Kampung Batik Semarang, Bisa Belajar Membatik Lho

kampung-batik-semarang-1
Foto - instagram/batik_arjuna_semarang

Kampung batik Semarang, namanya sudah sangat sering disebut. Diantara kampung sejenis, seperti di Laweyan Solo maupun di Jogja, destinasi di Semarang ini juga sayang jika kalian lewatkan.

Kini Kampung Batik Semarang bukan hanya tempat pelesir. Namun sudah menjadi pusat perdagangan serta mencari oleh-oleh bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Sejarah Kampung Batik Semarang

kampung-batik-semarang
Foto - instagram/wisatasemarang

Mungkin ada diantara kalian yang menganggap kampung batik ini baru dibentuk belakangan. Ternyata anggapan itu keliru. Karena nyatanya kampung ini sudah ada sejak zaman penjajahan.

Pada masa kejayaannya tempo dulu, kampung ini pun pernah terbakar pada tahun 1942. Kala itu masih masa penjajahan Jepang. Akibatnya kampung ini seolah-olah hilang dan tak lagi disebut-sebut.

Nah, baru pada 1980, masyarakat lokal berusaha untuk menghidupkan kembali Kampung Batik Semarang. Memang berdiri, namun tak lama kemudian namanya tenggelam. Barulah pada tahun 2006, kampung ini ditata dan dikelola dengan baik sehingga bertahan hingga hari ini.

Berdasarkan sejarah, batik Semarang bahkan lebih dahulu ada ketimbang Jogja dan Solo. Slah satu sumbernya ialah Robyn Maxwell, peneliti tekstil di Asia Tenggara.

Dalam bukunya yang berjudul Textiles of Southeast Asia, ia menyebutkan jika motif batik Semarang sangat berbeda dengan batik Jogja atau Solo.

Beberapa motif batik yang cukup populer adalah Tugu Muda, Lawang Sewu, Asam, dan sebagainya. Ciri khasnya sangat kuat yaitu paduan batik pesisir dengan budaya masyarakat Tionghoa.

Batik Semarang juga terkenal dengan motif lekukan pada kain di bagian bawah yang disebut lung-lungan. Pewarnaan batik pun sangat unik karena menampilkan gambaran kehidupan masyarakat di Semarang.

Lokasi Kampung Batik Semarang

kampung-batik-semarang-2
Sejumlah tamu yang berkunjung ke Kampung Batik Semarang. Foto - instagram/yuli.tjandra

Kampung Batik Semarang terletak di Desa Bojong, Semarang Timur, tidak terlalu jauh dari kawasan Kota Lama dan Pasar Johar. Tepatnya di Bundaran Bubakan, kamu akan menemukan sebuah gapura yang menandai jalan masuk ke wilayah Kampung Batik Semarang.

Jika dari Gereja Blenduk Kota Lama menuju Kampung Batik Semarang, maka harus memutar sampai ke bundaran Bubakan. Gang masuknya berada di samping hotel Horison.

Ketika masuk ke gang dan bertemu belokan ke arah kiri, terlihatlah deretan rumah di sisi kanan dan kiri jalan yang memajang batik. Ada yang memajangnya dengan gantungan, sementara yang lain sudah membangun toko.

Uniknya, proses produksinya juga dilakukan di tempat yang sama. Dengan demikian kalian yang datang bisa melihat secara langsung bagaimana batik dibuat.

Harga dan Motif

kampung-batik-semarang-5
Foto - instagram/kampoengbatiksemarang

Harga batik yang dijual di kampung ini sangat beragam. Masih ada yang bisa kalian bawa pulang dengan Rp50 ribu, jenisnya printing. Sementara untuk batik motif tulis, harganya bisa mencapai Rp5 jutaan.

Perbedaan motif Batik Semarang dan Jogja atau Solo ialah didominasi motif naturalis. Diantaranya berupa ikan, kupu-kupu, burung, ayam, bunga, pohon, pemandangan alam dan bangunan rumah. Hal tersebut tak jauh dari kondisi masyarakat pesisir pantai.

Sedangkan motif batik Solo dan Yogya lebih mengekspresikan simbol-simbol atau norma-norma, sesuai dengan asal-muasalnya yaitu masyarakat kerajaan. Ciri khas batik Semarang karena daerahnya di pesisir corak warnanya cukup berani.

Terdapat berbagai macam motif yang disukai wisatawan seperti motif Peterongan, motif Gajahmungkur, motif Blekok Srondol, motif Parang Asem, motif Lawang Sewu, motif Asem Sedompyok dan masih banyak motif lainnya.

Para pengrajin Kampung Batik Semarang memanfaatkan pewarna alami. Bahan-bahan alaminya seperti kayu mahoni, pohon indigo, dan bahan-bahan alami lainnya. Warna alam ini yang kini sangat digemari kalangan wisatawan mancanegara karena lebih ramah lingkungan. 

Belajar Membatik

kampung-batik-semarang-4
Di Kampung Batik Semarang bisa belajar membatik dari para pengrajin. Foto - instagram/tatabusana_smkbinusa

Tak hanya baju ataupun kain batik, kalian bisa juga membeli barang lain seperti aksesoris. Namun tetap ada bau batiknya, misalnya tas, sepatu, hingga pernak-pernik gantungan kunci bercorak Batik Semarang. 

Nah, ada satu lagi keunikan Kampung Batik Semarang. Di sini kalian bebas jika ingin belajar membatik. Memang tidak semua pengrajin menyediakan tempat belajar. Namun enam dari 10 tempat menyediakannya.

Dengan begitu kalian bebas memilih tempat mana yang akan dijadikan tempat belajar membatik. Cukup dengan membayar ongkos belajar yang tak terlalu mahal, kalian dapat mencoba belajar membatik motif-motif Semarangan seperti motif asam, burung blekok, warak, hingga lawing sewu di sini.

Jangan khawatir, para pengrajin pun siap untuk mengajarinya dengan ramah, tentunya kalian juga dapat membawa pulang hasil tersebut sebagai buah tangan Kampung Batik Semarang. Bila ingin fokus, belajarlah seharian.

Karena akan tahu bagaimana prosesnya, mulai pencantingan hingga pewarnaan sendiri biasanya dimulai sejak pagi hari. Kalian bakal belajar bagaimana rumitnya proses membuat sehelai kain batik. 

Mulai dari menciptakan motif, menggambarkan desainnya di kain, melelehkan malam, membatik, hingga proses pewarnaan dan pencuciannya disini. Tak heran kain tersebut bisa bernilai ratusan ribu hingga jutaan setelah menjadi sebuah batik. ***

0 Response to "Kampung Batik Semarang, Bisa Belajar Membatik Lho"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel