa diinstal di model smartphone saat ini. Mau pakai Instagram, TikTok, Facebook silakan saja. Mau pakai semuanya juga boleh.

Kuncinya, hasil jahitan sobat harus bagus. Berikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen dan tentukan tarifnya yang wajar. Jika membutuhkan waktu yang lebih untuk mengerjakannya, diskusikan dahulu apa masalahnya.

Nah, ada yang berminat membuka jasa jahit batik? Jika ada nanti kabari saya lewat kolom komentar, saya akan bantu sobat menuliskan usaha tersebut di blog ini. ***

0 Response to "Inspirasi Usaha, Jasa Jahit Batik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel