Tetap Menawan dengan Gamis Batik di Berbagai Suasana

adhiantirina.com - Gamis batik mungkin tak pernah terlintas di benak kita puluhan tahun silam. Namun seiring perkembangan zaman, batik pun mulai menggeliat. Banyak pihak turut mendorong "lahirnya" kembali batik.

Sejak muncul kesadaran betapa pentingnya batik bagi sejarah Indonesia, terlebih pengakuan dari PBB atas kerajinan warisan ini, batik semakin mudah ditemukan.

Selain para kampiun batik yang memang sudah memproduksi batik dengan merek terkenal seperti Batik Keris, Danar Hadi, Batik Semar dan sebagainya, banyak muncul merek lain.

Hal ini tentu sebuah gerakan yang menggembirakan, karena anak-anak muda bahkan cucu kita kelak, masih menikmati keanggunan batik di berbagai penjuru tanah air.


Sumber foto : Instagram houseofbatikindonesia

Perkembangan Gamis Batik

Gamis batik adalah kain batik yang dikreasikan untuk busana muslimah dan muslim. Dengan demikian ada aturan-aturan yang tetap dipertahankan karena memang demikian syaratnya.

Misalnya bagian bawah busana gamis untuk muslimah harus menutupi mata kaki atau setidaknya panjang. Juga berkengan panjang. Dengan demikian selain anggun dikenakan oleh penggunanya, tetap menjaga aurat. Bagian tubuh yang memang harus dijaga sedemikian rupa.

Kini Sobat Batik akan dengan mudah menemukan model yang diinginkan. Ada beberapa model yang berkembang di pasar, diantaranya sebagai berikut:

Kombinasi Gamis Batik Modern

Busana muslim ini kesannya memang lahir di zaman now. Pembuatnya berani menabrak aturan, misalnya separoh batik berwarna terang dan sebelah lagi gelap.

Sumber foto: Instagram houseofbatikindonesia

Kombinasi Polos

Gamis batik juga cantik dipadukan dengan kain polos. Bentuknya bisa berupa busana untuk muslimah atau muslim yang tetap memperlihatkan motif batik namun tidak seluruh permukaan kain. Sengaja disisakan bagian kain yang polos.

Kombinasi Brokat

Banyak perancang busana ternama maupun lokal menerapkan paduan ini. Brokat sudah diketahui memiliki sisi keindahan tersendiri. Saat bersatu dengan batik, busana gamis pun terlihat elegan.

Baca juga : Wow, Per Meter Kain Batik Ini Harganya Bikin Melongo

Kombinasi Etnik

Untuk motif batik yang diserasikan dengan bentuk tradisional bukan berarti kesannya ketinggalan zaman. Seperti diketahui, saat ini hampir setiap daerah mengembangkan motif batik dengan corak kearifan lokal.

Harga yang Cukup Terjangkau

Kalau Sobat Batik sengaja mencarinya di butik ternama yang dirancang oleh perancang terkenal, tentu saja harganya mahal. Sepadan dengan bahan dan aksesorisnya.

Namun jangan khawatir, banyak kok dijual di toko-toko batik busana muslimah dan muslim yang secara seni menarik namun harganya masih terjangkau oleh kantong kita kebanyakan.

Kalau saya sih membeli busana bukan semata-mata karena mahalnya, namun beberapa hal juga harus menjadi pertimbangan. Warna kulit, tinggi badan dan warna kesukaan biasanya saya jadikan pertimbangan. Tentu Sobat Batik juga memiliki cara tersendiri untuk mendapatkan gamis batik yang sesuai keinginan.

Semburat Suasana Ceria

Lebaran menjadi hari spesial bagi Sobat Batik yang beragama Islam. Kalau saja tahun ini tak ada corona, sudah pasti acara mudik menjadi kisah tersendiri. Sejauh apapun akan ditempuh hanya untuk bisa berlebaran bersama keluarga.

Nah, coba kenakan gamis batik saat menerima tamu yang bersilaturahmi ke rumah. Tetapi jangan diartikan saat ini Sobat Batik boleh mengundang banyak teman, karena masih dalam suasana pandemi. Yang saya maksud jika nanti suasana kembali normal.

Corak dan motif batik saat ini sangat beragam. Ada yang menyiratkan keheningan, harmonis, cinta dan semangat. Berbeda dengan bisana kain polos untuk berlebaran, hadirnya motif pada busana lebaran tentu mampu memancarkan aura keceriaan.

Benar kok Sahabat Batik, kalian tampak semakin ganteng dan cantik dalam balutan gamis batik yang serasi. Bangga kan Indonesia memiliki batik? Yuk kita turut menjaganya bersama-sama. ***

0 Response to "Tetap Menawan dengan Gamis Batik di Berbagai Suasana"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel