Batik Madura, Pola, Ciri-ciri dan Karakternya

batik-madura-1097
Sumber foto: Instagram @batikmaduraku

Batik Madura mempunyai macam warna yang tidak kalah cantik dibanding batik yang lain yang berada di Indonesia. Karena itu tidaklah aneh beberapa orang menyenanginya. Atau kalian kerap mengenakannya untuk kondangan dan acara pesta?

Makin hari, Batik Madura makin dikenali warga luas. Untuk beberapa orang, ketretarikannya akan batik ini karena dipandang mempunyai kekhasan tersendiri.

Pola Batik Madura

Sebetulnya ada bermacam pola batik madura yang sekarang ini berada di pasar. Tetapi beberapa ada yang cukup kerap dibicarakan.

Atau saat kalian searching mengenai Batik Madura, karena itu pola yang bakal kita bahan berikut ini masih dalam daftarnya.

Pola Lancor

Batik dengan pola lancor ini biasa disebutkan dengan batik Pamekasan. Nama lancor mengarah pada Menara yang ada di alun-alun Pamekasan. Batik pola ini sebagai batik yang dibikin pada kain premis atau populer.

Kekhasan batik catat Pamekasan berada pada berwarna yang tajam dengan pola daun atau bunga. Dalam pewarnaannya, batik ini memakai bahan warna yakni naptol untuk warna merah, dan biru. Bahan warna remasol untuk warna kuning, merah mawar, merah muda, biru langit, dll.

Pola Serat Kayu

Batik Madura dengan pola serat kayu sebagai batik kualitas sedang yang dibikin di Kecamatan Proppo sisi Selatan. Batik ini memakai pewarna soul dan premis.

Batik pola serat kayu menunjukkan pola berbentuk garis-garis yang bengkok hingga seperti serat yang ada pada permukaan kayu. Pola ini benar-benar unik dan berlainan dari pola yang lain, karena polanya seperti retakan yang lembut serupa dengan struktur kayu.

Pola Pancawarna

Batik pola ini mempunyai keunikan pemakaian gabungan warna dalam gradasi yang unik dan berkilau dengan pola yang sederhana. Keelokan berwarna membuat batik dengan pola ini jadikan salah satunya kelebihan batik ciri khas Madura.

Corak dasar pola batik ini, abstrak yang bersatu prima dengan pola bunga. Jika kamu sedang memerlukan kain beragam warna yang cantik, kamu dapat pilih pola batik ini sebagai unggulanmu

Ciri-ciri Batik Madura

Merilis Kompas, batik Madura tidak cuma mempunyai keelokan, tetapi juga cerminan karakter Madura. Keberanian dan keteguhan orang Madura munculkan beberapa warna berani.

Berevolusi melalui laporkan bermacam budaya, batik madura ialah cermin watak aktif, egalitarian, kegemaran untuk serba ringkas, sekalian kemauan melimpah-luap untuk "exist" dengan tampil berbeda.

Titik putih ini menjadi satu diantara ciri-ciri khusus dari batik Madura. Pada umumnya design batik Madura dipengaruhi oleh kepantaian pulau Madura. Sementara warna merah, hijau, biru, dan kuning jadi lambang proses batik Madura sesuaikan corak alam asli pulau Madura.

Perihal ini pula yang membuat pola Madura mempunyai keunikan tertentu dan berlainan dengan wilayah lainnya. Keunikan batik madura yang paling gampang dikenal karena ada warna merah pada pola bunga, daun, atau batang.

Karakter Batik Madura

Pada umumnya karakateristik batik Madura bisa disaksikan dari 2 hal, yakni polanya dan warna. Dari sisi warna, batik Madura condong berani dan tegas, seperti warna merah, kuning, warna biru, dan hijau.

Warna yang dipakai pada batik Madura memberikan kesan-kesan ceria, menguasai, dan bermacam seperti merah, kuning, biru dan hijau. Masing-masing warna bermakna tersendiri.

  • Pertama, warna merah, menyimbolkan watak warga Madura yang keras dan kuat. 
  • Ke-2, warna hijau menyimbolkan warna regili. Masalahnya beberapa kerajaan islam dibangun dan berkembang di Madura.
  • Ke-3, warna kuning menyimbolkan bulir-bulir padi pertanian punya warganya. 
  • Ke-4, warna biru menyimbolkan warna laut yang melingkari sekitaran pulau Madura.

Nah, kalian tentu ingin tahu dan tertarik sama Batik Madura, kan? ***

0 Response to "Batik Madura, Pola, Ciri-ciri dan Karakternya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel