Yuk Belanja ke Batik Soga Solo, Nyaman dan Lengkap

batik-soga-solo-1

Batik Soga Solo? Hm... kayaknya pernah dengar ya, tetapi apa sih menariknya toko ini? Yuk kita kupas tempat yang banyak dikomentari netizen di internet ini.

Kalau kalian kebetulan datang ke kota Solo di Jawa Tengah dann ingin mencari oleh oleh, tidak ada salahnya kalian mengangendakan datang ke Toko Batik Soga Solo.

Memang harus diakui, sebagai kota budaya dengan peninggalan batiknya, Solo memiliki sejumlah gerai. Namun yang satu ini memang berbeda dengan yang lain karena koleksi, tempatnya yang membuat banyak pembeli merasa nyaman.

Arti Kata Soga

Bagi yang belum pernah ke sana, nih saya berikan bocoran cukup banyak tentang toko batik legendaris ini.

Mengapa diberi nama Soga pada tokonya? Ternyata Soga adalah nama pohon dengan bunga yang berwarna kuning.

Soga kemudian menjadi istimewa karena batangnya yang kecil bisa dipotong lalu direbus untuk menghasilkan bahan pewarna coklat kekuningan.

Dan oleh pemiliknya, warna inilah yang kemudian diaplikasikan ke warna dinding ruangan yang memang didominasi coklat dan kuning. Pemilihan warna ini justru membuat kesan yang menawan.

Warna ini dianggap klasik sehingga diabadikan karena memiliki filosofi kesederhanaan dan kerendahan hati dalam hidup.

Alamat Batik Soga Solo

 

 Sebenarnya toko batik ini sangat mudah dijangkau. Apalagi dengan aplikasi online yang akan mempermudah kalian yang ingin berbelanja batik di sini.

Namun nggak ada salahnya saya cantumkan agar kalian bisa langsung datang setibanya di Kota Solo.

Batik Soga Solo beralamat di Jalan dr Rajiman nomor 472 - 474, Bumi, Kecamataman Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah Kode Pos 57148.

Laweyan adalah kecamatan yang terletak di barat kota Surakarta. Kecamatan ini terkenal karena penduduknya banyak yang menjadi produsen dan pedagang batik, sejak dulu sampai sekarang.

Rute Menuju Toko

Kita jadikan alun-alun Lor Surakarta sebagai pedomannya ya sobat batik. Kalau di Jawa, setiap kota nyaris memiliki alun-alun berupa lapangan besar yang terdapat masjid di salah satu sisinya.

batik-soga-solo-2

Jika kalian sudah di alun alun lor, bisa langsung jalan kaki menuju arah barat sejauh 3,3 kilometer. Bagi pelancong, tentu akan asyik jika jalan kaki.

Kalian akan melalui Jalan Rajiman. Tetapi kalau ingin naik moda transportasi online yang sudah banyak terdapat di sini, hanya butuh waktu 10 menit.

Namun perjalanan bisa agak lama jika kondisi lalulintasnya macet. 

Motif Batik Soga Solo

batik-soga-solo-5

Alhamdulillah, akhirnya tiba di lokasinya. Kalian akan mendapatkan banyak pilihan ketika masuk ke dalam.

Sejumlah motif batik yang sangat beragam akan terpampang di depan mata. Hmmm, awas ya jaga keuangan jangan sampai kelupaan hehe.

Berikut ini adalah motif batik terkenal yang bisa kalian beli dari Toko Batik Soga Solo:

a. Motif Batik Kawung

Motif batik kawung dapat dikenali dengan melihat bentuknya berupa bulatan mirip buah kawung yang diatus sedemikian rupa dengan sangat rapi secara geometris.

Sebagai catatan, motif ini spesial karena awalnya hanya dipakai oleh kalangan istana.

Anggota kerajaan mengenakan batik dengan motif kawung karena mengandung makna keperkasaan dan keadilan.

b. Motif Batik Parang Kusuma

Ada lagi motif batik parang kusuma yang sering sering digunakan dalam pernikahan adat Jawa, yaitu kala tukar cincin. 

Motif Batik Parang Kusumo mengandung makna hidup harus dilandasi oleh perjuangan untuk mencari keharuman lahir dan batin, ibarat keharuman bunga (kusuma). Motif Batik Parang Kusumo 

c. Motif Batik Truntum

Kalau ingin menjadikan koleksi, silakan bertanya kepada para karyawan yang akan melayani kalian dengan sangat sopan. Ada satu lagi motif termashur yaitu Batik Truntum.

Batik truntum menjadi salah satu motif batik klasik yang kesannya kumpulan kerlip bintang. Nama truntum berasal dari kata ‘tumaruntum’ yang dalam bahasa jawa berarti tumbuh bekembang.

Motif ini juga spesial lantaran diciptakan oleh kaum bangsawan. Yakni Gusti Kanjeng Ratu Kencana permaisuri Pakubuwono III, yang belum juga dikarunia seorang putra.

Tidak ingin hanya gundah gulana karena kondisinya itu, sang ratu kemudian mengisi waktunya dengan membatik lalu diciptakan motif ini.

Ia membatik dengan penuh rasa cinta yang tulus tanpa syarat. Lahirlah motif yang sangat elegan dan diburu para kolektor kemudian hari.

Motif batik truntum banyak dipakai dalam acara pernikahan dengan harapan orang tua bisa menuntun calon pengantinnya

Batik Anak hingga Dewasa

batik-soga-solo-4

Karena ruangannya lumayan besar, Batik Soga Solo menjual beragam batik untuk anak-anak hingga orang dewasa. 

Jika kebetulan kalian nanti datang bersama keluarga, tak perlu mencari batik ke tempat lain karena sudah komplit.

Model atau koleksinya terdiri dari:

  • Kemeja batik pria
  • Kemeja batik wanita
  • Blus batik
  • Outer batik
  • Gamis batik
  • Sarimbit batik
  • Dress batik anak
  • Rok batik
  • Kain batik

Jangan khawatir sobat batik, batik yang ada di sini didesain oleh ahlinya yang profesional. Kesannya bukan batik yang kuno dan jadulm melainkan sangat kekinian.

Kalau ingin memberikan oleh-oleh kepada teman sepulangnya dari Solo, kalian bisa membeli kain batiknya.

Dengan demikian bisa dijahitkan sendiri di kota kalian tinggal. Ini bisa menjadi pilihan kaetika kalian nggak tahu pasti ukuran teman yang mau dihadiahi baju batik.

Ratusan Ribu hingga Jutaan

Di Batik Soga Solo kalian bisa mendapatkan batik seharga Rp200-an ribu hingga Rp1 juta lebih. Tentu saja ada harga ada kualitas barang.

Dengan demikian nggak salah ya saya review Toko Batik Soga Solo ini. Karena bisa menjadi rujukan jika ingin membawa oleh oleh buat teman kerja dengan harga yang sesuai.

Sementara untuk pimpinan kantor atau bos di perusahaan kalian bisa dipilihkan batik dengan harga yang lebih mahal.

Tetapi harga kadang jangan kalian risaukan sobat, asalkan tahu apa kesukaan warna dan motif orang yang akan diberi hadiah.

Mahal belum tentu indah jika tidak sesuai dengan kebiasaan penerima hadiah. Sementara yang harganya biasa bisa jadi malah lebih pas karena memberikan kesan yang pas sesuai posisi seseorang. 

Semoga artikel tentang Batik Soga Solo bisa bermanfaat bagi kalian sobat batik di Indonesia. ***

0 Response to "Yuk Belanja ke Batik Soga Solo, Nyaman dan Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel