Gajah Oling, Motif Batik Banyuwangi yang Tersohor

Batik Banyuwangi? Kedengarannya gimana gitu ya di telinga kalian sobat batik? Karena biasanya kalau menyebut Banyuwangi yang langsung dikirimkan ke otak ialah berbagai lokasi wisatanya yang sangat beragam. Kawah Ijen, Pantai Pulau Merah, Pura Agung Blambangan dan sebagainya.

Namun ternyata Batik Banyuwangi itu ada. Nah, kalian ada yang baru tahu kan? Dengan demikian saat kalian berwisata ke salah satu kabupaten di Jawa Timur ini bisa mendapatkan banyak hal. Bisa rekreasi di alam, laut dan pulangnya membawa oleh-oleh Gajah Oling.

Apa itu Gajah Oling? Yup, itu adalah salah satu motif batik yang cukup kondang di Banyuwangi. Di daerah yang mendapatkan julukan Bumi Blambangan ini, ketika kalian menanyakan apa yang bisa dijadikan oleh-oleh, maka Batik Banyuwangi motif Gajah Oling akan menjadi salah satu yang direferensikan.

Kayaknya ada yang menerka-nerka arti kata gajah oling ya? Kata gajah mengarah ke salah satu hewan terbesar dibumi yang memiliki belalai dan gading yang keberadaannya semakin terancam punah. Hehe.... sebelum bingung yuk kita teruskan membaca artikel ini.

Dikutip dari innagroup.co.id, Gajah Oling memang berasal dari sumber kata gajah dan uling, yang artinya sejenis ular yang hidup di air. Wujudnya menyerupai belut.

Arti kata Batik Banyuwangi Gajah Oling ini disampaikan oleh pemilik Sanggar Batik Virdes di Desa Simbar, Kecamatan Cluring, Suyadi. Virdes sendiri kependekan dari Virgo Dewi Suyadi. Karena baik Suyadi maupun Dewi - istrinya, sama-sama memiliki zodiak Virgo.

Ciri yang bisa kalian temukan dari motif ini adalah bentuk yang menyerupai tanda tanya. Filosofi yang ada, bentuk tadi bisa menyerupai bentuk belalai gajah sekaligus uling (semacam belut). Bentuk ini adalah inti atau fokus utamanya.

Untuk memberikan indah dan meriah, maka dikelilingi dengan bentuk ornamen lain. Ada yang memberinya kupu-kupu, suluran (semacam flora laut), manggar (bunga pinang atau kelapa). Biasanya Batik Banyuwangi motif Gajah Oling dituangkan ke atas permukaan kain putih.

Foto : Instagram : batikmuktiyasa


Sementara dari wikipedia, Gajah Oling adalah ragam hias atau motif yang identik dengan Banyuwangi. Gajah Oling, khususnya bagi kalangan pembatik, dipercaya sebagai motif paling tua di antara motif-motif batik Banyuwangi lainnya.

Selain batik, ragam hias Gajah Oling juga banyak diterapkan pada aneka rupa budaya visual, seperti mural, ukiran, dekorasi dan grafis.

Ada juga yang menjelaskan makna Gajah Oling sebagai perpaduan kata gajah yang berarti hewan besar dan oling yang artinya mengingat dalam bahasa Using. Filosofinya adalah supaya manusia senantiasa mengingat yang Maha Besar.

Baca juga : Batik Sasirangan Banjarmasin, Dipamerkan Hingga Ke Amerika

Baca juga :  Panduan Memilih Piyama atau Pakaian Tidur

Baca juga : Menghilangkan Bau Apek pada Baju Batik

Batik Banyuwangi motif Gajah Oling juga menjadi kebanggaan masyarakat setempat. Bahkan Pemdanya sejak 4 Maret 2009, setiap hari Kamis, Jumat dan Sabtu, wajib mengenakan seragam batik motif ini.

Fungsi batik Gajah Oling Banyuwangi juga dapat disaksikan ketika digelar kesenian tradisional berupa tari Gandrung dan upacara adat Seblang. Juga dipakai sebagai busana khas daerah Banyuwangi yaitu Jebeng dan Thulik.

Foto : Instagram : batikmuktiyasa


Mengutip Ensiklopedi Banyuwangi, motif Gajah Oling dilatarbelakangi oleh sifat heroisme masyarakat Blambangan (cikal bakal Banyuwangi) untuk tidak terjajah oleh Mataram ataupun Bali. Oleh karenanya, motif Gajah Oling berbeda dengan batik Yogyakarta dan Solo (dahulu Mataram) dan Bali.

Gajah Oling ini melengkapi keberadaan motif lain yang dimiliki Banyuwangi. Hingga saat ini, sedikitnya ada 22 motif Batik Banyuwangi yang tersimpan di Museum Budaya Banyuwangi.

Di luar Gajah Oling ada motif Kangkung Setingkes, Paras Gempal, Kopi Pecah, Sekar Jagad, Alas Kobong, Gedekan, Ukel, Moto Pitik, Sembruk Cacing, Blarak Semplah, Gringsing, Semanggian, Garuda, Cendrawasih, Latar Putih, Sisik Papak, Maspun, Galaran, Dilem Semplah, serta Joloan dan Kawung.

Jumlah ini belum termasuk dengan motif-motif batik lain yang belum diberi nama. Kaya sekali Indonesia dengan motif batik. Kita harus bangga ya sobatbatik. ***

0 Response to "Gajah Oling, Motif Batik Banyuwangi yang Tersohor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel