Cara Memilih Ukuran Sepatu Biar Pas

cara-memilih-ukuran-sepatu
Ada teknik agar cara memilih ukuran sepatu bisa dikerjakan sesuai harapan.

Cara memilih ukuran sepatu biar pas di kaki merupakan pekerjaan yang tidak bisa dianggap sepele. Karena sepatu merupakan alas kaki yang penting, jika salah ukuran akibatnya bisa merugikan.

Jika cara memilih ukuran sepatu dilakukan secara asal-asalan, hanya ada dua kemungkinan. Kalau nggak kebesaran ya kekecilan.

Kalau kekecilan sudah pasti tidak bisa diakali. Kecuali diberikan kepada orang, teman atau adik yang ukuran kakinya bisa masuk.

Sementara jika dipaksakan dikenakan, akan menimbulkan lecet bahkan luka di kulit kaki. Tentu kalian nggak ingin jalan di tempat ramai sambil meringis menahan sakit.

Nah, sementara yang kebesaran bisa sih diakali dengan mengenakan kaos kaki yang tebal. Tetapi pertanyaannya, apakah cara ini membuat kaki terasa nyaman?

Cara Memilih Ukuran Sepatu

Ada beberapa tahapan yang harus sobat lakukan untuk mendapatkan sepatu baru yang sesuai dengan ukuran kaki. Berikut ini adalah hal-hal yang harus kalian persiapkan.

  • Siapkan peralatan untuk mengukur kaki kalian. Maksudnya jika yang ingin membeli sepatu kalian ya kaki kalian yang dikur. Jangan kaki teman diukur, ya nggak kena hehe.
  • Berikutnya kenakan kaos kaki kalian terlebih dahulu. Jika kalian terbiasa berkaos kaki sementara saat membeli sepatu tidak mempertimbangkan hal ini, maka bisa kekecilan. Kecuali memang yang nggak pernah mengenakan kaos kaki.
  • Langkah selanjutnya ialah taruh kertas di atas permukaan lantai yang permukaannya rata serta tegak lurus dengan tembok.
  • Berdirilah membelakangi tembok, ujung tumit harus menempel di dinding tembok. Kaki kalian harus menginjak selembar kertas yang sebelumnya sudah ditaruh.
  • Biar tidak bergeser, ada baiknya ujung kertas dikasih lakban yang menempel di permukaan lantai.
  • Selanjutnya minta tolong seorang teman untuk membuat sketsa ukuran kaki kalian.
  • Mintalah kepada teman menandai ujung kaki terdepan, yaitu di ujung jari.
  • Jika sudah angkat kaki kalian dari kertas lalu ukurlah ujung jari kaki yang sudah diberi tanda ke dinding tembok.

Baca juga Masker Kain Motif Batik Ini Keren Banget buat Hijaber

Waktu untuk Mengukur Kaki

Sobatbatik di seluruh negeri, sebenarnya tak ada aturan kapan sebaiknya mengukur panjang kaki. Namun dari sejumlah informasi serta apa yang kerap saya sampaikan ke konsumen, ada waktu yang disarankan.

Cara memilih ukuran sepatu dengan mengukur kaki paling baik dikerjakan sore hari.

Tentu muncul pertanyaan pada kepala kalian mengapa harus dilakukan sore hari? Padahal sore itu kalian memiliki janni untuk nonton bareng.

Hey sobat, sekarang lagi pandemi Covid-19. Kalau memang menonton bukan sesuatu yang sangat penting, please don't go to cinema. Mendingan ngukur kaki hehe.

Rupanya pada sore hari ukuran kaki alan lebih besar dibandingkan pada pagi hari. Kalau ingin membuktikannya nggak ada salahnya sobat melakukan dua kali pengukuran kaki.

Logikanya sederhana sobat, sore hari dipilih lantaran diasumsikan kaki kita sudah digunakan untuk berjalan dari pagi hingga sore. Bukan berarti jalan terus tiada henti. Namun gerakan kaki akan membuat otot-ototnya agak mengembang.

Hasil Penelitian Soal Memilih Sepatu

Bukan hanya gejala alam yang diteliti. Zaman sekarang, apapun dibutuhkan bisa dilakukan penelitian.

Sebuah penelitian pernah dilakukan di Inggris, masih ada kaitannya dengan cara memilih ukuran sepatu. Ada 2.000 orang yang dijadikan responden.

Ternyata lebih dari 2.000 orang yang diteliti mengaku memilih style sepatu daripada sisi kenyamanannya. Waduh, kok bisa begitu ya sobat.

Sedangkan sepertiga responden yang diteliti mengatakan mengenakan sepatu yang ukurannya tidak tepat atau kurang pas.

Mereka tidak menyadari jika memaksakan kaki ke sepatu yang kekecilan akan mengubah bentuk kaki dan jari seiring berjalannya waktu.

Seorang pembuat sepatu yang keluarganya memegang merk selama 122 tahun, Tom Florsheim Jr memberikan ilmu. Menurutnya kita harus memiliki jarak atau ruang kosong kira-kira 1 atau 2 centimeter antara jari terpanjang kita dan ujung bagian dalam sepatu.

“Kaki kita akan bergeser saat berdiri, jadi kita seharusnya memastikan adanya ruang itu sambil mengenakan sepatu kita," saran Tom.

Biasanya pembeli sepatu baru menekan-nekan ujung sepatu untuk meyakini apakah ada ruang tersisa. Namun Tom juga menyarankan agar ruang kosong juga sebaiknya dilakukan di belakang tumit. Tetap berilah jarak.

Nah sobat, bukankah kita sudah membahas ukuran kaki? Gunakan ukurannya untuk menemukan sepatu yang ingin dibeli.

Untuk membeli sepatu secara online, tyentu kalian nggak bisa mencobanya secara langsung. Baca dengan teliti ukuran insole yang dicantumkan pembelinya.

Demikianlah sobat artikel kali ini tentangn cara memilih ukuran sepatu. ***

0 Response to "Cara Memilih Ukuran Sepatu Biar Pas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel