Menghilangkan Bau Apek pada Baju Batik

Menghilangkan bau apek pada baju batik yang akan kita bahas kali ini sebenarnya bukan hanya digunakan untuk busana batik. Pada intinya cara ini bisa juga diterapkan pada jenis kain lain.

Bagi yang belum tahu bagaimana menghilangkan bau apek pada baju batik sebaiknya membaca artikel ini. Apalagi jika sembrono melakukannya pada baju batik favorit. Kan nggak lucu jika cara melakukannya nggak benar malah membuat nggak karuan hasilnya.

Kayaknya setiap orang yang mengenakan baju yang baunya apek merasa nggak nyaman, ya? Atau ada sobat batik semua yang cuek bebek saja saat mengenakan baju batik yang apek.

Mungkin bagi kalian atau pemakainya sendiri bisa cuek, namun yang harus diingat bahwa di sekeliling kita ada banyak manusia. Sehingga menghilangkan bau apek pada baju adalah satu-satunya cara agar penampilan kalian tetap hangat dan hmmmm harum.

Baju batik yang berbau apek bisa disebabkan oleh beberapa hal. Pertama karena menyimpannya di tempat yang lembab sehingga muncul jamur. Kalau tidak dibersihkan, aromanya akan melekat di permukaan baju batik.

Foto : Thinkstok

Kedua karena kalian membiarkan baju batik direndam terlalu lama. Biasalah, ada banyak alasan untuk menghindari perintah mencuci segera. Entah waktunya nggak ada, sibuk sana-sini, mengerjakan tugas dan sebagainya dan sebagainya.

Baca juga : Batik Garuda, Pemahaman dan Sejarahnya

Baca juga : Kelebihan Sepatu Jeans (Denim) 

Baca juga : Sajadah Travel Cocok Kala Pandemi, Hanya Rp99 Ribu

 Terdapat beberapa cara untuk menghilangkan bau apek pada baju batik. Salah satunya menggunakan soda, cuka, boraks dan alkohol.

Bau jamur yang menusuk pada baju batik memerlukan penanganan khusus. Kalian harus mengetahui apa biang kerok yang memicu kelembaban dan menghilangkannya.

Baju batik itu perlu ditangani apalagi jika sudah memiliki kandungan spora jamur. Ada cara-cara untuk menghilangkan jamur, berikut salah satunya:

1. Tambahkan 1 sdm soda ke detergent pada saat melakukan pencucian
2. Encerkan detergen bubuk dengan cuka masak yang bisa dipakai untuk membersihkan
3. Campur boraks bersama air hangat, tambahkan dengan detergen, rendam baju dalam larutan ini kurang lebih 2-3 jam, lalu bersihkan.
4. Untuk baju yang bahannya tidak dapat dicuci, bisa dilap dengan larutan amonia dengan takaran sedikit saja, atau disemprotkan dengan larutan alkohol dari botol semprot. Selanjutnya baju digantung dan didiamkan sampai mengering.
5. Jangan menggantung jas atau jaket basah di almari .Topi juga harus dikeringkan sebelum ditaruh di almari.

Nah, ribet ya tampaknya menghilangkan bau apek pada baju batik? Atau malah ada yang berpikir ah mendingan beli yang baru saja hehe. yang tajir sih silakan, yang duitnya pas-pasan? Hadeew...

Saran saya buat sobat batik yang tak ingin koleksinya bau apek, jangan terlalu lama membiarkan baju batik di gantungan dalam almari. Apalagi kalau dilipat.

Sesekali pakailah. Kalau memang terlalu banyak baju batik di almari, pisahkan saja yang kira-kira sudah agak lama atau modelnya sudah nggak menarik lagi. Lalu berikan ke panti asuhan.

Demikianlah sobat, semoga artikel menghilangkan bau apek pada baju batik ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel lainnya. ***

0 Response to " Menghilangkan Bau Apek pada Baju Batik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel