Tips Merawat Sepatu di Musim Hujan

Selain baju atau tas, sepatu menjadi item fashion yang banyak dicari bahkan  dikoleksi. Tidak hanya dikoleksi, supaya lebih awet, sepatu harus dirawat juga. Apalagi sekarang sudah memasuki musim hujan. Ada kalanya hujan datang tiba-tiba dan  mengakibatkan sepatu kita basah dan gampang sekali kotor. Tidak hanya basah  di bagian luar, bahkan sampai ke bagian dalam. Sepatu yang basah tentu saja  harus segera dibersihkan. Kalo tidak akan menjadi sarang kuman dan  menyebabkan bau yang tidak sedap.
Apa saja yang harus diperhatikan untuk merawat sepatu di musim hujan supaya tetap  awet? Yuk Intip tipsnya...

Mencuci Bagian Dalam Sepatu

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencuci bagian dalam sepatu.  Langsung lepaskan insole sepatu apabila bisa dilepas. Apabila tidak bisa  dilepas, maka harus segera dicuci bersih ya. Kemudian dikeringkan dengan  cara diangin-anginkan atau didiamkan saja sampai kering dengan sendirinya.

Bersihkan Sisa-Sisa Kotoran

Pada saat sepatu sudah dalam keadaan setengah kering, bersihkan kotoran yang  menempel. Gunakan sikat kering yang berbulu halus supaya permukaan sepatu  tidak rusak. Bisa juga menggunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan  bagian sepatu yang kotor. Membersihkan sepatu dalam keadaan setengah kering  memudahkan untuk menyikat bagian yang kotor. Gunakan sikat kering ya, sikat  yang dibasahi air akan lebih sulit digunakan untuk membersihkan kotoran.
Bagian outsole atau sol bagian bawah juga wajib dibersihkan ya, biasanya  daerah yang paling kotor.

Jangan Merendam Sepatu

Kalau kamu berfikir merendam sepatu akan lebih cepat dan gampang  membersihkan kotorannya, maka hal itu adalah kurang tepat. Bahkan bisa  membuat warna sepatu menjadi cepat pudar. Jadi jangan dilakukan ya. Cuci  sepatu secara rutin berkala, misalnnya dua atau 4 minggu sekali, kecuali  pada saat keujanan dan basah harus segera dikeringkan atau dicuci apabila  kotor.

Gunakan Kertas Koran atau Kertas Tissue

Supaya yakin sepatu yang dicuci sudah benar-benar kering bungkuslah sepatu  menggunakan kertas koran ataupun kertas tissue. Air akan mudah terserap  menggunakan kedua jenis kertas tersebut.
Kertas koran atau kertas tissue juga bisa dimasukkan ke dalam sepatu yang  berfungsi menjaga bentuk sepatu.


Menjemur Sepatu di Tempat Teduh

Setelah dicuci bersih, angin-anginkan saja sepatu di tempat yang teduh.  Jangan menjemur langsung di terik panas matahari, karena dapat membuat serat  yang ada pada sepatu menjadi mengkerut. Aroma tidak sedap juga dapat yang  ditimbulkan dari menjemur langsung di panas matahari. Bisa juga menggunakan  kipas angin ataupun hair dyer untuk mengeringkan sepatu, tetapi alangkah  baiknya dijemur di tempat yang teduh sampai benar-benar kering.

Mencuci Tali Sepatu

Hal yang kadang dilupakan adalah mencuci tali sepatu. Caranya cukup gampang  kok. Lepaskan dan rendam tali sepatu ke dalam cairan sabun cuci hingga  kotoran terangkat, atau minimal 30 menit. Kotoran akan hilang dengan  sendirinya, kemudian bilas dengan air bersih dan jemur hingga kering. Tali  sepatu juga harus dibersihkan supaya penampilan juga makin keren.

Masukkan ke Dalam Kotak Sepatu

Jangan lupa setelah sepatu dibersihkan, masukkan ke dalam kotak sepatu dan  selipkan  silica gel yang berfungsi untuk menjaga kelembaban sehingga sepatu  tidak mudah berjamur.

Demikian sedikit tips merawat sepatu di musim hujan, semoga bermanfaat dan  bisa membuat sepatu kalian menjadi lebih awet***

0 Response to "Tips Merawat Sepatu di Musim Hujan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel