Barack Obama hingga Vladimir Putin Pernah Kenakan Batik

Batik memang menawan. Itulah yang saya tangkap dari beberapa pemimpin negara yang tanpa sungkan mengenakan busana bermotif batik dengan corak yang berbeda. Tentu orang mengenakan sebuah busana kalau ia suka dan nyaman mengenakannya, bukan?

Tak salah rasanya jika pemerintah pun akhirnya menetapkan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Biar generasi muda hingga anak cucu nanti tetap bangga mengenakan batik. Bahwa batik juga pantas dibanggakan.

barack obama, vladimir putin, nelson mandela
Dari kiri: Nelson Mandela, Barack OBama dan Vladimir Putin
JIka ada yang mengatakan pesona batik mulai meredup, menurut saya itu sebuah anggapan yang keliru. Zaman sekarang, tak terhitung anak-anak muda yang bangga mengenakan batik. Bahkan para selebriti pun turut memopulerkan keberadaan batik.

Berikut beberapa pemimpin negara yang setidaknya pernah tertangkap kamera sedang mengenakan batik untuk berbagai acara.

Nelson Mandela

Mantan Presiden Afrika Neslon Mandela yang meninggal pada tahuan 2013 ini justru memiliki kecintaan terhadap batik asal Indonesia. AWalnya ia mengenal batik saat berkunjung ke Indonesia pada tahun 1990-an lampau.

Saat kembali dari lawatannya, Mandela mendapatkan cinderamata berupa batik. Rupanya saat sampai di negaranya ia merasa bahwa batik adalah motif yang sangat menarik. Pada tahun Mandela kembali ke Indonesia sebagai Presiden Afrika Selatan. Sebagai bentuk apresiasinya pada batik, ia mengenakan kemeja batik di hadapan pejabat negara.

Hebatnya, Mandela tak hanya mengenakan batik saat berkunjung ke Indonesia. Saat diundang untuk menghadiri rapat di PBB ia juga sering menganakan batik. Tak hanya senang mamakai, Mandela pun mengenalkan batik kepada para desainer di Afrika. Lali bereksperimen bagaimana caranya menggabungkan motif batik Indonesia dengan budaya atau motif setempat.

Bahkan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla pun megakui keberanian Mandela mengenakan batik di banyak acara kenegaraan.

Barack Obama

Mantan presiden Amerika yang pernah tinggal di Indonesia ini juga beberapa kali tampak mengenakan batik. Salah satunya saat ia menghadiri East Asia Summit yang diselenggarakan di Kamboja.

Obama sendiri tentu tak asing dengan Indonesia. Ia bahkan pernah berpidato menggunakan beberapa kata berbahasa Indonesia seperti nasi goreng, sate dan sebagainya. Untuk menunjukkan hubungan dengan Indonesia, Obama pun mengenakan batik.

Vladimir Putin

Tokoh dunia lain yang pernah tampil dengan batik ialah Presiden Rusia, Vladimir Putin. Putin mengenakan batik berwarna hijau saat menghadiri puncak acara Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) pada tahun 2013 yang lalu.

Pemilihan batik oleh Putin merupakan kebanggaan tersendiri bagi Indonesia. Sebab Putin bukanlah orang sembarangan, ia pemimpin salah satu negara besar. Kalau pemimpin sekelas Putin saja dengan pede mengenakan batik, masa kita yang orang Indonesia asli malah malu mengenakannya. Nggak lucu kan sobat batik?

Carlos Santana

Tokoh yang satu ini memang bukan birokrat atau politisi. Namanya Carlos Santana, seorang musisi papan atas dunia. Ia adalah musisi legendaris pemain gitar melodi asal Meksiko. Dalam bayak kesempatan konsernya Carlos sering mengunakan batik dalam motif yang berbeda-beda dan ia tampak anggun berbalut motif batik.

Itu hanya beberapa nama, selain mereka tentu masih banyak lagi. Namun ada kalanya apa yang mereka kenakan tak tertangkap kamera atau bagi orang luar negeri yang kurang begitu mengenal batik tentu tak tahu corak apa yang dikenakan tokoh-tokoh dunia.

Berbeda dengan orang Indonesia, atau setidaknya pada sebuah acara yang juga melibatkan pejabat atau tokoh Indonesia. Ketika ada tokoh dari negara luar yang mengenakan batik, pasti akan dikabarkan atau malah diambil fotonya.

Hmm, rasanya semakin bangga ya batik kita dikenal luas. ***

0 Response to "Barack Obama hingga Vladimir Putin Pernah Kenakan Batik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel