Kelebihan Kain Rayon, Jenis dan Peruntukannya

Kain rayon merupakan salah satu jenis kain yang populer di industri tekstil. Tak hanya digunakan untuk bahan pakaian berupa kaos, kain rayon juga sering dimanfaatkan untuk bahan dasar pembuatan hijab atau busana muslim.

Rayon adalah kain yang terbuat dari serat selulosa murni, yang biasanya dibuat dari ampas kayu. Meskipun rayon berasal dari bahan alami, itu membutuhkan bahan kimia tertentu, sehingga dianggap sebagai kain semi-sintetis.

Salah satu jenis rayon yang paling umum adalah rayon viskosa, yang memiliki banyak kesamaan dengan kapas. Ia mampu menyerap kelembaban, dan pilihan populer untuk dijadikan pakaian kasual dan atletis.  Jenis kain rayon sekunder termasuk rayon modal (biasanya terbuat dari pohon beech) dan lyocell (terlihat dalam segala hal mulai dari denim hingga kemeja gaun).

Bahan Rayon adalah jenis kain katun yang sangat ringan, sangat adem, halus dan lembut. Bahan katun Rayon merupakan diantara jenis bahan katun yang tipis dan biasanya diperuntukkan sebagai bahan mukena dan selimut.

Jika anda masih bingung seperti apa bahan Rayon, contoh yang paling gampang ialah ketika melihat selibut Bali. Biasanya, meskipun tidak semua, selimut Bali dibuat menggunakan bahan kain rayon.

Pengakuan untuk kain jenis ini paling banyak ialah tentang ademnya, selain halus, lembut dan tidak berat. Untuk selimut Bali, di tepinya biasanya dihiasi rumbai-rumbai benang yang diberi simpul-simpul berukuran kecil.

Kain Rayon Nyaman Terasa di Kulit

Bahan Rayon adalah jenis kain yang sangat adem, halus, dingin dan lembut. Karenanya penggunanya merasa senang sebab ketika bersentuhan dengan kulit manusia rasanya tetap lembut, halus sekali.

Pada kehidupan sehari-hari bahan Rayon banyak dipergunakan dalam produksi selimut, mukena, dress wanita. Ada juga yang membuatnya sebagai bahan kemeja santai.

Masyarakat Indonesia pun semakin dimanja jika ingin membeli kain rayon karena banyak pilihan. Semuanya itu dengan mudah dapat ditemukan di pasaran. Tentu saja jenisnya rayon murah.

Rayon murah ini kebanyakan tipis jika diraba dan menerawang atau ada kesan tembus pandang. Dengan demikian, rayon yang terlalu murah rasanya kurang pantas untuk dijadikan mukena atau kemeja.


  Bahan Rayon Premium

Rayon Super adalah jenis katun Rayon Premium yang memiliki kualitas jauh di atas bahan sejenis yang murah. Jika diraba, yang super lebih tebal. Kalian bisa mencoba menangkatnya ke atas kepala lalu lihatlah apakah bahannya menerawang.

Seharusnya rayon premium solid dan tidak menerawang. Demikian juga dengan kualitas dan daya tahannya, jauh di atas yang harganya murah.

Selain itu jika kalian teliti, perhatikan secara seksama serat-serat yang membentuk lembaran kain rayon premium. Sangat rapat, bagus dan hal inilah yang membuatnya tidak menerawang. Kalau tebalnya sebenarnya beda tipis dengan yang murah, namun sifat terawangnya beda jauh.

Kain katun Rayon Premium juga sangat jatuh dan cocok untuk digunakan sebagai bahan mukena. Nah selimut Bali menggunakan rayon jenis super. Selain itu juga bisa dimanfaatkan untuk pakaian atau setelan untuk anak-anak.

Khususnya untuk bayi yang umurnya kurang dari setahun karena lembut di kulit.

Keunggulan Bahan Rayon

Keunggulan yang dimiliki kain katun Rayon cukup banyak, berikut diantaranya:

Bahan kain yang ringan dan adem, sangat baik untuk bahan mukena travel. Maksudnya mukena dengan bahan ini bisa dengan mudah dibawa-bawa. Karena tidak terlalu tebal ia akan dengan mudah dilipat.

Kelebihan lainnya ialah berkaitan dengan pekerjaan mencuci. Pernah mencuci kemaja atau bawahan dengan bahan kain biasa? terasa berat saat kain basah. Namun tidak demikian dengan kain rayon, meski basah ia tetap terasa ringan dan mudah mencucinya. Meski mencuci dengan tangan sekalipun.

Masih berkaitan dengan cuci-mencuci, pengguna bahan kain rayon senang saat menjemur. Karena akan cepat kering. Jika kalian memiliki waktu sempit untuk bepergian, masih memiliki waktu agar kain rayon kering.

Kekurangan Bahan Rayon

Rasanya kurang sedap jika kita sebutkan kelebihannya saja tanpa menuliskan kekurangannya.

Lantaran tipis atau tidak terlalu tebal, kain rayon tidak disarankan untuk pakaian kaum hawa yang dipakai di luar rumah.

Juga tidak cocok untuk gamis dan digunakan di luar rumah. Berbeda dengan menjadikannya bahan sebagai mukena. Namun harus diingat, saat mengenakan mukena muslimah juga sudah membalutnya dengan pakaian lain sehingga saat memakainya dengan bahan rayon tetap tak tembus pandang.

Karena sifatnya jatuh, saat dijadikan gamis maka kelenturan kain rayon akan mengikuti lekuk tubuh. Nah saat pemakainya berkeringat, tidak menutup kemungkinan bahan rayon ini dapat dengan mudah menempel di badan.

Bahan rayin juga kurang pantas dijadikan pakaian formal. Alasannya pada bagian kerah kemeja akan terlalu lemas, tidak rapi sehingga gampang kusut. Padahal, kemeja formal biasanya menggunakan bahan katun yang agak kaku, sehingga kerah kemeja akan terlihat bagus dan lebih rapi.

Kekurangan lainnya yang dimiliki kain rayon ialah tipis dan menerawang. Tidak semua orang menyukai pakaian yang dikenakannya menerawang.


Baca juga : Enak Dimakan, Elok Dikenakan, Itulah (Batik) Gonggong Tanjungpinang

Baca juga : Empat Perbedaan Batik Solo dan Batik Yogyakarta 

Baca juga : Batik Danar Hadi, Dibuat Atas Nama Cinta

 

Mengapa Memilih Kain Katun Rayon?

Alasan utama yang membuat orang membeli kain Rayon adalah harganya. Untuk diketahui, per metar kain rayon bisa diperoleh dengan harga berkisar Rp35.000 sampai Rp40.0000.

Dengan harga seperti itu, bisa saja kalian mendapatkan jenis kain lain, tetapi sekali lagi, mengapa orang tetap memilih rayon karena jika dipakai adem dan halus.

Hingga saat ini masih sulit mendapatkan harga bahan kain semurah rayon yang  memiliki tingkat keademan, kehalusan dan kenyamanan yang diakui.

Bisa dikatakan rayon adalah salah satu kain paling serbaguna di kehidupan manusia. Ia dianggap memiliki kemampuan yang luar biasa untuk pergeseran bentuk.

Rayon telah dikenal untuk mengambil sifat-sifat sutra, kapas, wol, dan lainnya. ***

4 Responses to " Kelebihan Kain Rayon, Jenis dan Peruntukannya"

  1. Thanks for sharing, mau belanja bahan tapi masih bingung dimana tempatnya? Langsung aja cek toko kain online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya.. Regards : fitinline..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak, klo ada yg mau dipublish disini, silahkan contact saya yaa

      Delete
  2. Terimakasih atas informasinya jadi lebih tau tentang bahan ini

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel