Inspirasi Padu Padan Batik Satu Warna

Sobat batik, baru beberapa hari tidak mengunggah artikel di  blog ini kok serasa berbulan-bulan ya, hehe. Maklum saja sobat, karena saya juga pekerjaan lain yang juga tak kalah pentingnya. Yaitu jualan sepatu dan tas batik. Ih ujung-ujungnya tetap saja urusannya sama batik.

batik satu warna

Kali ini saya akan memberikan sedikit kiat bagi sobat yang memiliki batik satu warna. Maksudnya motif batik dengan dominasi satu warna yang sama, bukan berarti polosan. Tentunya sobat sudah tidak asing dengan batik batik satu warna, karena memang ada penggemarnya.

Sebenarnya tidak menjadi soal bagi sobat untuk membeli batik satu warna. Jika dipadupadankan dengan cermat akan menghasilkan penampilan yang cukup cantik dan memukau.

Berikut ini beberapa tips yang saya lansir dari Inspirasi Batik Betawi, bagaimana cara memadupadankan batik satu warna agar terlihat lebih bagus.


  • Batik satu warna yang memiliki warna dasar kain putih akan serasi jika dikombinasikan dengan material atau kain sejenis polos warna putih.
  • Batik satu warna juga akan tetap terlihat menarik jika dikombinasikan dengan material atau kain polos sejenis yang warnanya senada dengan warna motif batik.
  • Batik satu warna juga bisa dikombinasikan dengan batik satu warna lainnya yang berbeda motif. Untuk warnanya, bisa dipilih yang senada atau kontras harmonis.
  • Jika ingin menampilkan batik satu warna yang lebih edgy, bisa juga dikombinasikan dengan material atau jenis kain bermotif simpel, semisal kotak, garis atau polkadot. Konsep tabrak motif ini bisa akan sangat menarik dan modern. Pastikan saja untuk memilih warna batik dan kain padanannya yang senada, sehingga menjadi "benang merah" dari busana.
  • Dalam mengolah kain batik satu warna, penting juga untuk memperhatikan motifnya. Apakah besar atau kecil, apakah bergaya "ceplok" atau saling menyambung, apakah klasik atau kontemporer.
  • Jika ingin menambah aksen pada busana, bisa ditambah dengan aplikasi border yang lebih berwarna. Namun perhatikan saat menerapkan aksen agar motif batik tetap terlihat.


Tentu saja saat mengenakan paduan batik satu warna tadi sobat juga harus mengimbanginya dengan rasa percaya diri. Apapun bentuk atau corak busananya jika yang memakainya tak pede dan canggung, penampakannya akan tak seperti harapan.

Sebenarnya apa yang membuat sobat batik harus tidak percaya diri ketika mengenakan batik? Bukankah lembaga sekelas UNESCO saja sudah memberikan penghargaannya kok, belum lagi sejumlah artis dunia yang diam-diam suka mengenakan busana dengan motif batik.

Artinya batik itu sudah sangat dikenal. Ia memiliki keunikan tersendiri, sama seperti motif dari negara lain yang bukan batik. Dan sobat adalah orang Indonesia, di mana batik lahir di negeri ini. ***

0 Response to "Inspirasi Padu Padan Batik Satu Warna"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel