Cara Melipat Celana Kepanjangan dengan Jahit Tangan

Cara melipat celana kepanjangan bisa dilakukan dengan beragam cara. Pertama bisa dilakukan sendiri dengan menggunakan jahit tangan, kedua bisa menggunakan mesin jahit di rumah.

Kalau nggak mau ribet dan kamu termasuk tipe orang yang pingin semuanya serba cepat, bisa langsung ke tukang jahit. Kalau nggak banyak yang dikerjakan paling juga bisa ditunggu.

Celana yang kepanjangan bukannya nggak bisa dipakai. Tetapi dibutuhkan sedikit teknik agar ujungnya nggak terseret. Untuk artikel kali ini saya hanya akan membahas bagaimana cara melipat celana kepanjangan menggunakan jahit tangan.

Cara ini bisa kalian lakukan sendiri. yang diperlukan juga nggak banyak, terutama jarum, benang dan tentu saja ada celana yang kepanjangan. Kalau mau mencoba silakan pakai celana yang mungkin sudah jarang dipakai.

 


 

Cara Melipat Celana Kepanjangan

Langkah-langkahnya sebagai berikut. Oh ya, ada lagi peralatan yang harus kamu dekatkan yakni gunting dan seterika. Untuk tidak berpanjang lebar bagaimana kalau kita langsung saja ke tekape teman-teman?

1. Siapkan Jarum

Menyiapkan jarum untuk urusan ini ialah jarum yang sudah ada benangnya. Panjang benangnya silakan disesuaikan dengan keinginan. Pasti kamu bisa mengira-ira berapa panjang yang dibutuhkan untuk lingkaran ujung celana.

2. Gulung Celana ke Bagian Luar

Selanjutnya gulunglah celana ke bagian luar sesuai dengan lebar yang kamu inginkan. Lanjutkan dengan menandai batas panjang bagian celana kamu pada bagian atas dan bawah. Gunakan jarum atau pin ya.

3. Gulung Lebih Kecil

Langklah berikutnya kalian harus menggulung kembali dengan ukuran lipatan lebih kecil. Ambil saja lebar gulungannya setengah dari ukuran lebar awal. Jangan lupa untuk menandai kembali menggunakan jarum atau pin.

4. Lepas Pin

Sekarang kamu bisa melepas pin yang tadi digunakan sebagau penanda. Lantas lipat ujung potongan di kedua sisi, dan lipat seluruh celana bagian dalam ke luar.

5. Rapikan dengan Seterika

Setelah semua pin dilepas, kamu harus merapikannya menggunakan seterika. Maksudnya pasti kalian paham, biar lipatan yang baru dibuat terlihat lebih rapi.

6. Jahit

Ambil jarum tangan yang sudah disisipi benang lalu jahit bagian sisi atas dan bawah lipatan kamu secara mengelilingi bagian celana. Ini juga penting untuk diperhatikan, ada baiknya kalian menggunakan warna benang sewarna dengan celana yang kamu jahit ujungnya.

7. Balik Jahitan

Langkah paling akhir dari cara melipat celana kepanjangan ialah balikkan bagian jahitan ke dalam agar terlihat lebih keren. 

Nah, itulah cara melipat celana kepanjangan yang bisa kalian tangai sendiri. Semoga bermanfaat ya sobatbatik sedunia. ***

0 Response to "Cara Melipat Celana Kepanjangan dengan Jahit Tangan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel