Mengapa Harus Bangga Pakai Batik Indonesia?

Batik Indonesia memiliki sejarah yang tua. Bahkan leboih tua dari saya dan juga sobat batik semua hehe. Eh kalau orang tua kan biasanya banyak pengalaman hidup dan bijaksana menyiasati hidup. Kalau batik Indonesia seperti itu juga nggak, ya?

Menurut saya, Batik Indonesia adalah salah satu jenis kain bermotif yang sangat pantas untuk dikenakan. Perkembangan zaman jug telah melahirkan motif batik yang sangat beragam.

Jika zaman dahulu Batik Indonesia cenderung hanya dikenakan orang-orang tua. Bahkan karena tak semua bisa membeli, hanya kalangan tertentu saja yang bisa mengenakannya. Namun itu dahulu. Lain lagi sekarang.

Mau usianya anak-anak, remaja, tua, tua banget pun bisa tetap mengenakan pakaian dengan motif batik. Mengapa? Karena orang Indonesia sangat kreatif, menciptakan beragam warna dan motif batik yang bisa disesuaikan dengan usia penggunanya.

Keunggulan Batik Indonesia

Tari Ambabar Batik karya Jonet Sri Kuncoro, S.Kar., M.Sn., menjadikan motif kain batik sebagai inspirasinya. Foto - instagram/pariwisatasolo

Sebagai warga Bekasi, eh warga Indonesia, saya pribadi melihat ada banyak alasan mengapa kita tak harus malu mengenakan busana batik. Saya sendiri memiliki beberapa koleksi busana batik, juga kain-kain yang senantiasa dijaga. Dan saya rasa demikian juga dengan sobat.

Motifnya Sangat Banyak

Tak bisa dipungkiri, hampir setiap daerah di Indonesia kini memiliki motif batik sendiri. Kalau menyebut Pekalongan, Cirebon, Lasem, Yogyakarta mungkin tak aneh karena kota-kota tersebut memang tempat lahirnya batik dengan ciri khasnya masing-masing.

Tetapi cobalah sobat batik Indonesia jalan-jalan ke kota-kota lain yang nggak ada sejarah batiknya, akan tetap menemukan outlet batik lokal. Ini tentu menggembirakan karena tak sedikir warga yang kemudian membatik dan mengambil motifnya berdasarkan apa yang dilihatnya di daerah tempat tinggalnya.

Bisa Menyesuaikan dengan Modernisasi

Jessica Alba, Paris Hamilton, Nelson Mandela atau tokoh kelas dunia saja pernah kepergok kamera mengenakan Batik Indonesia. Artinya mengenakan batik bukan selalu harus mengenakan sandal, harus berkebaya, sanggulnya besar dan anggapan lain yang memang seperti itu dulunya.

Batik bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Peran serta para desainer tentu tak dapat dianggap remeh untuk mengenalkan batik sehingga mampu terkenal seperti ini.

Perpaduan Warnanya Unik dan Ekslusif

batik banyumasan
Batik Banyumasan. Foto - instagram/batik_banyumasan
Warna yang dipakai para pembatik memiliki kekuatan tersendiri. Selain batik berbahan kimia untuk warnanya, belakangan ini malah muncul kesadaran para perajin batik untuk kembali ke alam. Maksudnya bukan membatik di bawah pohon mangga yang rindang.

Kembali ke alam ialah mereka melakukan percobaan demi percobaan untuk mengetahui apakah sebuah pohon memiliki zat pewarna. Kalau nggak batangnya ya daunnya, akarnya dan sebagainya. Dengan warna berbahan alam ini membuat perpaduan warna batik sangat indah dilihat.

Hampir Sebagian Besar daerah Menghasilkan Batik

Seperti pada poin pertama yang saya tuliskan di atas, Batik Indonesia bukan lagi batik yang hanya dimiliki satu atau dua daerah.

Mudahnya transportasi dan teknologi memungkinkan proses transfer knowledge tentang ilmu membatik bisa dengan mudah ditularkan. Banyak workshop didirikan di sejumlah kampung batik.

Kehadirannya tentu membantu werga daerah lain yang ingin memiliki batik sendiri. Selain itu lahirnya internet juga membantu setiap daerah untuk berusaha tidak menjiplak motif daerah lain. Informnasinya bisa dengan mudah ditemukan di dunia maya.

Cocok di Berbagai Acara

Sekarang saya bertanya kepada sobat Batik Indonesia. Mau pergi ke mana atau metencanakan mengikuti acara apa minggu ini, atau bulan depan? mau rapat di kantor, ikut menyambut tamu penting, undangan perkawinan, arisan atau sekadar jalan-jalan?

Semua bisa mengenakan batik. Lha wong sekarang ini sangat banyak modifikasi batik. Bahkan kaos dengan motif batik pun sudah banyak. Apalagi kalau hanya mau mencari setelan batik untuk resepsi pernikahan teman dekat.

Warnanya juga bisa dipilih. yang usianya sudah menua tetapi ingin tampak lebih muda boleh menggunakan batik dengan warna cerah. Atau yang ingin tampak kalem ya beli batik dengan warna dan motif yang sederhana.

Baca juga : Sepatu Flat Cantik Dari Batik Garutan

Semaraknya Lomba Batik

Foto - instagram/yuzunijino
Banyaknya lomba membatik di berbagai daerah di Indonesia juga mempu membangkitkan kebanggaan kita akan batik. Karena dengan lomba ini menutup celah matinya ketramnpilan membatik.

Apalagi lomba membatik dilakukan secara berkala. Selalu ada peserta baru yang mendaftarkan diri. Bisa saja ciptaan motifnya belum pernah ada dan bisa menjadi kekayaan oleh-oleh bagi daerahnya.

Lomba batik juga dalam bentuk peragaan buasa dengan bahan utama batik. Lomba semacam ini menjadi ajang bagi pengusaha batik untuk mengenalkan produk unggulannya ke hadapan publik.

Kesenian Membatik Digemari Remaja

Kalau sobat Batik Indonesia ke Kampung Tegalrejo, Gedangsari, Kunung Kidul, banyak anak-anak muda yang justru menggeluti usaha sebagai pembatik. Hal ini tak lepas dari kenyataan jika batik bisa memberikan sumber penghasilan yang lumayan.

Para pembatik senior juga semakin rajin menularkan ilmunya kepada anak-anak muda yang memiliki ketertarikan. tentu membanggakan jika batik juga ada yang sudah mulai diajarkanj di sekolah sebagai mata pelajaran keterampilan.

Sarat dengan Makna dan Filosofi

Foto - instagram/analogi_batik
Siapa yang tak bangga menganakan busana batik dengan makna motif yang sangat dalam? Saya sudah membaca banyak artikel, bertanya kepada beberapa pelaku usaha batik dan diskusi sesama penggemar batik, selalu menarik bicara soal filosofinya.

Dan sejauh ini, tak ada para penemu batik yang menanamkan makna atau filosofi buruk untuk motif yang mereka ciptakan. Semuanya bicara tentang semangat, kebersamaan, mahluk yang memiliki Tuhan, keseimbangan alam, tumbuhan, hewan dan sebagainya.

Itulah sederat hal yang menurut saya membuat bangga siapa saja yang mengenakan Batik Indonesia. Mari mengenalkan batik ke semua orang sobat...

0 Response to "Mengapa Harus Bangga Pakai Batik Indonesia?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel