3 Motif Batik Parang Kusumo, Kalian Harus Tahu

batik-parang-kusumo

Salah satu motif batik tertua di Indonesia ialah motif batik parang kusumo. Motif ini memiliki filosofi perjuangan untuk menjadikan sebuah kehidupan penuh arti.

Namun perjuangan itu harus dilandasi dengan keharuman lahir dan batin, ibarat keharuman bunga (kusuma).

Ketika kalian kondangan, mungkin sering malihat motif batik parang kusumo dikenakan pengantin pada adat Jawa. Namun sejatinya, batik parang kusumo pada zaman dahulu hanya bisa dikenakab oleh keluarga dan keturun raja.

Motif Batik Parang Kusumo

Motif batik lawas ini memiliki tiga jenis yang akan kita baca satu persatu.

1. Motif Parang Kusumo Yogyakarta

Motif Parang Kusumo Jogja ini sekilas terlihat sangat sederhana. Meski demikian, motif kain ini nampak elegan. Corak utama batik tersebut hanya berupa kombinasi pola ‘S’ serta bulatan-bulatan dan pola permata di ujungnya.

Paduan warna yang netral dengan kombinasi dua atau tiga warna membuat kesan sederhana dan elegan pada motif batik ini. Batik ini cocok dipadukan dengan berbagai macam outfit, mulai dari tampilan formal maupun casual.

2. Motif Parang Kusumo Solo

Meski namanya hampir sama dengan motif parang kusumo Jogja, namun keduanya tidaklah sama. Batik parang kusumo memiliki garis-garis yang lebih tegas. Selain itu, pola huruf ‘S’ pada corak ini juga lebih ramping daripada parang kusumo Jogja.

Batik ini biasanya dipakai oleh pengantin wanita pada saat upacara tukar cincin. Meskipun sederhana, motif ini terlihat menarik. Kamu bisa menjadikannya sebagai atasan maupun bawahan yang membuat tampilanmu makin fashionable.

3. Motif Parang Kusumo Seling Rusak

Meski ada embel-embel rusak, namun motif ini sangat menarik bentuknya. Penciptanya juga bukan sembarang warga, melainkan Panembahan Senopati saat bertapa di Pantai Selatan. 

Motif ini terinspirasi dari deburan ombak yang tidak pernah habis. Ombak juga gigih menghantam karang di pantai. Tak pelak jika makna yang dikandung motif batik ini ialah melambangkan kekuasaan dan kekuatan.

Para pembatik motif parang kusumo harus memiliki ketenangan dan kesabaran yang luar biasa.

Masih ada yang memercayai, kesalahan dalam proses pembuatannya dipercaya akan menghilangkan kekuatan gaib batik tersebut.

Namun jangan lihat dari sisi tersebut, karena ini warisan budaya negeri ini dan sekarang sudah banyak digunakan untuk pakaian sehari-hari.

Memiliki dominasi warna cokelat, motif batik parang kusumo seling rusak mengesankan lebih berani dibandingkan dua motif sejenis sebelumnya. ***

0 Response to "3 Motif Batik Parang Kusumo, Kalian Harus Tahu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel