Cara Merendam Pakaian di Mesin Cuci Otomatis (Sharp)

Bagi kalian sobatbatik yang baru membeli mesin cuci otomatis, pasti muncul pertanyaan cara merendam pakaian di mesin cuci otomatis itu seperti apa ya? Pertanyaan itu wajar dan lazim kok, apalagi jika selama ini memang masih mampu mencuci dengan tangan.

Meski mesin cuci merupakan produk teknologi yang dipakaian oleh bagitu banyak manusia di dunia, namun penggunanya harus paham. Setidaknya memahami cara kerjanya. Karena di sebuah mesin cuci akan banyak fungsi yang bisa dilakukannya. 

cara-merendam-pakaian-di-mesin-cuci-otomatis
Cara merendam pakaian di mesin cuci otomatis tidak boleh sembarang agar pakaian terjaga warnanya. Foto - pexels

Kalau boleh saya menyarankan, setiap pembelian satu unit mesin cuci pasti kalian mendapatkan buku panduan. Buku itu sebenarnya sudah mencantumkan secara komplit sejumlah pertanyaan inti yang berhubungan dengan mesin cuci tadi.

Namun apa daya, jika buku panduannya sudah hilang entah di mana atau kena main si kecil lalu tak tahu di mana rimbanya, saya akan memberikan penjelasannya. Agar kalian tahu cara merendam pakaian di mesin cuci otomatis.

Banyak emak yang memiliki kebiasaan merendam cuciannya sekian saat sebelum mencucinya. Hal ini diharapkan mempu memberikan hasil cucian yang lebih bersih. Nah, yuk kita ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut, jangan sampai membacanya tidak urut biar caranya benar.

Cara Merendam Pakaian di Mesin Cuci Otomatis

1. Pakai Tombol Soak

Sekarang kalian lihat, pada mesin cuci yang masih tercium bau barunya pasti ada tombol soak. Caranya, putar tombolnya ke posisi on sebelum mencuci. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan perintah kepada mesin cuci untuk melakukan tahapan merendam sebelum mencuci.

Namun ada saran penting yang juga harus kalian mengerti. Saat mencuci pakaian keluarga, pasti warnanya banyak. Sebaiknya pisahkan berdasarkan beberapa kreiteria. Misalnya tebal dijadikan satu, yang berwarna putih atau cerah dikelompokkan sendiri, kain berpori halus dijadikan satu dan kategori lainnya.

Memang membutuhkan waktu ya, namun ini penting untuk menghindari hal-hal yang bisa saja terjadi di luar harapan. Misalnya pakaian berwarna putih kena lunturan warna kain lainnya. Pasti kalian menjadi sedih, apalagi itu termasuk pakaian yang sangat disayangi.

Jangan khawatir, mesin cuci otomatis juga sudah didesain untuk bisa dioperasikan berdasarkan jenis kainnya. Oh, ya, tolong dicek juga di kantong kantong baju atau celana. Jangan sampai ada koin atau benda keras lain di dalamnya. Karena kalau sempat keluar dan menghambat pemutar mesin cucinya di bagian bawah, umur mesin cucinya akan pendek.

2. Atur Display Function

Pada pembahasan kali ini saya menjelaskan cara merendam pakaian di mesin cuci otomatis merek Sharp ya teman-teman. Pada mesin satu tabung merek ini, kalian bisa mengatus pada display Function untuk menampilkan perintah soal atau merendam.

3. Berikutnya Tekan Start

Jika tahapan tahapan di atas sudah dilakukan, berikutnya silakan tekan Power lalu lanjutkan dengan Start maka pengisian air pertama dimulai. Setelah itu mesin cuci akan memmulai bekerja memutar cucian dan berhenti sejenak sebagai isyarat proses perendaman.

Berapa lama perendaman bisa kalian atur di awal proses mencuci. Bisa empat menit, delapan hingga 18 menit. Lamanya perendaman harus disesuaikan dengan kain yang dimasukkan. Jika kainnya berpori halus, mungkin cukup direndam 4 cuci.

Oh, ya, setingan lama merendam akan berbeda antara satu mesin cuci dengan yang lainnya. 

4. Selanjutnya Wash

Setelah proses merendam merendam selesai, berikutnya secara otomatis akan berpindah ke proses selanjutnya yaitu Wash atau mencuci, Rinse atau membilas dan Spin untuk mengeringkan cucian. Kalian silakan terapkan mana yang diperlukan.

Nah, tidak sulit kan cara merendam pakaian di mesin cuci otomatis asalkan tahu langkah langkahnya? Semoga memberikan manfaat buat kalian sobatbatik. ***

0 Response to "Cara Merendam Pakaian di Mesin Cuci Otomatis (Sharp)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel