Bahan Corduroy, Keistimewaan dan Cara Perawatannya

Apa hal pertama yang terfikirkan kalo membaca kata corduroy?Biasanya yang  terlintas adalah celana atau jaket, atau bisa juga vintage (jadul).  Karena memang bahan corduroy sudah ada sejak akhir abad ke-18.
Ciri khas bahan corduroy adalah memiliki pola garis-garis timbul secara  paralel pada permukaan kainnya. 

Foto : Instagram ootdsupply 

Berasal dari Serat Yang Dipuntir

Dulu bahan corduroy terbuat dari serat katun. Struktur serat pada kain  ditwist (dipuntir) terlebih dahulu, kemudian ditenun menjadi sebuah kain.  Hasil dari penenunan tersebut akan menghasilkan pola garis-garis paralel  pada permukaan kain.
Selain serat katun, bahan corduroy juga diproduksi dari serat acrylic,  rayon, polyester, dan kombinasi dari beberapa jenis serat.Bahkan ada juga  yang digabung dengan bahan spandek sehingga bahannya menjadi lebih lentur.
Foto : Instagram lacerba_

Keistimewaan Bahan Corduroy

Bahan corduroy biasanya dipakai untuk membuat celana, overall, jaket, rok,  maupun jaket. Bahannya yang mempunyai tekstur tidak kasar dan tahan lama  mempunyai penggemar tersendiri. Beberapa hal ini yang membuat bahan corduroy  menjadi istimewa adalah :
1. Bahan corduroy cenderung kuat. terbilang kokoh, dan tidak gampang rusak.  Terlihat cukup tebal, namun ringan kalau dipakai.
2. Tidak mudah kusut. Dipakai dalam jangk waktu yang lama tetap memberikan  kesan rapi.
3. Bahan corduroy yang unik membuat penampilan pemakainya menjadi berkelas,  dan terlihat keren. Dari tampilannya orang akan langsung mengenali bahan  corduroy ini.
4. Dikenal sebagai bahan yang hangat, tahan lama, dan perawatannya yang  lebih mudah.
5. Mempunyai variasi warna yang lebih beragam, dan juga pilihan tingkat  keregangan (stretch) yang bermacam-macam.
6. Tidak memerlukan pelapis apabila akan dipakai untuk membuat busana,  karena bahan corduroy memiliki berbagai tingkat ketebalan.
 
 
Foto : Instagram : carlasaibene

Cara Perawatan Bahan Corduroy

Perawatan busana dari bahan corduray tidaklah sulit. Yang harus diperhatikan  adalah, jangan menunda membersihkan noda pada saat itu juga. Apabila noda  ada bahan corduray terlalu lama dibiarkan, maka akan semakin mengendap,  bahkan bisa meninggalkan bekas.
Berikut beberapa tipsnya :
- Pisahkan pakaian berbahan corduroy dengan pakaian berbahan lainnya. Jenis  bahan corduroy memiliki tekstur yang mirip dengan beludru, sehingga kotoran  mudah menempel.
- Jangan merendam terlalu lama, cukup 5 - 10 menit saja, karena perendaman  yang terlalu lama bisa menyebabkan serat kain menjadi rapuh.
- Sebaiknya menggunakan deterjen yang khusus untuk mencuci pakaian berbahan  lembut, seperti sutra atau beludru. Hindari mencuci menggunakan deterjen  bubuk karena butirannya bisa menempel pada sela serat bahan corduroy.
- Gunakan air dingin atau air dengan suhu normal. Air hangat akan membuat  serat kain mudah rapuh saat kering.
- Mencuci bahan corduroy secara manual akan lebih baik. Untuk bagian yang  terkena noda bisa digosok terlebih dahulu menggunakan kain halus yang sudah  dibasahi.
- Kucek bahan corduroy dengan perlahan supaya tidak merusak serat kain.  Mengucek dengan kencang akan membuat serat rontok dan kasar pada saat kering  setelah dicuci.
- Keringkan bahan corduroy secara alami, jangan menggunakan pengering mesin  cuci karena bisa membuat serat kain berantakan dan permukaan kain menjadi  kasar. Jemur di tempat yang teduh, kibaskan terlebih dahulu sebelum dijemur.
Semoga artikel ini bermanfaat***





0 Response to "Bahan Corduroy, Keistimewaan dan Cara Perawatannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel