Berikut Batik Pak Jokowi yang Mencuri Perhatian Publik

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dikenal dengan gaya busananya berupa celana panjang hitam dan kemeja putih. Namun ia juga dikenal kerap mengenakan batik di beberaa kesempatan. Apa sajakah batik Pak Jokowi?

Batik Pak Jokowi yang Curi Perhatian

1. Batik Motif Sawunggaling

Pertama, batik yang dipakai Jokowi bermotif sawunggaling. Motif batik ini dapat dilihat dari cirinya, yakni bercorak burung phoenix yang ada di bagian depan. Konon, motif ini lahir berkat perpaduan Jawa - Tionghoa. Penciptanya disebut Ngabehi Atmo Supomo.

Batik ini dikenakan Jokowi saat bertamu ke Keraton Yogyakarta Hadiningrat pada tahun 2019 yang lalu. Banyak warga yang kemudian mencari tahu batik sawunggaling.

Kadatangan Presiden Jokowi disambut oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X yang juga mengenakan batik motif lain.

2, Jaket Barik Garuda

Kedua, batik Pak Jokowi yang dibelinya sewaktu meresmikan Bandara Ngloram di Blora, Jawa Tengah. Di sela-sela kegiatannya, Presiden membeli sebuah jaket bermotif batik dari sebuah gerai yang ada di lokasi acara.

Peresmian bandara memang diwarnai pameran UMKM. Presiden didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo meninjau gerai UMKM disertai Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Jaket motif Garuda dibeli Presiden dari gerai desainer lokal Cristina Damayanti yang dijual seharga Rp350 ribu. Jaket ini kemudian diunggah Presiden Jokowi di media sosialnya, membuat warga penasaran.

3. Saat Hari Raya Imlek

batik-pak-jokowi
Batik Pak Jokowi yang dikenakan saat Hari Raya Imlek tahun 2021. Foto - presidenri.go.id

Ketiga, batik yang dipakai Jokowi saat menghadiri Hari Raya Imlek secara virtual dari Istana Bogor. Batik didominasi warna merah ini dirancang oleh Anne Avantie dari Semarang.

Motif batik Pak Jokowi ini perpaduan sawunggaling dengan konsep cheongsam.

4. Batik Kapal Kandas

Keempat, batik Jokowi yang juga menyita perhatian masyarakat ialah kala bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada 2017 silam. Kemeja yang dikenakan Presiden bergambar kapal kandas yang dimaknai sebagai kesedihan sekaligus kegembiraan. 

Kegembiraannya dilihat dari harta karun yang ditemukan pada kapal yang tenggelam itu. 

5. Batik Corak Naga

Kelima, pada tahun 2019 lalu Presiden mengenakan batik berwarna cokelat dengan corak naga di samping kanan kiri dan celana kain hitam. Batik yang dipakai Jokowi ini dikenakan saat lawatan ke luar negeri bertemu Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte.

6. Batik Kupu-kupu

Keenam, motif batik Kudus kupu-kupu yang dikenakan Presiden Jokowi saat bersilaturahmi dengan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono pada 2017 silam. 

Motif ini memiliki makna sebuah upaya kerja keras, menganalogikan kupu-kupu yang harus berjuang dari telur, kepompong baru ke bentuk yang indah. Sementara SBY mengenakan batik bermotif Purbonegoro yang dimaknai sebagai kerelaan dan katenguhan ikut menjaga dan memelihara negaranya.

7. Batik Babon Angrem

Ketujuh, motif batik Solo yang dikenakan Presiden Jokowi saat pertemuan dengan Perdana Menteri Najib Razak. Corak batik Pak Jokowi ialah babon angrem atau induk ayam sedang mengerami telurnya atau anaknya. 

Makna yang bisa didapat dari batik ini ialah induk yang turut menjaga anak-anaknya dari ancaman dan serangan, juga bentuk kasih sayang seorang pemimpin kepada rakyatnya dengan cara mengayomi.

Nah, sobat batik adakah batik yang Dipakai Jokowi lainnya yang membuat kalian penasaran? Batik Pak Jokowi memang selalu menjadi perhatian. ***

0 Response to "Berikut Batik Pak Jokowi yang Mencuri Perhatian Publik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel